Lypressin

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Lypressin Obat Apa?

Untuk apa lypressin?

Obat ini digunakan untuk diabetes insipidus kranial.

Bagaimana cara penggunaan lypressin?

Gunakan obat ini hanya sesuai dengan yang diarahkan. Jangan menggunakan lebih dari yang disarankan dan tidak menggunakannya secara teratur seperti yang dokter perintahkan. Jika hal ini dilakukan dapat meningkatkan kemungkinan efek yang tidak diinginkan.

Cara menggunakan:

Hirup hidung dengan perlahan. Pegang botol dalam posisi tegak. Dengan posisi kepala botol tegak, semprotkan obat ke setiap lubang hidung dengan meremas botol secara cepat. Jangan berbaring saat penyemprotan obat ini.

Bilas ujung botol dengan air panas, lakukan dengan hati-hati,  jangan sampai air tersedot ke dalam botol dan keringkan dengan tisu bersih. Ganti tutup setelah digunakan. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan lypressin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Lypressin

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis lypressin untuk orang dewasa?

Setiap semprotan mengandung sekitar 0.007 mg lypression (setara dengan 2 unit posterior hipofisis): 1-2 semprotan di setiap lubang hidung 4 kali sehari.

Bagaimana dosis lypressin untuk anak-anak?

Setiap semprotan mengandung sekitar 0.007 mg lypression (setara dengan 2 unit posterior hipofisis): ≥6 wk: 1-2 semprotan di setiap lubang hidung 4 kali sehari.

Dalam dosis apakah lypressin tersedia?

0,185 mg (setara dengan 50 USP unit posterior hipofisis per mL; atau sekitar 0,007 mg (setara dengan 2 unit posterior hipofisis) per semprot (Rx) [Diapid (methylparaben) (propil paraben)]

Efek samping Lypressin

Efek samping apa yang dapat dialami karena lypressin?

Seiring dengan adanya manfaat yang diperlukan, obat ini dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek ini dapat terjadi, jika mereka terjadi, mungkin perlu perhatian medis. Periksakan dengan dokter Anda segera jika salah satu efek samping berikut terjadi, karena tanda-tanda atau gejala ini mengindikasikan terlalu banyak cairan dalam tubuh atau overdosis: koma; kebingungan; kejang (kejang); kantuk; sakit kepala (terus); masalah dengan buang air kecil; peningkatan berat badan

Periksakan dengan dokter Anda secepat mungkin jika Anda batuk (terus); rasa sesak di dada; sesak napas atau masalah bernapas. Efek samping lain dapat terjadi namun biasanya tidak memerlukan perhatian medis. Efek samping ini mungkin akan hilang selama pengobatan seiring tubuh Anda menyesuaikan diri terhadap obat. Namun, periksakan dengan dokter Anda jika salah satu efek samping berikut berlanjut atau mengganggu: sakit perut atau kram perut; sakit kepala; mulas; peningkatan buang air besar; iritasi atau sakit di mata; gatal, iritasi, atau luka dalam hidung; pilek atau tersumbat. Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Lypressin

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan lypressin?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter Anda:

    • jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap lypressin atau vasopresin. Juga berit ahu dokter Anda jika Anda alergi terhadap zat lain, seperti makanan, pengawet, atau pewarna.
    • jika Anda memiliki nefritis kronis dengan retensi nitrogen

Apakah lypressin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Interaksi Obat Lypressin

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan lypressin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Efek antidiuretik meningkat dengan klorpropamid, clofibrate, carbamazepine, fludrocortisone, urea, TCA. Efek berkurang dengan penggunaan lithium, heparin, demeclocycline, noradrenalin, alkohol. agen ganglion-blocking dapat meningkatkan sensitivitas terhadap efek pressor lypressin.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan lypressin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan lypressin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • demam atau alergi lain atau
  • infeksi telinga, paru-paru, hidung, atau tenggorokan atau
  • hidung tersumbat – dapat mencegah penyerapan lypressin dari hidung ke dalam aliran darah, melalui lapisan hidung
  • tekanan darah tinggi – Lypressin dapat meningkatkan tekanan darah

Overdosis Lypressin

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Mata 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Rekomendasi Obat Alami dan Medis untuk Meredakan Ngilu di Gigi

Jangan biarkan gigi ngilu menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Atasi gigi ngilu dengan berbagai obat medis dan ala rumahan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Penyakit Gigi, Gigi dan Mulut 22 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Pria dengan penis bengkok mungkin bertanya-tanya, adakah cara untuk meluruskan kembali organ intim ini? Yuk, simak perawatan khusus penis bengkok di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Susah Sendawa Bikin Perut Makin Terasa Kembung, Begini Cara Mengatasinya

Biasanya, Anda akan sendawa ketika perut terisi banyak gas. Cara ini memang bisa mengurangi perut kembung. Lalu, bagaimana jika saya susah sendawa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Kesehatan, Informasi Kesehatan 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

melepas IUD lepas KB spiral

Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Lepas KB Spiral?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Tepat Menyuntik Insulin dan Lokasi Terbaiknya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit