Nama Generik: Quinagolide Merek: .

Penggunaan

Untuk apa obat Quinagolide?

Quinagolide adalah obat untuk mengatasi kondisi akibat kadar prolaktin yang tinggi pada darah (hyperprolactinaemia), yang meliputi:

  • Kelebihan produksi ASI
  • Perubahan pada pola menstruasi
  • Kemandulan
  • Menurunnya gairah seksual.

Bagaimana aturan pakai Quinagolide?

Pengobatan biasanya dimulai dengan ‘starter pack’ yang mengandung 3 tablet 25 mcg dan 3 tablet 50 mcg pada satu strip. Kemudian pengobatan dilanjutkan dengan tablet 75 mcg dalam kemasan berisi 30 tablet dengan 10 tablet per strip.

Bagaimana cara menyimpan Quinagolide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Quinagolide untuk orang dewasa?

Penting untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dokter. Kemasan pada obat memiliki petunjuk seberapa banyak dan kapan harus mengonsumsinya. Apabila tidak, atau Anda tidak yakin, tanyakan pada dokter atau apoteker.

Dosis Quinagolide untuk lansia:

Gunakan obat ini hanya apabila dokter Anda telah memutuskan obat ini cocok untuk Anda. Ikuti petunjuk dengan hati-hati.

Tablet ini hanya boleh dikeluarkan dari kemasan sesaat sebelum Anda mengonsumsinya.

  • Perawatan biasanya dimulai dengan ‘starter pack’ dan Anda akan mengonsumsi 1 tablet 25 mcg per hari (1 tablet merah muda) selama 3 hari pertama (ditandai Hari 1, Hari 2, Hari 3 pada strip).
  • Kemudian dilanjutkan dengan 1 tablet 50 mcg per hari (1 tablet biru pucat) selama 3 hari selanjutnya (ditandai Hari 4, Hari 5, Hari 6 pada strip).
  • Dari hari ke-7, dosis yang direkomendasikan adalah 1 tablet 75 mcg per hari (1 tablet putih). Kebanyakan pasien memerlukan dosis sebanyak 75 – 150 mcg.

Beberapa pasien memerlukan dosis harian sebanyak 300 mcg atau lebih. Dokter Anda akan memberi tahu apabila Anda memerlukan dosis yang lebih tinggi. Anda tidak boleh mengubah dosis sendiri.

Norprolac harus dikonsumsi 1 kali per hari sebelum tidur, direkomendasikan dengan makanan kecil. Keluarkan obat dari kemasan dengan mendorongnya keluar dari kemasan. Telan dengan air.

Bagaimana dosis Quinagolide untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apakah Quinagolide tersedia?

Quinagolide tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Tablet 75 mcg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Quinagolide?

Seperti obat-obatan lainnya, Norprolac dapat memiliki efek samping.

Berikut adalah efek samping yang paling umum selama beberapa hari pertama perawatan dan cenderung akan hilang pada berjalannya perawatan.

Beberapa efek samping yang sangat umum terjadi (mempengaruhi lebih dari 10 dari setiap 100 pasien yang diobati):

  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Lelah

Efek samping yang umum terjadi (mempengaruhi dari 1 sampai 10 dari setiap 100 pasien yang diobati):

  • Kehilangan napsu makan
  • Sakit perut
  • Konstipasi atau diare
  • Insomnia
  • Meningkatnya retensi air
  • Merona
  • Penyumbatan hidung dan merosotnya tekanan darah, yang dapat menyebabkan pingsan.

Efek samping yang langka (mempengaruhi 1 sampai 100 dari setiap 10.000 pasien yang diobati):

  • Rasa kantuk.

Efek samping yang sangat langka (mempengaruhi kurang dari 1 dari setiap 10.000 pasien yang diobati):

  • Perawatan dengan Norprolac dikaitkan dengan perubahan status mental, yang dapat kembali normal begitu pengobatan dihentikan.

Efek samping lainnya meliputi:

Tidak dapat menahan keinginan, dorongan atau godaan untuk melakukan hal yang dapat membahayakan Anda atau orang lain, yang dapat meliputi:

  • Keinginan kuat untuk berjudi secara berlebihan tanpa memedulikan konsekuensi personal atau keluarga.
  • Perubahan atau meningkatnya gairah seksual dan perilaku yang penting untuk Anda dan orang lain, seperti meningkatnya gairah seksual.
  • Belanja atau pengeluaran berlebihan yang tidak terkendali
  • Makan terlalu banyak dalam waktu yang singkat atau makan lebih banyak dari biasanya dan dari yang diperlukan untuk mengenyangkan Anda.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Quinagolide?

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda pernah memiliki penyakit mental.

  • Norprolac dapat menyebabkan tekanan darah Anda turun saat Anda berdiri, terutama untuk beberapa hari pertama selama pengobatan atau setelah peningkatan dosis. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya kesadaran atau pingsan. Untuk menghindarinya, berdiri secara perlahan dari posisi duduk atau berbaring. Dokter akan memeriksa tekanan darah selama beberapa hari pertama perawatan dan saat meningkatkan dosis.
  • Informasikan dokter apabila Anda atau keluarga atau pengasuh Anda menyadari Anda mengalami dorongan perilaku yang tidak biasa dan Anda tidak dapat menahan dorongan untuk melakukan aktivitas yang dapat membahayakan diri Anda atau orang lain. Hal ini disebut dengan kelainan kendali impuls dan dapat meliputi beberapa perilaku seperti kecanduan judi, makan atau pengeluaran berlebih, gairah seksual yang tidak normal atau meningkatnya pikiran atau perasaan seksual. Dokter Anda dapat menyesuaikan atau menghentikan dosis.

Apakah Quinagolide aman untuk ibu hamil atau menyusui?

  • Kesuburan dapat meningkat selama Anda mengonsumsi Quinagolide, beberapa wanita berusia subur yang tidak ingin hamil harus menggunakan metode kontrasepsi yang dapat diandalkan.
  • Apabila Anda merencanakan kehamilan, direkomendasikan untuk menghentikan Quinagolide apabila kehamilan telah dikonfirmasi. Namun, beberapa pasien perlu untuk melanjutkan pengobatan dengan Quinagolide selama kehamilan. Jika Anda tiba-tiba hamil saat Anda sedang mengonsumsi Quinagolide, segera beri tahu dokter Anda.

Menyusui:

Quinagolide menurunkan produksi ASI, sehingga biasanya Anad tidak dapat menyusui saat sedang mengonsumsi Quinagolide. Anda dilarang menyusui walau Anda dapat melakukannya. Hal ini disebabkan karena tidak diketahui apakah kandungan aktif pada Quinagolide dapat masuk ke dalam ASI atau tidak.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Quinagolide?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Quinagolide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Quinagolide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 15, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 15, 2017