Calcrem

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 12 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Apa fungsi Calcrem?

Calcrem adalah obat yang umumnya digunakan untuk kandidiasis orofaringeal dan infeksi jamur vagina. Obat ini juga digunakan untuk infeksi jamur kulit seperti kurap, athlete’s foot, dan jock itch (tinea cruris).

Bagaimana cara pakai Calcrem?

Gunakan Calcrem sesuai arahan dokter Anda. Periksa label pada obat untuk petunjuk dosis yang tepat.

  • Calcrem hanya untuk penggunaan topikal pada kulit.
  • Bersihkan area yang terinfeksi dengan air dan sabun dan keringkan secara menyeluruh.
  • Oleskan lapisan tipis obat pada area yang terinfeksi. Usap dengan lembut. Jangan tutup area tersebut kecuali jika diarahkan oleh dokter Anda.
  • Untuk menghilangkan infeksi Anda sepenuhnya, gunakan Calcrem selama masa pengobatan seutuhnya. Tetap gunakan obat ini meskipun Anda merasa lebih baik setelah beberapa hari.

Bagaimana cara menyimpan Calcrem?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakuya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Calcrem?

Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda memiliki kondisi medis apapun, terutama jika yang berikut berlaku untuk Anda:

  • jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang menyusui
  • jika Anda menggunakan obat-obatan yang diresepkan atau yang dijual bebas, obat herbal, atau suplemen diet
  • jika Anda alergi terhadap obat, makanan, atau bahan lainnya

Apakah Calcrem aman untuk ibu hamil dan menyusui?

MASA KEHAMILAN dan MENYUSUI: Jika Anda kemudian hamil, hubungi dokter Anda. Anda harus mendiskusikan mengenai manfaat dan risiko penggunaan Calcrem selama masa kehamilan Anda. Tidak diketahui apakah obat ini ditemukan dalam ASI. Jika Anda sedang atau akan menyusui selama menggunaan Calcrem, konsultasikan pada dokter Anda. Diskusikan kemungkinan resiko apapun pada bayi Anda.

Penelitian pada reproduksi hewan tidak menunjukkan adanya risiko janin tapi tidak terdapat penelitian terkontrol pada wanita hamil atau penelitian reproduksi hewan yang menunjukkan efek samping (kecuali penurunan kesuburan) yang tidak terkonfirmasi pada penelitian terkontrol pada wanita dalam trimester pertama (dan tidak terdapat bukti resiko dalam trimester berikutnya).

Efek Samping

Apa efek samping Calcrem yang mungkin terjadi?

Semua obat dapat menyebabkan efek smaping, namun banyak orang yang tidak mengalami, atau hanya mengalami efek samping ringan. Konsultasikan pada dokter jika satupun efek samping UMUM berikut membandel atau menjadi mengganggu:

  • Rasa panas menusuk yang ringan
  • Reaksi alergi yang berat (ruam, hive, gatal-gatal, kesulitan bernapas, rasa sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah), kemerah-merahan, melepuh, mengelupas, gatal-gatal, atau rasa panas pada kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Calcrem?

Calcrem dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan, yang berarti dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Untuk menghindari potensi interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan yang diresepkan, dijual bebas, dan produk herbal) dan beri tahu dokter dan apoteker Anda. Untuk keamanan Anda, jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Calcrem?

Calrem dapat berinteraksi dengan makanan atau alcohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda mengenai potensi interaksi makanan atau alcohol sebelum menggunakan obat ini.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Calcrem.

Berapa dosis Calcrem untuk orang dewasa??

Infeksi jamur kulit topikal sebagai krim/lotion/solutionn 1%: oleskan 2-3 kali/hari selama 2-4 minggu.

  • Tinea Corporis
    Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 4 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea Cruris
    Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 2 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea Pedis
    Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 4 sampai 8 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Kandidiasis dermal, tinea versicolor
    Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 2 sampai 4 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.

Berapa dosis Calcrem untuk anak?

  • Tinea Corporis
    >3 tahun: Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 4 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea Cruris
    >3 tahun: Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 2 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Tinea Pedis
    >3 tahun: Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 4 sampai 8 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.
  • Kandidiasis Dermal, Tinea Versicolor
    >3 tahun: Oleskan clotrimazole topikal dalam jumlah cukup untuk menutupi daerah yang terinfeksi dan kulit yang berada langsung di sekitarnya dua kali per hari selama 2 sampai 4 minggu, tergantung dari sifat dan keparahan infeksi.

Dalam bentuk apa saja Calcrem tersedia?

Calcrem terseida dalam bentuk dan kekuatan dosis berikut: Krim, Clotrimazole 1%,

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Jamur Kuku (Tinea Unguium)

Jamur kuku (tinea unguium) adalah kondisi kuku jari tangan atau kuku jari kaki terkena infeksi jamur. Kenali gejala dan penyebabnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Berbagai Penyebab Jamur pada Kuku yang Perlu Anda Ketahui

Kuku rapuh dan menghitam merupakan tanda-tanda infeksi jamur pada kuku. Apa penyebab jamur kuku dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Paronikia

Paronikia adalah infeksi yang terjadi di kulit sekitar kuku. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, serta pengobatan paronikia di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 8 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Oral Thrush, Infeksi Jamur pada Mulut Bayi dan Cara Aman Mengobatinya

Infeksi jamur di mulut bisa dialami siapa pun, termasuk bayi. Lalu apa saja gejala dan penyebab mulut bayi berjamur? Apakah kondisi ini berbahaya bagi bayi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Gigi Anak, Gigi dan Mulut 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mulut bayi berjamur

Ciri-ciri Infeksi Jamur (Oral Thrush) di Mulut Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 9 menit
kandidiasis jamur kandida

Jamur pada Kulit [Part 3]: Kandida, Jamur yang Bisa Melompat

Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
jamur candida albicans adalah

Berkenalan Dengan Candida albicans, Jamur Penghuni Tubuh Manusia yang Bisa Sebabkan Penyakit

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 12 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Penyebab Vagina Gatal

11 Penyebab yang Membuat Vagina Anda Terasa Gatal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit