Bibir sumbing merupakan salah satu masalah yang umum dialami bayi. Masalah ini bisa terjadi karena jaringan di sekitar mulut atau bibir tidak menyatu dengan baik sejak bayi masih dalam kandungan. Akibatnya, celah terbentuk di bagian bibir bayi, atau juga bisa meluas ke bagian hidung bayi. Untuk mengatasi masalah ini, maka operasi bibir sumbing harus dilakukan.

Apa penyebab bibir sumbing dan langit-langit sumbing?

Adanya celah pada bibir dan langit-langit mungkin terjadi karena faktor genetik (keturunan). Faktor genetik ini bisa dibawa dari ayah maupun ibu. Selain itu, bibir dan langit-langit sumbing juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, misalnya dari obat-obatan tertentu yang dipakai ibu selama hamil atau karena kekurangan nutrisi tertentu selama hamil (seperti asam folat).

Paparan ibu terhadap bahan kimia tertentu selama hamil juga dapat menyebabkan celah terbentuk. Ibu hamil yang merokok, minum alkohol, atau bahkan menggunakan obat-obatan terlarang selama hamil dapat menyebabkan bayi mengalami cacat lahir pada wajah (bibir sumbing atau langit-langit sumbing).

Apakah operasi bibir sumbing perlu dilakukan?

Bayi yang lahir dengan bibir sumbing harus segera menjalani operasi bibir sumbing. Operasi ini bertujuan untuk memperbaiki celah pada bibir dan/atau langit-langit yang terbentuk. Sehingga, fungsi otot pada bagian ini bisa bekerja dengan normal dan penampilan wajah juga menjadi normal.

Operasi ini juga bertujuan agar bayi bisa berbicara dengan normal, bisa menerima makanan dengan mudah, dan juga untuk mencegah gangguan pertumbuhan gigi dan gangguan pendengaran di kemudian hari (pada bayi yang juga mengalami langit-langit sumbing).

Perlu Anda ketahui, anak dengan langit-langit sumbing berisiko mengalami penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Sehingga, hal ini bisa menyebabkan infeksi telinga dan bahkan gangguan pendengaran. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memeriksakan telinganya sekali atau dua kali per tahun.

Kapan sebaiknya anak menjalani operasi bibir sumbing?

Operasi bibir sumbing bisa dilakukan saat bayi berusia 3-6 bulan. Bayi akan dibius, sehingga bibirnya bisa diperbaiki dan kemudian ditutup dengan jahitan. Operasi ini biasanya berlangsung selama satu sampai dua jam. Bekas jahitan kecil di bibir atas (bagian bawah hidung) biasanya akan terlihat setelah melakukan operasi ini, tapi lama-kelamaan bekas jahitan ini akan memudar dan menjadi kurang jelas.  

Jika bayi juga mengalami langit-langit sumbing, operasi perbaikan langit-langit bisa dilakukan kemudian pada usia 9-12 bulan. Perbaikan langit-langit ini dilakukan dengan menghubungkan otot lunak pada langit-langit dan mengatur jaringan untuk menutup celah itu.

Hal ini bertujuan agar langit-langit mulut bisa bekerja dengan baik, terutama untuk berbicara. Walaupun mungkin beberapa bayi akan memiliki suara hidung (tidak seperti orang normal) di kemudian hari.

Operasi bibir dan langit-langit sumbing yang dilakukan lebih dini, di bawah usia 12 bulan, dapat membuat kemampuan berbicara anak menjadi lebih baik. Suara yang keluar dari mulut anak mungkin tidak terlalu sengau dan lebih jelas. Untuk mendukung hal ini, anak juga perlu dilatih cara berbicaranya dari kecil.

Apa diperlukan operasi lagi setelah itu?

Setelah anak beranjak besar, mungkin beberapa operasi bisa dilakukan untuk memperbaiki penampilan dan fungsi lainnya. Beberapa operasi yang bisa dilakukan adalah:

  • Pharyngoplasty, yang membantu memperbaiki kemampuan anak berbicara.
  • Rhinoplasty, untuk memperbaiki bentuk hidung.
  • Cangkok tulang pada celah di daerah gusi, sehingga gigi permanen lebih stabil. Biasanya bisa dilakukan pada anak usia 8-12 tahun.
  • Operasi untuk memperbaiki penampilan dan fungsi bibir dan langit-langit. Operasi ini mungkin diperlukan jika operasi yang sebelumnya tidak memberi hasil yang baik atau anak mengalami masalah bicara.
  • Operasi untuk memperbaiki penampilan rahang. Beberapa anak dengan bibir dan/atau langit-langit sumbing mungkin memiliki rahang bawah yang kecil sehingga harus dioperasi untuk memperbaikinya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca