Definisi

Apa itu glaukoma?

Glaukoma  adalah  penyakit  umum  yang  mengakibatkan  kerusakan  pada  saraf  optik. Operasi glaukoma dapat mengurangi risiko kerusakan lebih lanjut pada saraf optik. Saraf  optik  membawa  gambar  dari  retina  ke  otak,  sehingga  Anda  dapat  melihat. Glaukoma adalah kumpulan dari beberapa kondisi yang menyebabkan kerusakan pada saraf  optik Anda. Glaukoma terjadi  pada  1  dari  50  orang  di atas  40 tahun. Glaukoma dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Glaukoma dapat disebabkan oleh peningkatan tekanan pada mata saat sirkulasi cairan mata terganggu. Kadang saraf optik juga dapat rusak walau tekanan bola mata normal.

Kapan saya perlu menjalani operasi glaukoma?

Operasi  dapat  mengurangi tekanan  pada  bola  mata  dengan  membuka  sudut  drainase yang tertutup atau membuat lubang agar cairan mata dapat keluar. Operasi juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan glaukoma.

Pencegahan & peringatan

Apa yang perlu saya ketahui sebelum menjalani operasi glaukoma?

Pengobatan  akan  dicoba  terlebih  dahulu  sebelum  operasi  dipertimbangkan.  Operasi laser  biasanya  adalah  operasi  pertama  yang  akan  dicoba.  Apabila  operasi  laser tidak berhasil,  dokter  akan  mencoba  operasi  konvensional.  Trabekulektomi  dapat dikombinasikan dengan operasi untuk pengangkatan katarak.

Apakah ada alternatif lain selain operasi?

Obat  tetes  mata  dapat  menurunkan  tekanan  mata.  Laser  dapat  dilakukan, namun hasilnya tidak seefektif operasi.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani operasi glaukoma?

Diskusikan  dengan  dokter  Anda  tentang  obat‐obatan  yang  sedang  Anda  konsumsi, alergi, atau kondisi kesehatan lainnya sebelum menjalani operasi. Sebelum operasi, atur jadwal pertemuan dengan anaesthesist Anda. Penting untuk Anda ikuti instruksi dokter untuk berhenti makan atau minum sebelum operasi. Anda akan diberi instruksi sebelum operasi, seperti apakah Anda diperbolehkan makan sebelum operasi.

Bagaimana proses operasi glaukoma?

Ada beberapa pilihan teknik anestesi. Operasi biasanya berlangsung selama 45 sampai 75 menit. Ahli  bedah  akan  membuat  lubang  kecil pada  lapisan  bagian  putih  mata  Anda.  Cairan mata  akan  keluar  pada  lapisan  luar  mata  yang  kemudian  ditampung  bawah  kelopak mata Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani operasi glaukoma?

Anda diperbolehkan pulang beberapa jam setelah operasi. Anda mungkin perlu mengunjungi  ahli bedah Anda  selama beberapa minggu pertama dan mungkin akan dilakukan penyesuaian minor. Pada umumnya Anda perlu cuti bekerja selama 2 minggu. Hindari berenang, mengangkat benda‐benda berat, atau menundukkan kepala di bawah pinggang sebelum diperbolehkan ahli bedah Anda. Berolahraga dapat  membantu  Anda  kembali  beraktivitas  seperti  biasa.  Konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Beberapa  pasien  mengalami pemulihan  yang  cepat,  dikarenakan  pengontrolan  yang baik.

 

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Permasalahan paling umum setelah menjalani trabekulektomi adalah luka pada lubang yang dapat menghalangi keluarnya cairan dari mata dan mengganggu fungsi bleb. Jika bleb tidak berfungsi, operasi lain mungkin akan diperlukan. Mitomycin  sering digunakan untuk mencegah luka. Mitomycin lebih umum digunakan dibanding 5‐fluorouracil, namun tidak dapat digunakan  setelah operasi. 5‐fluorouracil dapat digunakan pada  saat operasi  atau disuntikkan pada jaringan tipis (conjunctiva) yang melapisi mata setelah operasi, untuk menghindari luka.

Komplikasi lainnya yang dapat terjadi setelah operasi:

● pandangan kabur

● perdarahan pada mata

● kehilangan penglihatan sentral secara tiba‐tiba dan permanen. Hal ini tergantung seberapa banyak penglihatan yang hilang sebelum operasi

● infeksi mata

● tekanan tinggi  pada  mata,  menyebabkan  malignant  glaucoma. Kasus  ini  jarang ditemukan

Komplikasi jangka panjang setelah trabekulektomi meliputi:

● katarak yang lebih parah dibanding sebelum operasi

● perubahan saraf di belakang mata yang berkaitan dengan glaukoma

● mata sayu (sedikit penurunan kelopak mata adalah hal yang normal)

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca