Nama Generik: Quetiapine Merek: .

Penggunaan

Untuk apa quetiapine?

Quetiapine adalah obat yang digunakan untuk mengobati kondisi jiwa/suasana hati  tertentu (seperti skizofrenia, gangguan bipolar, episode mania tiba-tiba  atau depresi terkait dengan gangguan bipolar). Quetiapine dikenal sebagai obat anti-psikotik (tipe atipikal). Ia bekerja dengan membantu mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu (neurotransmitter) di otak.

Obat ini dapat mengurangi halusinasi dan meningkatkan konsentrasi Anda. Obat Ini membantu Anda untuk berpikir lebih jernih dan positif tentang diri Anda, mengatasi gugup, dan menjadi lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari. Obat ini juga dapat meningkatkan mood Anda, membuat tidur nyenyak, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan energi. Quetiapine dapat membantu mencegah perubahan suasana hati yang parah atau menurunkan seberapa sering perubahan suasana hati terjadi.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Quetiapine juga dapat dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati depresi. Jika Anda menggunakan quetiapine yang dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati depresi, baca informasi obat untuk pengobatan lainnya.

Bagaimana cara penggunaan quetiapine?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Minum obat ini melalui mulut seperti yang disarakan oleh dokter Anda, biasanya 2 atau 3 kali sehari dengan atau tanpa makanan. Untuk pengobatan depresi terkait dengan gangguan bipolar, minum obat ini dengan mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya sekali sehari pada waktu tidur.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Untuk mengurangi risiko efek samping, dokter mungkin mengarahkan Anda untuk memulai obat ini pada dosis rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati. Ambil obat ini secara teratur untuk mendapatkan khasiat terbaiknya. Anda harus ingat untuk mengonsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap hari.

Penting untuk terus minum obat ini seperti yang ditentukan bahkan jika Anda merasa sudah baikan. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi bisa menjadi lebih buruk ketika obat ini tiba-tiba berhenti.  Anda juga mungkin mengalami gejala seperti kesulitan tidur, mual, sakit kepala, diare, iritabilitas. dosis Anda mungkin perlu secara bertahap menurun untuk mengurangi efek samping. Melaporkan gejala baru atau memburuk segera.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan quetiapine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis quetiapine untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Skizofrenia

Tablet immediate release:

Dosis awal: 25 mg diminum langsung dua kali sehari.

Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap dari 25 sampai 50 mg dua kali sehari atau tiga kali sehari pada hari kedua dan ketiga (seperti yang telah ditolerir). Pada hari keempat dosis berkisar 300 mg sampai 400 mg per hari(dibagi menjadi 2 atau 3 dosis sehari)  mungkin dapat dicapai. penyesuaian dosis tambahan (kenaikan atau penurunan) dari 25 sampai 50 mg dua kali sehari dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Namun, setidaknya 2 hari harus dilewati antara penyesuaian dosis tambahan.

 

Khasiat dalam skizofrenia telah dilaporkan dengan dosis berkisar 150-750 mg/hari. efek klinis maksimum telah dilaporkan pada 300 mg/hari. Keamanan dosis di atas 800 mg/hari belum dievaluasi dalam uji klinis.

 

Tablet dengan extended release:

Dosis awal: 300 mg diminum sekali sehari tanpa makanan atau dengan makanan ringan.

Dosis pemeliharaan: 400-800 mg diminum sekali sehari tergantung pada respon dan toleransi.

Dosis maksimum: Dosis di atas 800 mg sehari belum diteliti.

Dosis tablet dengan efek berkepanjangan dapat ditingkatkan secara bertahap hingga 300 mg sehari pada interval sesingkat 1 hari.

Khasiat quetiapine untuk penggunaan jangka panjang (lebih dari 6 minggu) belum diteliti dalam uji klinis. Pasien yang merespon baik untuk quetiapine dapat dilanjutkan pada dosis terendah yang efektif dalam mempertahankan remisi mereka. Pasien harus menilai kembali untuk menentukan kebutuhan mereka selama proses pengobatan.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Bipolar Disorder

Tablet immediate release:

Kegirangan terkait dengan gangguan bipolar sebagai monoterapi atau sebagai terapi tambahan untuk lithium atau divalproex:

Dosis awal: 50 mg diminum dua kali sehari

Dosis dapat ditingkatkan sampai 200 mg langsung diminum dua kali sehari pada hari 4 secara bertahap hingga 50 mg dua kali sehari. Dosis penyesuaian lebih lanjut sampai 800 mg per hari demi hari 6 harus dalam kelipatan tidak lebih besar dari 200 mg/hari. Data telah dilaporkan menunjukkan bahwa mayoritas pasien merespon antara 400 mg per hari untuk 800 mg per hari. Keamanan dosis di atas 800 mg per hari belum dievaluasi dalam uji klinis.

Tablet immediate release:

Episode depresi terkait dengan gangguan bipolar:

Dosis awal: 50 mg diminum sekali sehari

Dosis dapat ditingkatkan sampai mencapai 300 mg diminum langung  sekali sehari pada hari 4. Beberapa pasien mungkin memerlukan peningkatan lebih lanjut untuk 600 mg sekali sehari dengan meningkatkan dosis harian untuk 400 mg pada hari ke 5 dan 600 mg pada hari ke-8 pengobatan. Khasiat ditunjukkan pada populasi pasien pada kedua 300 mg dan 600 mg per hari. Namun, tidak ada manfaat tambahan yang diamati pada pasien yang menerima 600 mg per hari dibandingkan dengan pasien yang menerima 300 mg per hari.

 

Tablet extended release:

Depresi Bipolar:

(Episode Depresi Terkait dengan Gangguan Bipolar)

Dosis umum untuk Pengobatan Akut: diminum langsung sekali sehari di malam hari dimulai dengan 50 mg per hari dan meningkatkan dosis untuk mencapai 300 mg per hari sampai hari 4.

Direkomendasikan Dosis Jadwal: Hari 1 – 50 mg, Hari 2 – 100, mg, Hari 3 – 200 mg, & Hari 4 – 300 mg

Bipolar mania:

Dosis umum untuk monoterapi akut  atau Ajun Therapy (dengan lithium atau divalproex): minum  sekali sehari di malam hari dimulai dengan 300 mg pada hari 1, 600 mg pada hari 2, dan menyesuaikan antara 400 mg dan 800 mg per hari sesudahnya tergantung pada respon klinis dan toleransi masing-masing pasien.

Pemeliharaan bipolar:

Melanjutkan pengobatan pada dosis yang diperlukan untuk mempertahankan gejala remisi. Meskipun tidak bukti yang tersedia yang secara khusus menangani berapa lama pasien harus mengonsumsi tablet quetiapine dengan efek berkepanjangan, quetiapine telah menunjukan keberhasilan pengobatan gangguan Bipolar (diberikan dengan langsung diminum dua kali sehari sebanyak 400-800 mg per hari) sebagai tambahan terapi untuk lithium atau divalproex. Secara umum, dalam tahap pemeliharaan, pasien terus pada dosis yang sama di mana mereka stabil selama fase stabilisasi. Pasien harus menilai kembali akan untuk menentukan kebutuhan untuk perawatan pemeliharaan dan dosis yang tepat untuk pengobatan tersebut.

 

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Depresi

Sebagai terapi tambahan untuk antidepresan dapat digunakan dalam pengobatan penyakit depresi:

Tablet extended release:

Dosis awal: 50 mg diminum sekali sehari di malam hari

Pada hari 3, dosis dapat ditingkatkan sampai 150 mg sekali sehari di malam hari.

Kisaran: 150 mg sampai 300 mg diminum setiap hari. Dosis di atas 300 mg belum diteliti.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Skizofrenia

Tablet immediate release:

Dosis awal: 25 mg diminum sekali sehari.

Dosis dapat ditingkatkan setiap hari dengan penambahan sebesar 25 mg/hari untuk 50 mg/hari untuk dosis efektif, tergantung pada respon klinis dan tolerabilitas pasien.

Khasiat dalam skizofrenia telah dilaporkan dengan dosis berkisar 150-750 mg/hari. efek klinis maksimum telah dilaporkan pada 300 mg/hari. Keamanan dosis di atas 800 mg/hari belum dievaluasi dalam uji klinis.

Tablet extended release:

Ketika dosis efektif pada tablet dengan efek langsung telah tercapai (di atas 200 mg), pasien dapat beralih ke formulasi tablet dengan efek berkepanjangan pada dosis setara.

Khasiat quetiapine yang digunakan jangka panjang (lebih dari 6 minggu) belum diteliti dalam uji klinis. Pasien yang merespon baik terhadap quetiapine dapat melanjutkan pengobatan pada dosis terendah yang efektif dalam mempertahankan remisi mereka. Pasien harus mempertimbangkan kembali untuk menentukan kebutuhan mereka untuk pengobatan pemeliharaan.

 

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Bipolar Disorder

Tablet extended release:

Dosis awal: 50 mg/hari

Dosis dapat ditingkatkan dengan penambahan sebesar 50 mg/hari tergantung pada respon dan toleransi masing-masing pasien.

Bagaimana dosis quetiapine untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas pada pasien anak (kurang dari 18 tahun) belum dapat ditentukan.

Dalam dosis apakah quetiapine tersedia?

Tablet 25 mg, 50 mg, 100 mg, 200 mg, 300 mg. 400 mg

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena quetiapine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki gejala baru atau kondisi memburuk seperti: suasana hati atau perubahan perilaku, kecemasan, serangan panik, kesulitan tidur, atau jika Anda merasa impulsif, mudah marah, gelisah, bermusuhan, agresif, gelisah, hiperaktif (mental atau fisik), lebih tertekan, atau memiliki pikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Berhenti menggunakan quetiapine dan hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • otot sangat kaku (rigid), demam tinggi, berkeringat, kebingungan, detak jantung cepat atau tidak rata, tremor
  • perasaan seperti Anda akan pingsan
  • gerakan otot yang tidak dapat dikontrol, kesulitan menelan, masalah dengan berbicara
  • tremor, atau gerakan otot yang kelelahan pada mata, lidah, rahang, leher, lengan, atau kaki
  • penampilan pucat seperti topeng, kesulitan menelan, masalah dengan berbicara
  • penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • sering merasa haus dan ingin buang air kecil, rasa lapar yang berlebihan, nafas bau buah, kelemahan, mual dan muntah
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda

Efek samping yang kurang serius termasuk:

  • pusing, mengantuk, perasaan lelah
  • mulut kering, sakit tenggorokan
  • sakit perut, mual, muntah, sembelit
  • pembengkakan payudara
  • terlewatnya periode menstruasi
  • peningkatan nafsu makan, berat badan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan quetiapine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Belum ada studi yang memadai mengenai hubungan usia terhadap efek tablet quetiapine dengan efek berkepanjangan dan tablet pada anak kurang dari 13 tahun dengan skizofrenia, pada anak usia dibawah 10 tahun dengan kegirangan bipolar, dan pada anak-anak usia di bawah 18 tahun dengan depresi bipolar. Keamanan dan efektivitas pada kelompok usia ini belum dapat dipastikan.

Belum ada studi yang memadai mengenai hubungan usia terhadap efek tablet quetiapine dengan efek berkepanjangan untuk mengobati gangguan depresi utama dalam populasi anak. Keamanan dan kemanjuran belum dapat dipastikan.

Lansia

Belum ada studi yang memadai sampai saat ini untuk menunjukkan masalah spesifik konsumsi pada lansia yang membatasi khasiat quetiapine. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki demensia atau masalah jantung, hati, atau masalah ginjal yang berhubungan dengan usia, yang mungkin memerlukan kehati-hatian dan penyesuaian dosis untuk pasien yang mengonsumsi quetiapine.

Apakah quetiapine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan quetiapine?

Penggunaan obat ini bersamaan dengan salah satu obat-obatan berikut ini tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memberikan obat ini pada Anda atau mengubah beberapa obat lain yang Anda ambil.

  • Amifampridine
  • Atazanavir
  • Boceprevir
  • Cisapride
  • Cobicistat
  • Dronedarone
  • Flukonazol
  • lopinavir
  • Mesoridazine
  • Metoclopramide
  • Nelfinavir
  • Pimozide
  • Piperaquine
  • Posaconazole
  • Ritonavir
  • Saquinavir
  • Sparfloxacin
  • Telaprevir
  • Terfenadine
  • Thioridazine
  • Tipranavir
  • Ziprasidone

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Alfuzosin
  • Amiodarone
  • amitriptyline
  • Anagrelide
  • Apomorphine
  • Aripiprazole
  • Arsenik trioksida
  • Asenapine
  • Astemizole
  • Azitromisin
  • Bedaquiline
  • Bepridil
  • Buserelin
  • Karbamazepin
  • Ceritinib
  • Klorokuin
  • Klorpromazin
  • Ciprofloxacin
  • Citalopram
  • Klaritromisin
  • Clomiperamine
  • Clozapine
  • Conivaptan
  • Crizotinib
  • Cyclobenzaprine
  • Dabrafenib
  • Dasatinib
  • Delamanid
  • Desipramine
  • Deslorelin
  • Disopiramid
  • Dofetilide
  • Dolasetron
  • Domperidone
  • Doxepin
  • Droperidol
  • Ebastine
  • Enzalutamide
  • Eribulin
  • Eritromisin
  • Escitalopram
  • Eslicarbazepine Asetat
  • Famotidine
  • Felbamate
  • Fentanyl
  • Fingolimod
  • Flekainid
  • Fluoxetine
  • Formoterol
  • Foscarnet
  • Galantamine
  • Gatifloksasin
  • Gemifloxacin
  • Gonadorelin
  • Goserelin
  • Granisetron
  • Halofantrine
  • Haloperidol
  • Histrelin
  • Hidromorfon
  • Hydroquinidine
  • Ibutilide
  • Idelalisib
  • Iloperidone
  • Imipramine
  • Indinavir
  • Itrakonazol
  • Ivabradine
  • Ketoconazole
  • Lapatinib
  • Leuprolide
  • Levofloxacin
  • lumefantrine
  • Mefloquine
  • Metadon
  • Metronidazole
  • Mifepristone
  • Milnacipran
  • Mitotane
  • Mizolastine
  • Morfin
  • Morfin Sulfat Liposome
  • Moksifloksasin
  • Nafarelin
  • Nefazodone
  • nilotinib
  • Norfloxacin
  • Octreotide
  • Ofloxacin
  • Olanzapine
  • Ondansetron
  • Oxycodone
  • Oxymorphone
  • Paliperidone
  • Paroxetine
  • Pasireotide
  • Pazopanib
  • Pentamidin
  • Perflutren Lipid Microsphere
  • Perphenazine
  • Phenobarbital
  • Primidone
  • Probucol
  • Procainamide
  • Proklorperazin
  • Prometazin
  • Propafenone
  • Rrotriptyline
  • Quinidine
  • Kina
  • Ranolazine
  • Rifabutin
  • Rifampin
  • rifapentin
  • Rilpivirine
  • Risperidone
  • Sertindole
  • Sevoflurane
  • Siltuximab
  • Sodium Phosphate
  • Sodium Phosphate, Dibasic
  • Sodium Phosphate, monobasa
  • Solifenacin
  • Sorafenib
  • Sotalol
  • St John’s Wort
  • Sunitinib
  • Suvorexant
  • Tacrolimus
  • Tamoxifen
  • Tapentadol
  • Telavancin
  • Telitromisin
  • Tetrabenazine
  • Tizanidine
  • Tolterodine
  • Toremifene
  • Trazodone
  • Trimipramine
  • Triptorelin
  • Vandetanib
  • Vardenafil
  • Vemurafenib
  • Venlafaxine
  • Vilanterol
  • Vinflunine
  • Vorikonazol
  • Vorinostat

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik untuk Anda. Jika kedua obat yang diresepkan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Aprepitant
  • Armodafinil
  • Fosphenytoin
  • Fenitoin
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan quetiapine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

 

Menggunakan obat ini dengan salah satu dari berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • jus grapefruit

Menggunakan obat ini dengan salah satu dari berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau.

  • etanol

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan quetiapine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • masalah pembuluh darah atau sirkulasi darah
  • dehidrasi
  • riwayat serangan jantung atau stroke
  • penyakit jantung (misalnya, hipertrofi jantung)
  • gagal jantung
  • masalah detak jantung (misalnya, long QT)
  • hipotensi (tekanan darah rendah)
  • hipovolemia (volume darah rendah) – mungkin menimbulkan efek samping menjadi lebih buruk
  • bradikardia (detak jantung lambat), atau riwayatnya
  • masalah ritme jantung (misalnya, interval QT panjang bawaan)
  • hipokalemia (rendahnya kadar kalium dalam darah)
  • hypomagnesemia (rendahnya kadar magnesium dalam darah) – mungkin meningkatkan risiko efek samping yang lebih serius
  • kanker payudara, prolaktin tergantung
  • katarak
  • hiperlipidemia (kolesterol darah tinggi atau lemak)
  • hyperprolactinemia (prolaktin tinggi dalam darah)
  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • hypothyroidism (tiroid kurang aktif)
  • penyakit hati
  • riwayat kejang
  • masalah menelan-gunakan dengan hati-hati. mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • diabetes, atau riwayat keluarga
  • hiperglikemia (gula darah tinggi) – obat ini dapat meningkatkan kadar gula darah Anda

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk yang berikut:

  • mengantuk
  • pusing
  • pingsan
  • detak jantung cepat

 

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016