Nama Generik: Somatrem Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Somatrem digunakan?

Somatrem adalah obat untuk perawatan jangka panjang dari anak-anak yang mengalami kegagalan tumbuh kembang akibat kurangnya produksi hormon pertumbuhan endogen.

Bagaimana aturan pakai obat Somatrem?

Setiap 5 mg vial harus dilarutkan dengan 1-5 mL air Bacteriostatic untuk injeksi, USP (benzyl alcohol preserved); atau setiap 10 mg vial harus dilarutkan dengan 1-10 mL air Bacteriostatic untuk injeksi, USP (benzyl alcohol preserved) saja. pH dari Protropin (somatrem) setelah dilarutkan dengan air bacteriostatic untuk injeksi, USP (benzyl alcohol preserved) adalah kurang lebih 7.8.

Untuk mempersiapkan solusi Protropin (somatrem), injeksikan air bacteriostatic untuk injeksi, USP (benzyl alcohol preserved) kedalam ptr vial, hingga mencapai cairan di dinding gelas. Kemudian kocok produk vial dengan gerakan memutar perlahan hingga semua komponen larut. JANGAN DIKOCOK. Ptr harus segera bening secepatnya setelah pelarutan. Terkadang, setelah pembekuan, anda mungkin akan menyadari bahwa ada partikel kecil tidak berwarna dari protein yang ada di ptr. Hal ini tidak lazim untuk solusi yang mengandung protein. Jika solusinya langsung berkabut segera setelah pelarutan atau pembekuan, obat ini TIDAK BOLEH di injeksikan.

Sebelum penusukan jarum, bersihkan sekat dari ptr dan vial pencair dengan menggosokkan alkohol atau cairan antiseptic untuk mencegah kontaminasi konten dari mikroorganisme yang mungkin dapat ditularkan dari penggunaan jarum berulang. Direkomendasikan bahwa ptr harus diadministrasikan menggunakan steril, jarum suntik dan jarum sekali pakai. Jarum suntik harus cukup kecil untuk volume dosis yang diresepkan sehingga akurat.

Bagaimana cara menyimpan Somatrem?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Somatrem?

Sebelum menggunakan Somatrem,

  • Jika Anda hamil atau menyusui, bicarakan dengan dokter anda sebelum menggunakan obat ini
  • Bicarakan pada dokter anda apabila sebelum menggunakan somatrem anda memiliki masalah tiroid, diabetes, atau skoliosis (bentuk tidak normal dari tulang belakang)
  • Pastikan dokter anda tahu jika anda pernah memiliki kanker, tumor, atau penyakit lainnya yang ada di kepala atau otak
  • Sangat jarang terjadi, pasien pengguna somatrem untuk mengembangkan rasa kebal pada obat, dan obatnya berhenti bekerja. Jika Anda pikir pertumbuhannya sangat lambat, konsultasikan dengan dokter Anda
  • Jika Anda menjadi sakit atau kecelakaan dan harus ditempatkan di ruang perawatan intensif, pastikan dokter Anda tahu Anda menggunakan somatrem. Dokter mungkin akan berhenti memberikan anda somatrem hingga Anda merasa lebih baik
  • Beberapa pasien yang menggunakan hormon pertumbuhan telah mengidap leukemia. Tidak diketahui apakah hormon pertumbuhan yang menyebabkan leukemia. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang risiko dan manfaat dari pengobatan, konsultasikan dengan dokter Anda.

Apakah obat Somatrem aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek Samping

Apa efek samping Somatrem yang mungkin terjadi?

  • Reaksi alergi: gatal-gatal, pembengkakan pada wajah atau tangan, pembengkakan atau rasa geli di mulut atau tenggorokan, sesak di dada, kesulitan bernapas
  • Penglihatan buram atau perubahan lain pada penglihatan
  • Nyeri pinggang atau lutut, rekat
  • meningkatkan seberapa sering dan banyak anda buang air kecil
  • Meningkatkan rasa haus atau meningkatkan rasa lapar
  • sSakit kepala tidak beralasan, mual, atau muntah

jika anda merasakan efek samping kurang serius ini, konsultasikan pada dokter anda:

  • Sakit pada lokasi suntikan
  • Pembengkakan jari, lengan, kaki, atau tungkai

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Ada beberapa efek samping yang tidak terdaftar diatas. Jika anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai efek samping, konsultasi pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Somatrem?

Walaupun beberapa obat tidak seharusnya digunakan bersamaan sekaligus, pada kasus lain 2 jenis obat yang berbeda mungkin dapat digunakan bersamaan walaupun ada kemungkinan terjadi interaksi. Pada kasus ini, dokter anda mungkin akan mengubah dosis, atau resep lain yang diperlukan. Beri tahu dokter jika Anda menggunakan obat resep atau nonresep.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Somatrem?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Somatrem?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Masalah tiroid
  • Diabetes
  • Atau skoliosis (kelainan bentuk tulang belakang)
  • Kanker
  • Tumor, atau penyakit lainnya di otak atau kepala

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Somatrem untuk dewasa?

Dosis mingguan adalah 0.30 mg/kg (hinggga 0.90 IU/kg) dari berat badan, direkomendasikan disertai dengan intramuscular atau subkutan injeksi harian.

Berapa dosis obat Somatrem untuk anak-anak?

Keamanan dan keefektifan belum diketahui pada pasien anak (kurang dari 18 tahun)

Dalam dosis dan sediaan apa Somatrem tersedia?

Injeksi 5 mg 10 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan