Nama Generik: Rocephine Merek: mencegah penyebaran hiv.

Penggunaan

Apa fungsi Rocephine?

Rocephine umumnya digunakan untuk pengobatan infeksi bakteri termasuk infeksi yang parah atau yang mengancam jiwa seperti sepsis, meningitis, infeksi perut, tulang, sendi, jaringan lunak, kulit & infeksi luka, mekanisme gangguan sistem pertahanan tubuh, infeksi ginjal & infeksi saluran kencing, infeksi saluran pernapasan (misalnya pneumonia, telinga, hidung & tenggorokan), infeksi genital termasuk gonore;  profilaksis peri-op, Lyme borreliosis.

Bagaimana cara pakai Rocephine?

Gunakan Rocephin persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Rocephin disuntikkan ke dalam otot atau ke pembuluh darah melalui infus. Anda mungkin akan ditunjukkan bagaimana untuk menggunakan IV di rumah. Jangan memberikan diri Anda sendiri obat ini jika Anda tidak memahami bagaimana menggunakan injeksi dan bagaimana membuang jarum, tabung IV, dan peralatan lain yang digunakan dengan benar.

Anda mungkin perlu untuk mencampur Rocephin dengan cairan (pengencer) sebelum menggunakannya. Jika Anda menggunakan suntikan di rumah, pastikan Anda memahami bagaimana untuk mencampur dan menyimpan obat dengan benar. Hanya gunakan pengencer yang direkomendasikan dokter Anda.

Jangan mencampur Rocephin di injeksi yang sama dengan antibiotik lain atau dengan pengencer yang mengandung kalsium, termasuk larutan TPN (total nutrisi parenteral).

Setelah pencampuran obat Anda, Anda akan perlu menggunakannya selama beberapa jam atau hari tertenti. Hal ini akan tergantung pada pengencer dan bagaimana Anda menyimpan campuran (pada suhu kamar, di lemari es, atau freezer). Ikuti instruksi pencampuran dan penyimpanan yang diberikan dengan obat Anda dengan hati-hati. Tanyakan apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Jika Anda menggunakan obat suntik lainnya, pastikan untuk menyiram kateter intravena Anda antara penggunaan suntikan setiap obat.

Gunakan Rocephin selama jangka waktu yang ditentukan. Gejala Anda mungkin pulih sebelum infeksi benar-benar dibersihkan. Melewatkan dosis juga dapat meningkatkan risiko infeksi lebih lanjut yang resisten terhadap antibiotik. Rocephin tidak akan mengobati infeksi virus seperti flu atau pilek biasa.

Rocephin dapat menyebabkan hasil yang tidak biasa pada tes laboratorium tertentu untuk glukosa (gula) dalam urin. Katakan kepada dokter yang merawat Anda bahwa Anda menggunakan obat ini.

Simpanlah bubuk Rocephin yang tidak dicampur pada suhu kamar, jauh dari kelembapan, panas, dan cahaya.

Jika obat Anda diberikan dalam bentuk beku atau beku setelah pencampuran, cairkan dalam lemari es atau pada suhu kamar. Jangan memanaskannya dalam microwave atau air mendidih. Gunakan obat sesegera mungkin setelah pencairan dilakukan. Jangan membekukannya.

Gunakan jarum sekali pakai dan jarum suntik hanya sekali. Ikuti peraturan negara bagian atau lokal tentang bagaimana membuang jarum suntik bekas. Gunakan wadah pembuangan tahan rusak (tanyakan kepada apoteker Anda di mana untuk mendapatkannya dan bagaimana membuangnya). Simpan wadah ini jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Bagaimana cara menyimpan Rocephine?

Rocephine paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram Rocephine ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Rocephine?

  • Anda tidak boleh menggunakan Rocephin jika Anda alergi terhadap ceftriaxone atau antibiotik cephalosporin lain
  • Jangan gunakan Rocephin pada anak tanpa saran dokter, dan jangan pernah memberikan lebih dari dosis yang diresepkan untuk anak
  • Rocephine tidak boleh digunakan pada bayi prematur atau dalam bayi yang baru lahir yang memiliki penyakit kuning
  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki alergi terhadap obat-obatan, penyakit ginjal, penyakit hati, dabetes, penyakit kandung empedu, gangguan perut atau gangguan usus seperti kolitis, kondisi yang membuat Anda menggunakan pengencer darah
  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.Ceftriaxone dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi menyusui.
  • Katakan kepada dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Apakah Rocephine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Rocephine pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Rocephine termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Konsentrasi rendah ceftriaxone diekskresikan dalam air susu manusia. Harus diwaspadai ketika Rocephin diberikan ke ibu menyusui. Studi pada reproduksi hewan belum menunjukkan risiko janin tetapi ada tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau penelitian pada reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan fertilitas ) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita di trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).

Efek Samping

Apa efek samping Rocephine yang mungkin terjadi?

  • Diare ringan
  • Kehangatan, perasaan sesak, atau benjolan keras di mana injeksi diberikan
  • Rasa gatal atau adanya cairan vagina
  • Ruam
  • Tes fungsi hati yang abnormal

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Rocephine?

Rocephine dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan yang dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius, seperti Pengencer mengandung Ca (Ringer, larutan Hartmann). Amsacrine, vankomisin, flukonazol & aminoglikosida.

Untuk menghindari interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep dan produk herbal) dan beritahu dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai menggunakan, berhenti menggunakan, atau mengubah dosis obat-obatan yang tercantum di bawah ini tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Rocephine?

Rocephine dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda memgenai potensi interaksi makanan atau alkohol  sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Rocephine?

Rocephine dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu membiarkan dokter dan apoteker tahu semua kondisi kesehatan Anda saat ini.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Rocephine.

Berapa dosis Rocephine untuk orang dewasa??

Dosis harian dewasa yang biasa adalah 1-2 g sekali sehari.

Infeksi berat: Hingga 4 g sekali sehari.

Untuk pengobatan infeksi gonokokal tanpa komplikasi, dianjurkan dosis tunggal intramuskular 250 mg.

Untuk penggunaan pra operasi (profilaksis bedah), dianjurkan dosis tunggal 1 gram intravena 1/2 sampai 2 jam sebelum operasi.

Berapa dosis Rocephine untuk anak?

  • Neonatus, bayi & anak-anak (15 hari-12 tahun) 20-80 mg / kg berat sekali sehari.
  • Neonatus sampai 14 hari 20-50 mg / kg berat badan sekali sehari, tidak melebihi 50 mg / kg.
  • Meningitis Bayi & anak Awalnya 100 mg / kg sekali sehari. Maks: 4 g / hari.
  • Lyme borreliosis: 50 mg / kg sekali sehari selama 14 hari. Maks: 2 g / hari.

Dalam bentuk apa saja Rocephine tersedia?

Rocephine tersedia dalam bentuk sediaan Rocephine bubuk untuk injeksi IM / IV: 1g, 250mg, 500mg.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

 

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan