Clindamycin dan Benzoyl Peroxide

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa clindamycin dan benzoyl peroxide?

Kombinasi dari obat ini umumnya digunakan untuk mengobati jenis jerawat yang meradang. Obat ini membantu mengurangi jumlah bintil jerawat.

Clindamycin merupakan antibiotik yang menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Benzoyl peroxide juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri serta mengurangi produksi minyak di kulit, membantu menjaga pori-pori Anda terbuka.

Bagaimana cara penggunaan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Bacalah panduan obat dan brosur yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Sebelum menggunakan obat ini, cuci kulit dengan perlahan, pembersih non-obat, bilas dengan air hangat, dan keringkan. Oleskan tipis-tipis obat ini ke daerah-daerah kulit seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Hati-hati untuk menghindari mata, mulut, dalam hidung, dan setiap daerah sensitif lainnya. Cuci tangan Anda setiap setelah penggunaan.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, gunakanlah obat ini di waktu yang sama setiap hari.

Jangan meningkatkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan membaik lebih cepat dan risiko efek samping akan meningkat.

Bisa memakan waktu hingga 6 minggu untuk melihat berkurangnya jerawat dan 12 minggu untuk melihat manfaat optimal dari obat.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau malah semakin parah.

Bagaimana cara penyimpanan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis clindamycin dan benzoyl peroxide untuk orang dewasa?

  • BenzaClin (R) Topical Gel: Oleskan pada daerah yang berjerawat dua kali sehari, pagi dan sore, atau seperti yang diarahkan. Kulit harus dicuci, dibilas dengan air hangat, dan dikeringkan.
  • Acanya (TM) Gel: Oleskan pada wajah sehari sekali. Digunakan melebihi 12 minggu tidak diperbolehkan.
  • Duac (R) Topical Gel: Oleskan pada daerah berjerawat sekali sehari, di malam hari, atau seperti yang diarahkan. Kulit harus sudah dicuci, dibilas dengan air hangat, dan dikeringkan.

Bagaimana dosis clindamycin dan benzoyl peroxide untuk anak-anak?

  • BenzaClin (R) Topical Gel: Oleskan pada daerah berjerawat dua kali sehari, pagi dan malam hari, atau seperti yang diarahkan. Kulit harus sudah dicuci, dibilas dengan air hangat, dan dikeringkan
  • Acanya (TM) Gel: Oleskan pada wajah sehari sekali. Digunakan melebihi 12 minggu tidak diperbolehkan.
  • Duac (R) Topical Gel: Oleskan pada daerah berjerawat sekali sehari, di malam hari, atau seperti yang diarahkan. Kulit harus sudah dicuci, dibilas dengan air hangat, dan dikeringkan.

Dalam dosis apakah clindamycin dan benzoyl peroxide tersedia?

Obat ini bisa ditemukan dalam sediaan gel 1,2 persen atau 5 persen.

Efek Samping

Efek samping clindamycin dan benzoyl peroxide

Efek samping paling umum dari penggunaan obat ini di antaranya:

  • Kulit gosong atau terasa panas
  • Gatal
  • Kemerahan
  • Kulit kering atau mengelupas

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

  • Alergi. Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.
  • Anak-anak. Studi yang tepat belum dilakukan pada usia yang mengalami efek dari kombinasi obat benzoyl peroxide dan clindamycin pada anak-anak di bawah 12 tahun. Keamanan dan efektivitasnya belum dipastikan.
  • Lansia. Tidak ada informasi mengenai hubungan usia terhadap efek dari kombinasi obat benzoyl peroxide dan clindamycin pada pasien lansia.

Apakah clindamycin dan benzoyl peroxide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, yang setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan, terutama saat makan jenis makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Menggunakan Clindamycin dan benzoyl peroxide dibarengi dengan obat dibawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tetapi dapat dibutuhkan pada kasus tertentu. Jika kedua obat digunakan bersamaan, dokter dapat mengubah dosis atau frekueksi Anda menggunakan obat.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan clindamycin dan benzoyl peroxide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama masalah perut atau usus (misalnya, kolitis akibat antibiotik, regional enteritis, ulcerative colitis), sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Ini Alasannya Jerawat Muncul Meski di Rumah Saja

    Saat Anda di rumah saja, mungkin Anda bingung mengapa Anda menjadi jerawatan. Hal ini memang bisa terjadi. Lalu mengapa jerawat muncul meski hanya di rumah?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Perawatan Kulit, Hidup Sehat, Kecantikan 29 April 2020 . Waktu baca 5 menit

    Mitos atau Fakta: Jerawat Muncul Karena Faktor Keturunan

    Faktor munculnya jerawat memang banyak, tetapi banyak orang yang mengira bahwa faktor keturunan menjadi salah satu penyebab utama. Benarkah demikian?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dermatologi, Jerawat, Health Centers 6 April 2020 . Waktu baca 5 menit

    Penyebab Jerawat di Leher Plus Cara Ampuh Menghilangkannya

    Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk di leher. Maka itu jangan bingung jika Anda punya jerawat di leher. Berikut cara mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Jerawat, Health Centers 29 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

    Penyebab Jerawat Muncul di Bibir, Plus Cara Mengatasi dan Mencegahnya

    Jerawat bisa muncul di tempat yang tak biasa, seperti di bibir. Jangan asal pencet jika mau cepat sembuh! Begini cara mengatasi jerawat di bibir yang benar.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Jerawat, Health Centers 28 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    asam salisilat

    Asam Salisilat

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
    mengatasi patah hati

    5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
    jerawat gara-gara kacamata

    Cara Mencegah Masalah Jerawat Gara-gara Pemakaian Kacamata

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 22 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
    air garam untuk jerawat

    Manfaat Air Garam untuk Atasi Masalah Jerawat

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit