Ursodeoxycholic Acid obat apa?

Oleh

Nama Generik: Ursodeoxycholic Acid Merek: Deolit, Estazor, Lofibra, Urdafalk, Urdahex, Ursochol dan Ursolic.

Penggunaan

Untuk apa Ursodeoxycholic Acid?

Kapsul ursofalk atau ursodeoxycholic acid adalah obat dengan fungsi untuk:

  • Melarutkan batu empedu yang disebabkan oleh kelebihan kolesterol pada kantong empedu di mana batu empedu tidak terlihat dengan rontgen biasa (batu empedu yang terlihat tidak akan larut) dan diameternya tidak lebih dari 15mm. kantong empedu seharusnya masih dapat bekerja dengan adanya batu empedu
  • Pengobatan kondisi di mana saluran empedu pada hati rusak dan mengakibatkan penumpukan air empedu. Ini dapat menyebabkan jaringan hati mengeras. Hati tidak boleh terlalu rusak sehingga tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini disebut primary biliary cirrhosis.

Dosis ursodeoxycholic acid dan efek samping ursodeoxycholic acid akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Ursodeoxycholic Acid?

Telan kapsul utuh dengan air putih atau cairan lain. Gunakan kapsul pada malam hari sebelum tidur. Gunakan secara rutin.

Bagaimana cara penyimpanan Ursodeoxycholic Acid?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Ursodeoxycholic Acid untuk orang dewasa?

Pelarutan batu empedu kolesterol tinggi

6-12 mg/kg per hari dalam satu dosis pada waktu tidur atau terbagi dalam 2-3 dosis dilanjutkan selama 3-4 bulan setelah hilangnya batu empedu secara radiologis. Dosis dapat dibagi tidak sama rata dengan dosis lebih tinggi diberikan sebelum waktu tidur untuk menetralkan peningkatan pada saturasi kolesterol empedu yang terjadi pada pagi hari. Max: 15 mg/kg.

Hepatic impairment: penyakit kronis hati (kecuali primary biliary cirrhosis): gunakan dengan hati-hati.

Primary biliary cirrhosis

10-15 mg/kg per hari terbagi dalam 2-4 dosis.

Prophylaxys batu empedu pada pasien yang mengalami penurunan berat badan dengan cepat

300 mg bid.

Bagaimana dosis Ursodeoxycholic Acid untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien anak-anak (kurang dari usia 18 tahun)

Dalam dosis apakah Ursodeoxycholic Acid tersedia?

Kapsul 250 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Ursodeoxycholic Acid?

Seperti semua obat-obatan, kapsul ursofalk dapat menyebabkan efek-efek samping, meskipun tidak semua mengalaminya.

Anda perlu menghubungi dokter Anda segera apabila mengalami gejala-gejala berikut setelah mengonsumsi kapsul ursofalk:

Efek-efek samping umum (terjadi pada kurang dari 1 dalam 10 namun lebih dari 1 pada 100 pasien):

  • Feses yang lembek atau diare, beritahu dokter segera apabila Anda mengalami diare yang menetap, Anda mungkin memerlukan pengurangan dosis. Apabila Anda menderita diare, pastikan Anda minum cukup cairan untuk mengganti cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit

DIare juga mungkin terjadi karena overdosis

Efek-efek samping yang jarang terjadi (terjadi pada kurang dari 1 dalam 10000 pasien):

  • Saat pengobatan primary biliary cirrhosis: nyeri abdomen parah pada bagian kanan atas, pengerasan jaringan hati atau fungsi hati yang parah –sebagian keadaan ini membaik setelah pengobatan dihentikan
  • Pengerasan batu empedu karena penumpukan kalsium. Tidak ada gejala-gejala tambahan namun ini akan terlihat pada tes-tes yang dilakukan
  • Ruam (urticarial)

Apabila Anda menyadari ada efek samping yang tidak dilampirkan pada leaflet, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Ursodeoxycholic Acid?

Jangan menggunakan kapsul ursofalk apabila;

  • Anda memiliki alergi, atau diberitahu bahwa Anda memiliki alergi (hipersensitif terhadap asam empedu seperti asam ursodeoxycholic atau komposisi lain dari kapsul ursofalk.
  • Kantong empedu Anda tidak bekerja dengan baik
  • Anda memiliki batu empedu yang terlihat pada rontgen
  • Anda memiliki radang akut pada kantong atau saluran empedu
  • Anda memiliki obstruksi saluran empedu (penyumbatan saluran empedu atau saluran cystic)
  • Anda sering menderita nyeri seperti kram pada bagian atas abdomen (biliary colic)
  • Anda mengalami pengerasan batu empedu yang disebabkan oleh penumpukan kalsium

Tanyakan pada dokter Anda mengenai kondisi-kondisi yang disebutkan di atas. Anda juga harus menanyakan apabila Anda sebelumnya pernah mengalami kondisi-kondisi ini atau apabila Anda tidak yakin Anda memiliki salah satu dari kondisi-kondisi tersebut.

Apakah Ursodeoxycholic Acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

tidak diketahui apabila asam ursodeoxycholic akan keluar bersama air susu ibu atau apabila dapat membahayakan bayi yang disusui. Jangan gunakan obat ini tanpa sepengetahuan dokter apabila Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Ursodeoxycholic Acid?

Meskipun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi dapat terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang diperlukan. Beritahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat resep atau nonresep lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Ursodeoxycholic Acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Ursodeoxycholic Acid?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca