Definisi

Apa itu operasi fisura anus?

Fisura anus adalah robekan atau belahnya lapisan anus (anal mukosa). Gejala dan tanda‐tanda yang muncul termasuk rasa sakit ketika buang air besar dan keluarnya darah merah terang dari anus.Masalah ini umum terjadi pada anak‐anak mulai dari satu tahun, dan mempengaruhi sekitar delapan dari 10 bayi. Kerentanan seseorang untuk terkena fisura anus cenderung menurun dengan bertambahnya usia. Penyebab umum pada orang dewasa termasuk sembelit dan trauma pada anus (seperti proses melahirkan yang sulit).

Kapan saya perlu menjalani operasi fisura anus?

Sekitar setengah dari kasus yang terjadi dapat sembuh dengan sendiri dengan perawatan yang tepat dan menghindari sembelit. Namun, penyembuhan bisa menjadi masalah jika tekanan saat buang air besar terus membuka kembali luka. Pilihan pengobatan termasuk operasi.

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani operasi fisura anus?

Pembedahan biasanya melibatkan memotong sebagian kecil dari otot sfingter anal untuk mengurangi kejang dan nyeri dan mempercepat penyembuhan. Pembedahan memiliki resiko kecil yang menyebabkan inkontinensia.

Apakah ada alternatif untuk operasi?

Ada pengobatan sederhana yang dapat membantu seperti obat pencahar, salep, suntikan bontulinum toksin, meningkatkan jumlah serat dalam diet And,a dan minum banyak cairan.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum operasi fisura anus?

Operasi yang juga disebut sphincterotomy lateral ini dapat dilakukan dengan anestesi lokal. Dokter anestesi atau dokter Anda akan menjelaskan bagaimana mempersiapkan untuk prosedur Anda. Sangat penting untuk menginformasikan pada dokter jika Anda sedang meminum obat‐obatan, khususnya jenis obat yang disebut agen pengencer darah. Anda juga diminta untuk tidak makan atau minum, biasanya selama sekitar enam jam sebelumnya. Sangat penting untuk mengikuti saran dokter anestesi, dokter bedah, dan dokter Anda. Anda tidak boleh minum alkohol 24 jam sebelum Anda diberi anestesi lokal atau obat penenang.

Bagaimana proses operasi fisura anus?

Ada beberapa teknik bedah untuk mengobati fisura anus.

Lateral internal sphincterotomy
Prosedur ini memiliki tingkat kesembuhan yang terbaik dan merupakan prosedur yang paling banyak digunakan untuk fisura anus. Dalam operasi ini, dokter bedah Anda akan membuat luka kecil di otot internal anal sphincter dengan sayatan panjang.

Fissurectomy
Dalam prosedur ini fisura anus Anda diangkat sepenuhnya, meninggalkan luka terbuka untuk sembuh secara alami. Operasi ini dapat diterapkan sebagai tindakan tunggal, atau dengan lateral sphincterotomy, atau dengan obat‐obatan seperti gliseril trinitrat atau suntikan botulinum A toxin. Anda mungkin harus menjalani fissurectomy jika Anda mengidap fistula anal (struktur seperti terowongan di antara kulit sekitar anus dan rektum) serta fisura anus.

Advancement flaps
Ini adalah teknik yang melibatkan pergantian jaringan yang rusak  dengan jaringan sehat. Jenis operasi ini lebih kompleks dan biasanya hanya dianjurkan bila pilihan bedah lainnya telah gagal.

Apa yang harus saya lakukan setelah operasi fisura anus?

Anda akan perlu istirahat sampai efek dari anestesi selesai dan Anda mungkin perlu beberapa obat pereda nyeri untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman. Anda biasanya akan dapat pulang ke rumah kapanpun Anda merasa siap tapi kadang‐kadang Anda mungkin perlu tinggal di rumah sakit semalam. Jika Anda membutuhkan penghilang rasa sakit, Anda tidak boleh meminum obat‐obatan yang mengandung codein karena mereka dapat menyebabkan sembelit. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada apoteker Anda untuk meminta nasihat. Anda akan perlu membuka penutup luka sebelum buang air besar. Hati‐hati dalam mencuci dan mengeringkan daerah bekas luka sesudahnya. Dapat memakan waktu beberapa bulan untuk pemulihan penuh dari operasi fisura anus, tapi hal ini bervariasi antara individu, jadi penting untuk mengikuti saran dokter bedah Anda.
Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

 

Komplikasi

Komplikasi apa yang bisa terjadi?

Komplikasi adalah ketika masalah terjadi selama atau setelah operasi. Kebanyakan orang tidak mengalami komplikasi ini, namun komplikasi operasi fisura anus meliputi: infeksi ‐ ini biasanya dapat diobati dengan antibiotik, tetapi kadang‐kadang dapat berkembang menjadi abses anus dan perlu operasi lebih lanjut fistula anal ‐ ini dapat diobati dengan pembedahan kerusakan otot anal sphincter ‐ ini dapat mempengaruhi kontrol usus dan dapat menyebabkan inkontinensia fisura kambuh ‐ fisura mungkin bisa kembali lagi setelah operasi

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang kemungkinan komplikasi, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca