Cyclopentolate

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Cyclopentolate Obat Apa?

Untuk apa cyclopentolate?

Cyclopentolate adalah obat tetes mata yang sering digunakan sebelum pasien melakukan pemeriksaan mata (misalnya, uji refraksi).

Cyclopentolate adalah obat yang masuk dalam kelas antikolinergik. Obat ini bekerja dengan melebarkan (dilasi) pupil mata dan melemaskan otot-otot mata secara sementara.

Bagaimana cara penggunaan cyclopentolate?

Obat ini biasanya digunakan pada mata saat 40 sampai 50 menit sebelum operasi atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Penggunaan dosis mungkin perlu diulang dalam 5 sampai 10 menit. Obat ini hanya digunakan pada mata saja. Jangan meminum atau menyuntikannya.

Untuk menggunakan obat tetes mata, cuci tangan Anda terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, jangan menyentuh ujung pipet atau membiarkannya menyentuh mata Anda atau permukaan lainnya. Jika Anda mengenakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak sebelum menggunakan obat tetes mata. Tanyakan kepada dokter Anda, kapan Anda dapat mulai memakai lensa kontak lagi. Jika Anda menggunakan obat mata lainnya (misalnya, obat tetes atau salep), tanyakan kepada dokter Anda kapan Anda harus mulai menggunakan obat tersebut lagi.

Miringkan kepala Anda ke belakang, lihat ke atas dan tarik ke bawah kelopak mata bawah untuk membuat kantong. Letakkan pipet langsung di atas mata Anda dan teteskan 1 tetes ke dalam kantung mata. Lihatlah ke bawah dan dengan lembut tutup mata Anda selama 1 sampai 2 menit. Tempatkan satu jari di sudut mata Anda (dekat hidung) dan tekanlah secara lembut selama 2 sampai 3 menit. Cara ini akan mencegah obat mengering jauh dari mata dan mengurangi efek samping. Cobalah untuk tidak berkedip dan jangan menggosok mata Anda. Ulangi langkah ini untuk dosis lebih dari 1 tetes atau untuk mata Anda yang lain jika disarankan.

Jangan bilas pipet. Ganti tutup setelah digunakan. 

Jika Anda menggunakan obat ini di mata anak, jangan biarkan obat menyentuh mulut anak. Cuci tangan Anda dan tangan anak Anda setelah penggunaan untuk menghilangkan obat apapun dari tangan.

Obat ini bisa mempengaruhi pencernaan pada bayi selama sementara. Jangan memberi makan bayi selama 4 jam setelah pemeriksaan mata bayi.

Obat ini mulai bekerja dalam beberapa menit dan efek biasanya berlangsung dalam 24 jam atau kadang-kadang lebih lama. Beritahu dokter jika Anda terus memiliki penglihatan yang kabur, kepekaan pupil terhadap cahaya, atau pupil melebar selama beberapa hari setelah pemeriksaan.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan cyclopentolate?

Cyclopentolate adalah salah satu obat yang baiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Cyclopentolate

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cyclopentolate untuk orang dewasa?

  • Untuk refraksi dan pelebaran pupil, dosis cyclopentolate adalah teteskan satu atau dua tetes larutan 0,5%, 1%, atau larutan 2%. Dapat diulangi pada jangka waktu 5 sampai 10 menit jika diperlukan..

Bagaimana dosis cyclopentolate untuk anak-anak?

Untuk refraksi mata pada anak-anak, dosis cyclopentolate adalah teteskan satu atau dua tetes 0,5%, 1%, atau 2% larutan pada mata. Dapat diulangi dalam jangka waktu 5 sampai 10 menit kemudian dengan penggunaan kedua  larutan 0,5% atau 1% jika diperlukan.

Dalam dosis apakah cyclopentolate tersedia?

Ketersediaan dosis cyclopentolate adalah larutan 0,5% (5 mL).

Efek samping Cyclopentolate

Efek samping apa yang dapat dialami karena cyclopentolate?

Efek samping paling umum dari obat cyclopentolate adalah

  • Penglihatan kabur
  • Iritasi mata ringan atau kemerahan
  • Kelopak mata bengkak atau
  • Mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Cyclopentolate

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cyclopentolate?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Keputusan ada di tangan Anda dan dokter Anda. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum pakai obat cyclopentolate adalah:

  • Alergi. Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu beritahu dokter jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti alergi pada makanan, pewarna, pengawet atau hewan. Untuk produk obat non-resep, bacalah label atau daftar bahan penyusun obat dengan hati-hati.
  • Anak-anak. Bayi dan anak-anak dan anak-anak dengan rambut pirang atau mata biru mungkin sangat sensitif terhadap efek cyclopentolate. Obat ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping selama pengobatan.
  • Lansia. Orang tua sangat sensitif terhadap efek cyclopentolate. Obat ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping selama pengobatan.

Apakah cyclopentolate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, atau setara Badan POM di Indonesia. 

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N =Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Interaksi Obat Cyclopentolate

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cyclopentolate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan dengan sekaligus, namun dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau membuat tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengubah seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Morfin
  • Morfin Sulfat Liposome
  • Oxymorphone
  • Umeclidinium

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cyclopentolate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cyclopentolate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan obat cyclopentolate adalah:

Overdosis Cyclopentolate

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nyaman, Sih, Tapi Ini Bahayanya Jika Membaca Sambil Tiduran

Anda suka membaca sambil tiduran karena lebih nyaman? Eits, tunggu dulu, coba perhatikan efek apa saja yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Mata Merah dan Sensitif Akibat Keratitis? Ini 3 Kunci Penting Mengobatinya

Keratitis bisa menyebabkan mata merah, terasa pedih, dan sensitif terhadap cahaya. Temukan berbagai cara mengobati infeksi mata akibat keratitis disini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Cendo Lyteers

KegunaanUntuk apa obat Cendo Lyteers? Cendo Lyteers adalah obat untuk mengobati mata kering dan iritasi mata. Obat ini mengandung tiga senyawa kimia aktif, yaitu sodium klorida, kalium klorida, dan benzalkonium ...

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

3 Jenis Sakit Mata Pada Anak yang Sering Terjadi dan Patut Diwaspadai Orangtua

Melihat anak terkena sakit mata tentu bikin ortu jadi khawatir. Ternyata, ada beberapa jenis sakit mata pada anak yang perlu diwaspadai orangtua. Apa saja?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri

Direkomendasikan untuk Anda

obat mata untuk anak

Pilihan Obat dan Cara untuk Mengatasi Sakit Mata pada Anak yang Aman

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 31/03/2020
cara mengatasi gejala glaukoma

3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 01/10/2019
menghilangkan freckles di mata

Muncul Freckles di Mata, Apakah Berbahaya? Perlukah Dihilangkan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 14/08/2019

4 Cara Mengatasi Mata Merah yang Disarankan Secara Medis

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 06/04/2019