SymlinPen: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dan Lain-Lain

Oleh

Nama Generik: SymlinPen Merek: SymlinPen: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dan Lain-Lain.

Kegunaan

Apa itu SymlinPen?

SymlinPen adalah hormon buatan yang dirancang untuk menyerupai hormon alami dalam tubuh manusia. Obat ini merupakan obat yang injeksi untuk membantu kontrol gula darah pada pasien diabetes. SymlinPen diberikan bersamaan dengan mealtime insulin (insulin yang disuntikkan tepat pada waktu sebelum makan), baik untuk pasien diabetes tipe 1 maupun tipe 2.

Kontrol gula darah pada pasien diabetes dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, amputasi, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat dengan diimbangi olahraga dan latihan fisik juga dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Pengobatan menggunakan SymlinPen diberikan ketika pengobatan diabetes lainnya tak memberikan hasil yang memuaskan.

SymlinPen mengandung bahan aktif utama pramlintide. Pramlintide dalam obat ini berperan seperti substansi alami tubuh yang disebut dengan amylin dalam menurunkan gula darah. SymlinPen bekerja menurunkan kadar gula darah melalui tiga cara.

Pertama, SymlinPen bekerja dengan cara memperlambat pergerakan makanan dari lambung menuju usus, dengan begitu peningkatan gula darah tidak terjadi dengan terlalu cepat. Obat ini juga bekerja menurunkan gula darah yang diproduksi oleh hati. Terakhir, cara kerja SymlinPen adalah memicu perasaan kenyang setelah makan sehingga dapat mengontrol selera makan Anda dan menurunkan jumlah makanan yang Anda makan.

Pramlintide yang terkandung dalam SymlinPen tidak berfungsi sebagai pengganti insulin. Akan tetapi, penggunaannya dapat menurunkan dosis insulin yang Anda butuhkan.

Bagaimana aturan pakai SymlinPen?

Selalu baca petunjuk penggunaan yang diberikan oleh apoteker atau dokter Anda sebelum melakukan injeksi. Ikuti instruksi yang diberikan oleh dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang terbaik.

SymlinPen adalah obat injeksi diabetes yang penggunaannya dilakukan dengan pemberian suntikan pada jaringan subkutan. Anda dapat melakukan injeksi pada area paha atau perut bersamaan dengan injeksi insulin. Berikan keduanya dalam dua alat suntik yang berbeda.

SymlinPen biasanya diberikan tepat sebelum Anda makan makanan utama. Anda sebaiknya tidak melakukan injeksi jika Anda tidak akan mengonsumsi makanan. Jangan gunakan Pramlintide jika kadar gula darah Anda terlalu rendah atau berencana makan dalam porsi yang sangat sedikit (kurang dari 250 kalori atau 30 gram karbohidrat).

SymlinPen diberikan bersamaan dengan mealtime insulin. Anda dapat melakukan injeksi pada area yang sama namun jangan bersebelahan. Bersihkan area injeksi dengan menggunakan alkohol dan pastikan bahwa area itu telah kering sebelum Anda melakukan penyuntikkan.

Jangan melakukan injeksi SymlinPen pada titik yang sama dua kali berturut-turut untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping pada lapisan bawah kulit. Berikan jarak setidaknya 5 cm antar injeksi.

Cairan dalam suntikan prefilled lebih kuat dibandingkan cairan yang yang diletakkan dalam botol kecil. Pastikan Anda menggunakan produk yang benar dengan dosis yang tepat. Kelebihan atau kekurangan dosis bisa memiliki dampak besar pada kadar pengobatan Anda.

Pastikan Anda mengetahui cara menghitung dosis dan menyuntikkannya dengan benar. Selalu gunakan jarum suntik baru untuk setiap injeksi. Jika Anda menyimpan obat ini di dalam kulkas, biarkan obat ini di suhu ruang sehingga suhunya menjadi sama dengan suhu ruang sebelum disuntikkan ke dalam tubuh Anda.

Sebelum melakukan injeksi obat ini, selalu perhatikan keadaan dari cairan SymlinPen. Pastikan cairan yang akan disuntikkan terbebas dari partikel padat dan tidak berubah warna.

Jangan menggunakan alat suntik secara bergantian dengan orang lain, sekalipun Anda telah mengganti jarumnya. Berbagi jarum suntik dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit dan infeksi serius dari orang lain.

Dosis yang diberikan berdasarkan pada kondisi kesehatan, obat-obatan yang sedang digunakan, dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan. Untuk mengurangi risiko mual, dokter Anda mungkin akan memulai dengan dosis rendah dan meningkatkannya secara bertahap. Jangan mengubah dosis tanpa berdiskusi dengan dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan SymlinPen?

Menyimpan pena injeksi yang belum dibuka

Simpanlah pena injeksi dalam boks bawaannya di dalam lemari pendingin, bersuhu 2-8 derajat Celcius. Lindungi SymlinPen dari cahaya langsung. Anda dapat menggunakannya sebelum masa kedaluwarsa. Jangan membekukan obat ini. Buang SymlinPen yang telah membeku dan jangan menggunakannya sekalipun telah cair kembali. Ketika hendak menggunakannya, keluarkanlah dari lemari pendingin dan biarkan suhunya menjadi sama dengan suhu ruang sebelum Anda melakukan injeksi.

Menyimpan SymlinPen yang telah digunakan

Anda dapat menyimpan SymlinPen yang sudah digunakan di dalam lemari pendingin ataupun dalam suhu ruang di bawah 30 derajat Celcius. Gunakan SymlinPen yang sudah digunakan dalam 30 hari. Buang SymlinPen injeksi yang sudah digunakan jika telah melebihi 30 hari, sekalipun masih tersisa dalam alat injeksi.

Buang produk ini jika sudah habis masa berlakunya ataupun sudah tidak digunakan lagi. Jangan membuang ke toilet atau saluran pembuangan kecuali diinstruksikan demikian. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat Anda mengenai cara aman membuang produk ini.

Dosis

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis SymlinPen untuk orang dewasa?

Pasien dengan diabetes tipe satu

Dosis awal: 15 mcg, tepat sebelum makan besar

Dosis dapat ditingkatkan 15 mcg setiap tiga hari

Dosis pemeliharaan: 30 – 60 mcg

Pasien dengan diabetes tipe dua

Dosis awal: 60 mcg, tepat sebelum makan besar

Setelah 3 -7 hari, dosis dapat ditingkatkan menjadi 120 mcg

Dosis pemeliharaan: 60 -120 mcg

Bagaimana dosis SymlinPen untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan.

Dalam dosis dan sediaan apa saja SymlinPen tersedia?

Cairan injeksi, Subkutan: 0,6 mg/mL

Pena injeksi, subkutan: 15 mcg/dosis, 30 mcg/dosis, 45 mcg/dosis, 60 mcg/dosis, 120 mcg/dosis

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin timbul akibat penggunaan SymlinPen?

Mual, muntah, kelelahan, dan sakit perut dapat terjadi ketika tubuh Anda melakukan penyesuaian dengan pengobatan ini. Efek samping berupa mual dapat dikurangi dengan menurunkan dosis awal dan meningkatkannya secara perlahan. Kemerahan, bengkak, dan gatal juga dapat terjadi pada titik injeksi dan akan hilang dalam beberapa hari. Hubungi dokter Anda jika gejala tersebut tak kunjung hilang.

Obat ini diketahui jarang menyebabkan terjadinya hipoglikemia. Namun, hal ini bisa terjadi apabila Anda melakukan suntik insulin/mengonsumsi obat diabetes lainnya, tidak mengonsumsi cukup kalori, atau menjalankan aktivitas fisik yang terlalu berat.

Meski jarang, SymlinPen bisa saja menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Segera hubungi dokter Anda jika menemukan gejala reaksi serius, seperti gatal, ruam kemerahan, bengkak pada wajah/mata/bibir/lidah/tenggorokan, pusing, serta sesak napas.

Ingatlah bahwa dokter Anda meresepkan obat tertentu karena menilai manfaatnya yang lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin muncul. Hampir semua obat memiliki efek samping, namun dalam banyak kasus, jarang yang memerlukan perhatian serius.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap mengenai efek samping yang terjadi. Mungkin saja ada efek samping lain yang belum disebutkan di atas. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai efek samping yang Anda khawatirkan akan terjadi.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menggunakan SymlinPen?

  • Beri tahu kepada dokter Anda jika memiliki alergi terhadap pramlintide (bahan aktif utama SymlinPen) atau obat-obatan lainnya. Obat ini mungkin mengandung bahan campuran lain yang bisa saja berpotensi menyebabkan alergi
  • Obat ini tidak dapat digunakan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Hubungi dokter Anda apabila Anda memiliki masalah pencernaan
  • Pramlintide mungkin meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia, khususnya pada pasien dengan diabetes tipe 1. Kondisi ini umumnya terjadi 3 jam setelah injeksi. Dokter Anda mungkin meningkatkan dosis insulin Anda ketika memulai penggunaan SymlinPen
  • Obat ini tidak dapat digunakan pada orang yang tidak memahami gejala hipoglikemia, seperti anak-anak
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda secara lengkap, baik penyakit yang pernah diderita maupun yang sedang diderita, terutama jika Anda pernah mengalami serangan hipoglikemia yang membutuhkan perawatan
  • Anda mungkin mengalami gangguan penglihatan, lemas, dan mengantuk akibat perubahan kadar gula darah secara drastis. Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti menyetir, setelah meminum obat ini sebelum mengetahui bagaimana respons tubuh Anda terhadap penggunaan SymlinPen
  • Informasikan kepada dokter jika Anda berencana atau tengah hamil. Penggunaan obat diabetes pada saat hamil hanya diizinkan apabila manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan risiko yang mungkin menimpa pada janin. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan obat ini saat hamil dan menyusui. Dokter Anda mungkin akan memberikan alternatif pengobatan diabetes lain selama hamil

Apakah SymlinPen aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Studi yang dilakukan pada hewan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin. Namun, belum ada studi terkontrol baik pada wanita maupun ibu menyusui mengenai risiko penggunaan SymlinPen. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait pemberian obat ini. Obat ini hanya boleh diberikan jika manfaatnya melebihi besarnya risiko terhadap janin. Obat ini masuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (mungkin berisiko) menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan SymlinPen?

Beberapa obat tertentu tidak bisa dikonsumsi bersamaan karena dapat menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat dapat menyebabkan obat yang Anda konsumsi tidak dapat bekerja dengan baik atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping. Meski begitu, terkadang dokter meresepkan kedua obat secara bersamaan jika dibutuhkan. Dalam keadaan itu, dokter akan melakukan penyesuaian dosis dan memberikan arahan kepada Anda mengenai petunjuk mengonsumsi obat.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter obat-obatan yang Anda gunakan, terutama:

  • Obat-obatan diabetes, seperti acarbose/miglitol, metformin, insulin
  • Darifenacin
  • Gabapentin
  • Pregabalin
  • Aspirin
  • Obat-obatan untuk darah tinggi (clonidine, guanethidine)
  • Obat yang memperlambat pergerakan makanan selama proses pencernaan (atropine, exenatide, metoclopramide)
  • Solifenacin
  • Antibiotik
  • Pil KB
  • Pereda nyeri, seperti acetaminophen
  • Simvastatin
  • Synthroid

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap dari produk yang mungkin berinteraksi. Sampaikan kepada dokter jika Anda menggunakan produk di atas dan seluruh produk yang Anda konsumsi termasuk yang diresepkan ataupun tidak diresepkan, vitamin, dan obat herbal.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan jika overdosis SymlinPen?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Gejala overdosis dapat berupa mual parah disertai muntah, diare, wajah memerah, dan rasa pusing.

Bagaimana jika saya melupakan jadwal injeksi SymlinPen?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, segera lakukan injeksi ketika Anda mengingatnya. Namun, lakukan hal itu hanya jika Anda akan makan. Lewatkan dosis jika Anda tidak akan makan dan apabila sudah terlalu dekat dengan jadwal selanjutnya. Kembalilah pada jadwal yang telah Anda tentukan. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 12, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 12, 2018

Yang juga perlu Anda baca