Silver Sulfadiazine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Silver Sulfadiazine Merek: Burnazin.

Penggunaan

Untuk apa silver sulfadiazine?

Silver Sulfadiazine adalah obat yang digunakan dengan perawatan lain untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi luka pada pasien dengan luka bakar serius. Silver sulfadiazin bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri yang dapat menginfeksi luka terbuka. Hal ini membantu untuk menurunkan risiko bakteri menyebar ke kulit di sekitarnya, atau darah di mana dapat menyebabkan infeksi darah yang serius (sepsis). Silver sulfadiazin termasuk kelas obat yang dikenal sebagai antibiotik sulfa.

Silver sulfadiazin tidak boleh digunakan pada bayi prematur atau bayi baru lahir selama 2 bulan pertama kehidupan karena risiko efek samping yang serius.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati luka kulit lainnya dan infeksi  (seperti bisul kulit).

Bagaimana cara penggunaan silver sulfadiazine?

Obat ini hanya untuk digunakan pada kulit.

Perawat kesehatan profesional Anda akan membersihkan dan membuang jaringan mati dari luka untuk membantu proses penyembuhan.

Terapkan obat ini untuk luka dengan menggunakan cara yang steril (seperti memakai sarung tangan steril dan menggunakan alat aplikasi steril), seperti yang disarankan oleh dokter Anda, biasanya 1 sampai 2 kali sehari. tebal   Lapisan obat harus sekitar 1-2 mm atau seperti yang disarankan dokter. Luka harus ditutup dengan krim setiap saat. Perban dapat diaplikasikan di atas krim, tapi hanya jika diperlukan. Jika ada bagian luka yang krimnya sudah terhapus, segera oleskan kembali. Krim juga harus diterapkan kembali segera setelah menjalani hidroterapi.

Pengobatan biasanya berlanjut sampai luka benar-benar sembuh atau sampai area luka siap untuk ditangani.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Perlu Anda ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari.

Katakan kepada dokter Anda jika kondisi Anda menetap atau jika memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan silver sulfadiazine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis silver sulfadiazine untuk orang dewasa?

Tambahkan dosis untuk pencegahan dan pengobatan sepsis luka pada pasien dengan luka bakar derajat kedua dan ketiga: terapkan untuk daerah yang terluka sekali atau dua kali sehari dengan ketebalan sekitar 1/16 inci.

Setiap kali diperlukan, Silver Sulfadiazin topikal harus dioleskan kembali untuk setiap daerah pengolesan yang terhapus karena aktivitas pasien, obat harus segera dioleskan kembali setelah hidroterapi.

Bagaimana dosis silver sulfadiazine untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas pada pasien anak (kurang dari 18 tahun) belum dapat ditentukan.

Dalam dosis apakah silver sulfadiazine tersedia?

Krim luar: 1% (20 g 50 g 85 g 400 g 1000 g) 1% (25 g 50 g 80 g 400 g).

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena silver sulfadiazine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda sekaligus jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • mudah memar atau perdarahan, kelemahan yang tidak biasa
  • kulit pucat atau menguning, urine berwarna gelap
  • ulkus pada daerah kulit yang diobati
  • terdapat darah dalam urin Anda
  • kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali
  • mengantuk, kebingungan, perubahan mood, mual dan muntah
  • pembengkakan, berat badan atau
  • demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala parah, mengupas, dan ruam kulit merah

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • warna kulit coklat atau abu-abu kulit
  • gatal ringan atau terbakar atau
  • sakit perut

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan silver sulfadiazine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Belum ada studi yang tepat mengenai hubungan usia terhadap efek Silver Sulfadiazine topikal pada populasi anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum dipastikan.

Penggunaan sulfadiazin topikal silver tidak dianjurkan pada bayi prematur atau bayi baru lahir usia 2 bulan dan lebih muda.

Lansia

Belum ada studi yang tepat sampai saat ini untuk  menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan sulfadiazine topikal silver pada orang tua.

Apakah silver sulfadiazine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan silver sulfadiazine?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter

Mengonsumsi obat ini dengan Methenamine tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti obat yang sudah Anda konsumsi.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan silver sulfadiazine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan silver sulfadiazine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • kekurangan Glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD)  (gangguan metabolisme herediter yang mempengaruhi sel-sel darah merah) – gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan masalah darah pada pasien dengan kondisi ini
  • penyakit ginjal
  • penyakit hati – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena penghilangan obat lebih lambat dari obat dari tubuh
  • Porphyria – penggunaan obat ini dapat mengakibatkan serangan parah porfiria

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca