Apa Itu Tolinase?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Tolinase Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Untuk apa obat Tolinase?

Tolinase adalah obat yang diperuntukkan bagi pasien diabetes tipe dua yang belum memiliki ketergantungan pada injeksi insulin. Tolazamide yang merupakan bahan aktif pada Tolinase membantu tubuh pasien diabetes tipe dua untuk mengontrol kadar gula darahnya dengan lebih baik. Tolinase diresepkan ketika program diet dan olahraga, yang merupakan terapi utama pada pasien diabetes tipe dua, tidak menunjukkan penurunan kadar gula darah yang memuaskan.

Tolinase adalah obat oral yang penggunaannya dapat dikombinasikan dengan obat-obatan antidiabetics agent lainnya jika dibutuhkan. Tolinase tidak diperuntukkan bagi pasien dengan diabetes tipe satu. Tolazamide yang terkandung dalam Tolinase merupakan obat golongan sulfonilurea yang bekerja dengan cara merangsang pankreas untuk melepaskan insulin alami tubuh Anda.

Bagaimana aturan pakai Tolinase?

Obat ini merupakan obat oral yang biasanya dikonsumsi satu kali sehari pada saat sebelum sarapan atau makan besar pertama pada hari itu. Ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter atau apoteker Anda terkait konsumsi Tolinase. Jangan menambahkan atau menguranginya tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Dosis awal yang diberikan oleh dokter Anda mungkin dapat meningkat sejalan dengan waktu terapi obat dengan mempertimbangkan respons tubuh serta kondisi kadar gula Anda. Pemeriksaan kadar gula darah rutin saat mengonsumsi obat ini direkomendasikan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan Tolinase bekerja dalam tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi obat diabetes lain, seperti chlorpropamide, ikuti petunjuk yang dokter Anda berikan dengan teliti untuk menghindari risiko hipoglikemia.

Bagaimana aturan penyimpanan Tolinase?

Simpanlah obat ini pada suhu ruangan yang berkisar antara 20-25 derajat Celcius pada wadah tertutup. Jauhkan dari tempat yang lembap dan terpapar sinar matahari langsung. Jangan membekukan obat ini atau menyimpannya di kamar mandi.

Dosis

Bagaimana dosis Tolinase untuk orang dewasa?

Pasien dewasa dengan diabetes tipe 2:

  • 100-250 mg pada awal pemberian, satu kali sehari, di pagi hari.
  • Peningkatan dosis sebanyak 100-250 mg setiap harinya jika diperlukan
  • Dosis pemeliharaan: 250-500 mg setiap hari
  • Dosis maksimal per hari: 1.000 mg per hari

Untuk dosis yang mencapai 500 mg pemberian dilakukan pada pagi hari sebelum makan pertama hari itu. Jika dosis yang diberikan melebihi 500 mg per hari, dimungkinkan untuk memecahnya menjadi dua kali sehari.

Pasien lansia: 100 mg setiap hari pada pagi hari

Dalam dosis dan sediaan apakah Tolinase tersedia?

Tablet, oral: 100 mg, 250 mg, 500 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi akibat konsumsi Tolinase?

Tolinase merupakan obat yang memengaruhi kadar gula darah. Hipoglikemia dapat terjadi, kenali tanda-tandanya untuk mengambil langkah antisipasi. Kram perut, perut kembung, heartburn, hilangnya nafsu makan, konstipasi, diare, mual, muntah, dan penambahan berat badan mungkin terjadi akibat konsumsi obat ini. Segera hubungi dokter jika gejala tersebut menetap atau bahkan memburuk.

Segera informasikan kepada dokter Anda jika mengalami efek samping serius, termasuk perubahan warna kulit (menggelap atau menebal), kelelahan yang tidak wajar, mudah memar atau berdarah, perubahan suasana hati, penambahan berat yang tiba-tiba, pembengkakkan pada tangan dan kaki, nyeri otot, mata dan kulit yang menguning, nyeri yang hebat pada perut, urin berwarna gelap, hingga kejang. Anemia hemolitik dan anemia aplastik juga dilaporkan terjadi akibat penggunaan sulfonilurea.

Meski menimbulkan beberapa efek samping yang serius, penggunaan obat ini secara umum dinilai cenderung aman. Studi klinis yang dilakukan pada 1.784 diabetesi (orang dengan diabetes) yang mengonsumsi Tolinase, hanya 2,1 persennya yang kemudian menghentikan terapinya akibat efek samping yang diakibatkan. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai kondisi tubuh Anda serta kemungkinan efek samping lain yang Anda khawatirkan untuk memperkecil risiko.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi Tolinase?

  • Informasikan kepada dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap Tolazamide (bahan aktif utama pada Tolinase) dan obat-obatan lainnya, termasuk obat nonresep dan obat herbal. Obat ini mungkin saja mengandung bahan campuran lain yang berpotensi menyebabkan alergi.
  • Beri tahu dokter Anda mengenai terapi obat-obatan yang sedang Anda jalani saat hendak mengonsumsi Tolinase. Informasikan pula riwayat kesehatan Anda, seperti penyakit yang pernah Anda derita (penyakit ginjal, masalah tiroid, masalah pada organ hati).
  • Batasi penggunaan alkohol ketika mengonsumsi obat ini karena hal tersebut akan meningkatkan risiko terjadinya penurunan gula darah yang drastis. Meski jarang, interaksi Tolazamide dalam obat ini dapat menyebabkan mual, muntah, pusing, atau nyeri pada perut.
  • Obat ini juga mungkin membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Batasi diri Anda dari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan krim tabir surya atau pakaian yang melindungi Anda. Hubungi dokter jika menemukan tanda kulit terbakar atau luka/kemerahan.

Apakah Tolinase aman bagi ibu hamil?

Food and Drug Administration, Amerika Serikat menggolongkan obat ini ke dalam obat-obatan kategori C (mungkin berisiko). Uji coba pada hewan menunjukkan adanya risiko, namun belum ada studi yang dilakukan pada manusia. Konsultasikan dengan dokter Anda jika memiliki rencana atau tengah hamil dan menyusui.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Tolinase?

Penggunaan beberapa obat tertentu secara bersamaan tidak direkomendasikan karena dapat menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping atau menurunkan kinerja salah satu obat. Meski begitu, terkadang dokter memberikan resep kedua obat yang berinteraksi secara bersamaan jika memang dibutuhkan. Perhatikanlah dengan cermat mengenai petunjuk yang diberikan oleh dokter Anda terkait meminum obat yang saling berinteraksi.

Penggunaan Tolinase bersamaan dengan obat diabetes lainnya dapat meningkatkan peluang terjadinya hipoglikemia. Ikuti petunjuk dokter Anda jika dokter Anda memang meresepkan dua obat ini secara bersamaan.

Bicarakan dengan dokter Anda mengenai seluruh produk yang Anda sedang atau pernah Anda gunakan selama beberapa waktu ke belakang. Hal ini berguna untuk mengetahui kemungkinan adanya obat yang berinteraksi dengan Tolinase.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2018 | Terakhir Diedit: September 27, 2018

Yang juga perlu Anda baca