Fluorescein Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Fluorescein Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Fluorescein digunakan?

Fluoresein adalah zat yang digunakan pada diagnostik angiografi fluorescein atau angioskopi fundus dan pembuluh darah iris.

Bagaimana aturan pakai obat Fluorescein?

Suntik dosis (lebih dari 5-10 detik biasanya dianjurkan) ke dalam vena antecubital, setelah mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari ekstravasasi. Sebuah jarum suntik, diisi dengan AK-FLUOR®, dapat dilekatkan pada tabung transparan dan 23 jarum kupu-kupu untuk injeksi. Masukan jarum dan ambil darah pasien ke jarum suntik sehingga gelembung udara kecil memisahkan darah pasien dari fluorescein dalam tabung tersebut. Dengan lampu ruangan yang menyala, suntikkan darah kembali ke dalam vena perlahan-lahan sambil mengamati kulit di atas ujung jarum. Jika jarum telah ekstravasasi, darah pasien akan terlihat seperti tonjolan kulit dan injeksi harus dihentikan sebelum fluorescein disuntikkan. Ketika sudah yakin bahwa ekstravasasi tidak terjadi, lampu ruangan dapat dimatikan dan injeksi fluorescein dapat dilakukan.

Pendaran biasanya muncul pada retina dan pembuluh koroid selama 7-14 detik dan dapat diamati oleh peralatan untuk pengamatan standar.

Pengurangan dosis dari 500 mg sampai 200 mg AK-FLUOR® 10% mungkin tepat dalam kasus-kasus ketika sistem pencitraan yang sangat sensitif misalnya, laser scanning oftalmoskop digunakan.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Fluorescein?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Fluorescein?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter Anda jika Anda memiliki hipersensitivitas terhadap bahan penyusun dari obat ini

Apakah obat Fluorescein aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Natrium fluorescein telah terbukti mengalir dalam susu manusia. Perlu perhatian khusus dilakukan ketika natrium fluorescein diberikan kepada wanita menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Fluorescein yang mungkin terjadi?

Efek samping yang umum termasuk mual, sakit kepala, gangguan pencernaan, pingsan, muntah, tekanan darah rendah, dan gejala dan tanda-tanda hipersensitivitas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Fluorescein?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Fluorescein?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Fluorescein?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Fluorescein untuk dewasa?

Oral

Pemeriksaan fungsi eksokrin pankreas

Dewasa: 348,5 mg fluorescein dilaurat (setara dengan 0,5 mmol fluorescein), diberikan bersamaan dengan makanan. Kumpulkan urin untuk 10 jam berikutnya. Dosis kontrol 188,14 mg fluorescein Na (setara dengan 0,5 mmol fluorescein) diberikan pada hari berikutnya dalam kondisi yang sama.

Intravena

Angioskopi pada pembuluh darah retina dan iris

Dewasa: 500 mg (sebagai 10% atau 25% soln) lebih 5-10 detik ke dalam vena antecubital. Dapat juga diberikan melalui penggunaan oral 25 mg/kg menggunakan fluorescein sod.

Anak: 7,5 mg/kg.

Ophtalmic

Deteksi luka dan benda asing pada kornea

Dewasa: Gunakan 1% atau 2% larutan dalam bentuk tetes mata atau kertas steril dengan natrium fluorescein. Juga dapat diberikan dalam kombinasi dengan anestesi lokal: sebagai larutan 0,25% dengan oxybuprocaine HCl atau proxymetacaine HCl.

Bantuan tetes mata pada pemasangan hard contact lenses

Dewasa: Gunakan 1% atau 2% larutan sebagai tetes mata atau kertas steril dengan natrium fluorescein. Juga dapat diberikan dalam kombinasi dengan anestesi lokal: sebagai larutan 0,25% dengan oxybuprocaine HCl atau proxymetacaine HCl.

Ophthalmic

Prosedur diagnostik mata

Dewasa: Gunakan 1% atau 2% larutan sebagai tetes mata atau kertas steril yang diresapi dengan natrium fluorescein. Juga dapat diberikan dalam kombinasi dengan anestesi lokal: sebagai larutan 0,25% dengan oxybuprocaine HCl atau proxymetacaine HCl.

Berapa dosis obat Fluorescein untuk anak-anak?

Untuk pasien anak, dosis dihitung atas dasar 35 mg untuk setiap sepuluh pon berat badan.

Apa bentuk sediaan yang Fluorescein datang?

Larutan, Injeksi: 100mg/mL, 250 mg/mL

Dalam dosis dan sediaan apa Fluorescein tersedia?

Larutan, Injeksi: 100mg/mL, 250 mg/mL

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber