4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/12/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Seiring tumbuh kembangnya, balita Anda tentu semakin aktif bergerak dan semakin menunjukkan minat pada banyak hal baru. Bermain di luar dan di dalam rumah merupakan salah satu cara yang baik untuk memfasilitasi perkembangannya. Namun agar aktivitas harian balita Anda bisa lebih bermanfaat, tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan si kecil pada macam-macam les. Memangnya, apa saja les yang biasanya dipilih untuk anak usia di bawah lima tahun? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini.

Pilihan les terbaik untuk balita, sekaligus manfaatnya

Mengikuti les bisa membuat si kecil jadi lebih aktif. Ini bisa membuat daya tahan tubuhnya jadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah lelah berbagai kegiatan yang nantinya akan ia hadapi ketika bertambah besar.

Menurut laman Kids Health, berkegiatan aktif membantu memperkuat otot dan tulang anak, menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2, dan melatih kemampuan motoriknya. Selain itu, beraktivitas fisik rutin mendorong anak-anak untuk bisa lebih percaya diri dan lebih baik dalam bersosialisasi.

Berikut ini beberapa les pilihan sekaligus manfaat bila balita tersayang Anda mengikutinya.

1. Les musik

Terapi Musik untuk Anak ADHD

Anak-anak sangat senang mendengarkan suara dan bunyi-bunyian. Ketertarikan balita pada hal ini bisa mempermudahnya untuk mendaftarkannya pada les musik. Pada kelas ini, si kecil akan dikenalkan dengan berbagai macam lagu dan alat musik mulai dari piano, biola, atau gitar.

Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk si kecil, bermain musik bisa mengasah fungsi otak anak. Anak akan diajari berbagai nada, mengingatnya, dan memainkannya.

Keterampilan anak dalam memainkan musik juga bisa menjadi bekal dirinya dalam meniti karir di masa depan, terutama bila si kecil memang tertarik di dunia musik.

2. Kelas seni

manfaat seni

Selain les musik untuk balita, si kecil juga bisa mengikuti kelas seni. Pada kelas ini, si kecil akan diajari menggambar, melukis, mewarnai, dan membentuk prakarya.

Semua kegiatan tersebut merangsang otak anak untuk berpikir lebih kreatif dan membangun imajinasi anak. Ia dapat mengenal berbagai bentuk, warna, dan memanfaatkan sesuatu untuk dibuat menjadi sebuah karya.

3. Kelas olahraga

agar anak suka olahraga

Les yoga sangat ideal untuk balita usia 3-5 tahun. Pasalnya, pada usia tersebut anak sudah bisa fasih mendengarkan, memahami, dan mengikuti arahan seseorang.

Pada kelas ini, akan ada berbagai jenis olahraga yang diikuti anak, seperti yoga atau menari. Bisa juga olahraga yang mengharuskan anak berbaur dengan seusianya, seperti sepak bola hanya saja dengan aturan permainan yang lebih sederhana.

Les yoga memberikan banyak manfaat, seperti mengajarkan balita untuk terbiasa berolahraga, meningkatkan fleksibilitas gerak tubuh, dan kemampuannya untuk bekerja sama dengan teman seusianya.

4. Kelas renang

anak berenang

Selain kelas olahraga, Anda bisa memilih les renang khusus balita sebagai alternatif untuk meningkatkan aktivitas anak. Anak akan dibimbing dan diawasi oleh pelatih mulai dari latihan pemanasan sebelum berenang, pernapasan di dalam air, dan berbagai gerakan renang.

Lewat les ini, anak bisa mendapatkan manfaat dari berenang, yaitu meningkatkan fungsi jantungnya karena ia perlu berlatih mengatur pernapasan. Ikut latihan renang juga bisa membuat prestasi anak dalam bidang olahraga jadi lebih baik.

Meskipun bermanfaat, perhatikan hal ini

Semua contoh les atau kelas untuk balita yang telah disebutkan memberikan banyak manfaat untuk anak. Namun, Anda tidak boleh memaksakan s kecil untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, kegiatan yang tidak disenangi anak ini bisa membuatnya frustasi.

Cari tahu penyebab di balik ketidaksukaan anak pada kegiatan tersebut. Jika ini berkaitan dengan kecemasan atau trauma, contohnya takut tenggelam, bicarakan hal ini dengan dokter atau psikolog.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Sudah mampu berdiri dan berjalan sendiri, di usia berapa anak mulai akan belajar berlari? Dan bagaimana cara ortu bantu melatihnya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 11/01/2020 . 5 menit baca

Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun

Memahami perkembangan bahasa balita sangat penting untuk orangtua. Berikut tahap perkembangan bahasa balita usia 2-5 tahun yang lengkap.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 02/12/2019 . 11 menit baca

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 25/11/2019 . 1 menit baca

Perkembangan Balita 57 Bulan atau 4 Tahun 9 Bulan

Perkembangan balita 57 bulan atau 4 tahun 9 bulan sudah semakin aktif bergerak dan bicara, serta lebih mandiri. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Parenting, Perkembangan Balita 25/11/2019 . 1 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

kebutuhan cairan anak balita

Seberapa Banyak Kebutuhan Cairan Anak Balita Usia 2-5 Tahun?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 14/04/2020 . 7 menit baca
kebutuhan protein balita

Panduan Seputar Kebutuhan Protein untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 10/04/2020 . 7 menit baca
gizi pada balita

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 1-5 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020 . 11 menit baca
makanan penambah berat badan balita

Jenis dan Porsi Makanan Penambah Berat Badan untuk Balita

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 20/03/2020 . 7 menit baca