Gadopentetic Acid

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa gadopentetic acid?

Gadopentetic acid adalah obat yang digunakan untuk pencitraan tengkorak, tulang belakang, serta seluruh tubuh.

Bagaimana cara penggunaan gadopentetic acid?

Gadopentetic Acid disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus. Anda akan menerima injeksi ini di klinik atau rumah sakit selama pemeriksaan MRI.

Dokter atau penyedia layanan kesehatan akan memantau Anda setelah tes selesai. Hal ini untuk memastikan Anda tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan atau reaksi tertunda.

Bagaimana cara penyimpanan gadopentetic acid?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis gadopentetic acid untuk orang dewasa?

Intravena (melalui pembuluh darah)

Pencitraan tengkorak, tulang belakang dan seluruh tubuh

Dewasa: Dosis awal: 0,1 mmol/kg. Untuk pencitraan tengkorak dan tulang belakang, dosis lebih lanjut sebanyak 0,1-0,2 mmol/kg dapat diberikan dalam waktu 30 menit apabila diperlukan. Untuk seluruh pencitraan tubuh, 0,2 mmol/kg mungkin diperlukan. Hingga 0,3 mmol/kg dapat digunakan dalam kondisi tertentu.

Bagaimana dosis gadopentetic acid untuk anak-anak?

Pencitraan tengkorak, tulang belakang dan seluruh tubuh

Anak: Dosis awal: 0,1 mmol/kg. Untuk pencitraan tengkorak dan tulang belakang, dosis lebih lanjut sebanyak 0,1 mmol/kg dapat diberikan dalam waktu 30 menit bila diperlukan. Untuk seluruh pencitraan tubuh dan lebih dari 2 tahun, 0,2 mmol/kg mungkin diperlukan.

Dalam dosis apakah gadopentetic acid tersedia?

Larutan, injeksi: 2mmol/l

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena gadopentetic acid?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda ini dari reaksi alergi terhadap Gadopentetic Acid: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Beri tahu dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti:

  • Buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • Mengantuk, kebingungan, perubahan mood, rasa haus meningkat, kehilangan nafsu makan
  • Pembengkakan, berat badan, merasa sesak napas
  • Pembengkakan, memar, kemerahan, gatal, perubahan terbakar, atau perubahan kulit di sekitar area bekas suntikan

Efek samping Gadopentetic Acid yang tak terlalu serius dapat mencakup:

  • Sakit kepala, pusing
  • Mual
  • Merasa panas yang amat sangat
  • Mulut terasa tidak enak
  • Flushing (hangat, kemerahan, atau perasaan geli)
  • Mati rasa
  • Merasa dingin, kehangatan, nyeri, atau terbakar pada area bekas obat disuntikkan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan gadopentetic acid?

Gadopentetic Acid dapat mengancam jiwa pada orang dengan penyakit ginjal stadium lanjut. Gejala-gejala dari kondisi ini antara lain:

  • Kulit terasa terbakar, gatal, bengkak, bersisik, dan terjadi pengerasan
  • Kelemahan otot
  • Sendi kaku pada lengan, tangan, kaki
  • Nyeri pada tulang rusuk atau pinggul
  • Kesulitan bergerak; atau
  • Kulit kemerahan atau perubahan warna.

Sebelum menerima Gadopentetic Acid, beri tahu dokter bila Anda memiliki penyakit ginjal atau sedang menjalani dialisis. Anda tidak dapat menggunakan Gadopentetic Acid. Juga beri tahu dokter jika Anda baru saja menerima agen kontras mirip dengan Gadopentetate Dimeglumine.

Apakah gadopentetic acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko penggunaan pengobatan pada wanita selama kehamilan atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam kategori risiko kehamilan C.

  • A=tidak berisiko,
  • B=tidak berisiko pada beberapa studi,
  • C=mungkin ada risiko,
  • D=terbukti positif berisiko,
  • X=kontraindikasi,
  • N=tidak diketahui

Tidak ada data seputar pemberian intra-artikular pada wanita menyusui. Setelah digunakan secara intravaskular jumlah minimal Gadopentetic Acid, garam Dimeglumine (maksimal 0,04%) dari dosis intravena akan larut bersama ASI. Berdasarkan pengalaman yang diperoleh sejauh ini, bayi yang meminum ASI tidak akan terancam.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan gadopentetic acid?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Lithium (Eskalith, Lithobid)
  • Methotrexate (Rheumatrex, Trexall)
  • Obat-obatan penghilang rasa sakit atau arthritis seperti Aspirin (Anacin, Excedrin), Acetaminophen (Tylenol), Ibuprofen (Advil, Motrin), Naproxen (Aleve, Naprosyn, Naprelan, Treximet), Celecoxib (Celebrex), Diklofenak (Arthrotec, Cambia, Cataflam, Voltaren, Flector patch, Pennsaid, Solareze), Indometasin (Indocin), Meloxicam (Mobic), dan lain-lain
  • Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kolitis ulserativa, seperti mesalamine (Pentasa) atau Sulfasalazine (Azulfidine)
  • Obat-obatan yang digunakan untuk mencegah penolakan transplantasi organ, seperti Siklosporin (Gengraf, Neoral, Sandimmune), Sirolimus (Rapamune) atau Tacrolimus (Prograf)
  • Antibiotik IV seperti Amfoterisin B (Amphotec, Ambisome, Abelcet), Amikasin (Amikin), Bacitracin (Baci IM), Kapreomisin (Capastat), Gentamisin (Garamycin), Kanamisin (Kantrex), Streptomycin, atau Vankomisin (Vancocin, Vancoled)
  • Obat antivirus seperti Acyclovir (Zovirax), Adefovir (Hepsera), Sidofovir (Vistide), Foscarnet (Foscavir), Gansiklovir (Cytovene), Valacyclovir (Valtrex), atau Valganciclovir (Valcyte)
  • Obat kanker seperti Aldesleukin (Proleukin), Carmustine (bicnu, Gliadel), Cisplatin (Platinol), Ifosfamide (IFEX), Oxaliplatin (Eloxatin), Streptozocin (Zanosar), atau Tretinoin (Vesanoid)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan gadopentetic acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan gadopentetic acid?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan hati
  • Gangguan irama jantung
  • Asma, demam, atau riwayat alergi terhadap makanan atau obat tertentu
  • Jika Anda berusia lebih dari 60 tahun
  • Jika Anda pernah memiliki jenis reaksi zat kontras
  • Jika Anda baru saja mengalami cedera, operasi, atau infeksi yang parah

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Dalam kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Cara Mendukung Pasangan yang Memiliki Masalah Kejiwaan

    Memiliki pasangan dengan masalah jiwa memang cukup menyulitkan, tetapi mendukung pasangan dengan gangguan jiwa akan membantu mereka melewati hari-hari.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 29/07/2019 . Waktu baca 4 menit

    Waspada, Detak Jantung Tidak Teratur Dapat Tingkatkan Risiko Demensia

    Studi menunjukkan bahwa orang dengan detak jantung tidak teratur memiliki risiko tinggi mengalami demensia di kemudian hari. Penasaran? Yuk, baca di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Hidup Sehat, Fakta Unik 01/07/2019 . Waktu baca 3 menit

    Tak Pernah Merasa Senang dan Selalu Galau, Mungkin Anda Alami Gangguan Anhedonia

    Anhedonia adalah suatu kondisi di mana Anda tidak bisa merasa puas dan bahagia. Baca penjelasan lengkapnya pada artikel Hello Sehat berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Hidup Sehat, Psikologi 30/05/2019 . Waktu baca 5 menit

    5 Hal yang Dipertimbangkan Dokter Sebelum Meresepkan Antidepresan

    Seorang dokter tentu tidak asal memilih obat antidepresan untuk pasiennya. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan agar obat tepat guna. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Hidup Sehat, Psikologi 25/03/2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Berpikir negatif demensia

    Sering Berpikir Negatif Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    psikoterapi

    Keluar dari Lubang Hitam Anda Lewat Psikoterapi

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    perbedaan demensia dengan delirium dan depresi

    Kenali Perbedaan Demensia dengan Delirium dan Depresi

    Ditulis oleh: dr. Alfonsa Angwarmase
    Dipublikasikan tanggal: 09/03/2020 . Waktu baca 6 menit
    mengatasi gangguan kecemasan

    4 Cara Terbebas dari Gangguan Kecemasan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Rachmadin Ismail
    Dipublikasikan tanggal: 10/12/2019 . Waktu baca 5 menit