Menilik Pentingnya Nutrisi bagi Perkembangan Otak Anak Usia Dini

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Semua anak berhak untuk memiliki tumbuh kembang yang optimal dan pastinya orangtua pun ingin hal ini dialami oleh sang buah hati. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perkembangan otak anak usia dini.

Faktor utama dan yang tidak boleh dilupakan adalah betapa pentingnya nutrisi bagi otak anak. Perkembangan otak yang baik mencakup beberapa kemampuan atau skill anak seiring dengan bertambahnya usia, seperti kemampuan kognitif, sosial, serta emosional.

Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dukung perkembangan anak? Simak ulasannya berikut ini.

Peran nutrisi dalam mendukung perkembangan otak anak

Berdasarkan penelitian tahun 2017 yang mengulas pentingnya nutrisi untuk perkembangan otak anak di 1000 hari pertama kehidupan menyatakan bahwa struktur dan kapasitas otak dibentuk sebelum anak menginjak usia 3 tahun. Dengan demikian, orangtua perlu mengoptimalkan masa-masa ini dengan memberikan asupan nutrisi yang memadai setiap harinya.

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang bisa mendukung kemampuan belajar dan konsentrasi anak. Mengapa? Pertama, nutrisi yang memadai dapat mendukung daya tahan tubuh atau sistem imun si kecil sehingga ia tidak gampang jatuh sakit. Dengan demikian anak bisa terus mendapat sekaligus melakukan stimulasi untuk melatih kemampuan otak.

Kedua, terdapat makanan yang termasuk ke dalam golongan “brain food” karena memiliki kandungan yang terbukti baik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi otak setiap hari

Bagi anak yang baru lahir, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik yang meliputi berbagai kandungan untuk tumbuh kembang optimal. Proses ASI eksklusif juga tak hanya sebagai sumber nutrisi, hal ini juga membuat hubungan antara Ibu dan si kecil terjalin dengan baik akibat kontak langsung.

Seiring dengan bertambahnya usia, berbagai makanan tentu akan mulai diperkenalkan satu per satu. Saat inilah orangtua perlu memperhatikan makanan sehat dan seimbang yang salah satunya bisa mendukung perkembangan otak anak.

Dilansir dari health.harvard.edu, terdapat nutrisi beserta sumber makanan yang baik diberikan sebagai nutrisi otak anak. Berikut di antaranya:

  • Protein. Dapat ditemukan dalam daging merah atau putih, makanan laut, kacang dan biji-bijian, telur, olahan soya, dan juga susu.
  • Zinc. Mungkin belum banyak yang tahu, tapi makanan yang paling kaya akan zinc adalah tiram. Namun, zinc juga bisa didapat dengan mengonsumsi daging, ikan, susu dan olahannya serta biji-bijian.
  • Zat besi. Daging, kacang dan biji-bijian, sayuran hijau serta kentang panggang merupakan beberapa sumber terbaik zat besi.
  • Vitamin A. Bisa didapat dari makanan seperti ginjal (hati) hewan, wortel, ubi manis, dan bayam.
  • Vitamin D. Sumber terbaik vitamin ini adalah sinar matahari. Namun, ikan salmon dan beberapa jenis susu pertumbuhan juga mengandung vitamin satu ini.

Di samping itu, sempat dibahas sebelumnya bahwa nutrisi bagi sistem imun juga penting agar anak tidak mudah jatuh sakit sehingga perkembangan otak anak bisa terus berjalan. Makanan yang dimaksud adalah yang memiliki kandungan serat dan prebiotik.

Menurut studi tahun 2017 menyatakan bahwa mikrobiota dalam usus berperan penting bagi sistem imun anak. Nah, serat dan prebiotik bermanfaat untuk menjaga populasi dan peran mikrobiota atau biasa disebut “bakteri baik” dalam usus anak.

Susu pertumbuhan untuk bantu penuhi asupan nutrisi harian

Menyediakan berbagai jenis makanan merupakan langkah yang harus dilakukan orangtua untuk perkembangan otak anak. Namun, terkadang ada beberapa faktor yang membuat hal ini sulit dilakukan. Di sinilah peran susu pertumbuhan dapat membantu menambah nutrisi anak setiap harinya.

Namun, Anda tidak boleh sembarangan memilih susu pertumbuhan untuk anak. Pilih yang mengandung berbagai nutrisi yang telah disebutkan sebelumnya atau yang memiliki manfaat sama.

Misalnya, terdapat susu pertumbuhan yang mengandung beta-glucan, PDX:GOS dan asam lemak omega-3 dan 6 di dalamnya.

Perlu diketahui, berdasarkan studi tahun 2014 tentang susu pertumbuhan anak, kandungan GOS memiliki peran seperti salah satu kandungan dalam ASI, yaitu vital untuk mendukung kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh. Dapat dikatakan bahwa PDX:GOS berperan sama seperti prebiotik dalam tubuh anak.

Beta-glucan juga berperan dalam sistem imun atau daya tahan tubuh anak. Penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa asupan beta-glucan bermanfaat bagi ketahanan fisik anak serta meningkatkan imunitas anak dari masalah pernapasan.

Lalu, asam lemak omega-3 dan 6 juga tak kalah penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak usia dini. Asam lemak ini juga bisa ditemukan dalam susu pertumbuhan anak dan bukan tanpa alasan.

Berdasarkan sebuah jurnal yang terbitan Journal of Nutrition & Food Sciences, suplementasi asam lemak omega-3/6 dapat membantu mengurangi gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau gangguan mental yang membuat sulit memusatkan perhatian, meningkatkan kemampuan membaca, mengeja, konsentrasi, dan perilaku anak.

Pada dasarnya, kebutuhan nutrisi anak yang bisa dipenuhi setiap hari adalah mengonsumsi makanan sehat seimbang. Susu pertumbuhan dapat diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan ini.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut mengenai pemenuhan nutrisi ini atau ketika memilih susu pertumbuhan yang sesuai kebutuhan anak. Nah, setelah tahu pentingnya nutrisi bagi otak anak, sekarang waktunya untuk mempelajari lebih jauh soal PDX:GOS dan beta glucan di sini.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal ASI: Jenis, Warna, Kandungan, dan Kebutuhan Harian untuk Bayi

Ada beberapa jenis ASI dengan warna, kandungan, hingga tekstur kental dan cair yang berbeda. Sudah tahukah apa perbedaan dan berapa kebutuhan ASI bayi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 16 Oktober 2020 . Waktu baca 14 menit

Peran Penting Nutrisi dalam Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Nutrisi memiliki peran penting membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Simak selengkapnya dan cari tahu standar tinggi badan anak Indonesia di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
asupan nutrisi yang baik membantu pertumbuhan tinggi badan anak
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 1 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Kwashiorkor, Masalah Gizi yang Ditandai dengan Rambut Berwarna Kuning Seperti Jagung

Kwashiorkor adalah kondisi kurang gizi pada anak yang bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani. Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 29 September 2020 . Waktu baca 14 menit

3 Cara Melatih Otak Supaya Lebih Percaya Diri

Beberapa literatur mengungkapkan bahwa dengan melatih otak agar percaya diri, kepercayaan diri Anda juga perlahan dapat meningkat.

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 20 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hidrosefalus pada anak

Hidrosefalus

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
vitamin untuk anak

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit
antibodi bayi dari sang ibu

Pentingnya Persiapkan Daya Tahan si Kecil Sebelum dan Sesudah Lahir

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 7 menit
omega 3 untuk ibu hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit