Zoline

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Zoline Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Zoline?

Zoline adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi. Setiap tablet obat ini mengandung bahan aktif mebhidrolin.

Mebhidrolin termasuk antihistamin yang bekerja dengan cara menghambat histamin dalam tubuh. Histamin adalah zat alami dalam tubuh yang menyebabkan reaksi alergi.

Dengan minum obat ini, gejala alergi seperti gatal, biduran, bersin, hidung tersumbat atau meler dapat mereda.

Zoline adalah obat keras sehingga Anda harus menebus resep dokter untuk bisa menggunakannya.

Bagaimana cara penggunaan Zoline?

Obat ini harus diminum segera setelah makan. Jangan menggerus,mengunyah, atau menghaluskan obat karena hal tersebut dapat memengaruhi kinerjanya di dalam tubuh. Minum obat dengan segelas air putih untuk memudahkan Anda menelan obat secara utuh.

Pastikan Anda minum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan mengurangi atau menambahkan dosis obat sendiri tanpa seizin dokter. Selain menurunkan efektivitas obat, itu juga dapat memicu efek samping yang berbahaya.

Pemberian dosis disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan respon pasien terhadap pengobatan. Oleh sebab itu, setiap orang mungkin akan mendapatkan dosis yang berbeda. Jangan memberikan obat ini ke orang lain meski mereka mengeluhkan gejala yang mirip dengan Anda.

Obat ini akan memberi manfaat yang maksimal bila digunakan secara teratur. Agar tidak lupa, gunakan obat di waktu yang sama setiap hari.

Jika dokter meminta Anda berhenti meminum obat ini, hentikan saat itu juga. Sebaliknya, jika dokter belum meminta Anda untuk berhenti minum obat, ikuti aturannya meski mungkin merasa sehat.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau justru malah semakin memburuk. Pada prinsipnya, minum obat jenis apa pun sesuai dengan perintah dokter atau aturan pakai yang tertera pada label kemasan. Jangan ragu bertanya langsung ke dokter dan apoteker bila Anda belum paham betul cara pakainya.

Bagaimana cara penyimpanan Zoline?

Zoline sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Zoline untuk orang dewasa?

Dosis obat Zoline untuk orang dewasa berkisar dari 50 sampai 100 miligram (mg) per hari.

Dosis obat bisa berbeda untuk setiap orang. Pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun.

Bagaimana dosis Zoline untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal.

Oleh sebab itu, untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Zoline tersedia?

Obat ini tersedia dalam sediaan tablet dengan kekuatan 50 mg.

Efek Samping

Apa saja efek samping yang mungkin terjadi setelah minum obat Zoline?

Efek samping paling umum dan sering dikeluhkan banyak orang setelah minum obat ini di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Sakit kepala ringan
  • Mengantuk
  • Mulut kering
  • Sembelit
  • Penglihatan kabur
  • Asam lambung naik
  • Kesulitan buang air kecil

Tidak semua orang mengalami efek samping seperti yang sudah disebutkan di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Zoline?

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan ketika menggunakan obat Zoline di antaranya:

  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda punya alergi terhadap Mebhydrolin atau obat antihistamin lainnya.
  • Beri tahu dokter tentang semua obat-obatan yang sedang dan akan rutin Anda minum. Baik itu obat resep, nonresep, hingga obat alami dari bahan herbal.
  • Beri tahu dokter bila Anda punya riwayat gangguan kejang, penyakit jantung, hipertensi, penyakit pernapasan (emfisema dan asma), penyakit hati, penyakit ginjal, masalah tiroid, dan penyakit kronis lainnya.

Obat ini dapat menyebabkan pusing dan mengantuk. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari berkendara dan mengoperasikan mesin besar sampai efek obat benar-benar hilang.

Selain itu, segera berobat ke dokter bila kondisi Anda tidak juga membaik atau justru semakin memburuk. Jika diperlukan, dokter dapat mengubah dosis atau mengganti obat lain yang lebih cocok dan aman dengan kondisi Anda.

Apakah Zoline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Zoline?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Zoline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Zoline?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Epilepsi
  • Asma
  • Hamil dan menyusui
  • Glaukoma sudut tertutup
  • Sulit buang air kecil karena mengalami retensi urin
  • Pembesaran prostat jinak atau obstruksi piloroduodenal
  • Hipersensitif terhadap obat Mebhydrolin

Overdosis

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: April 20, 2016 | Terakhir Diedit: November 12, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca