Nama Generik: Primaquine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa primaquine?

Primaquine adalah obat yang digunakan dengan obat lain untuk mencegah dan mengobati malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk di negara-negara di mana malaria kerap terjadi. Parasit malaria dapat masuk ke dalam tubuh melalui gigitan nyamuk tersebut, dan kemudian hidup dalam jaringan tubuh seperti sel darah merah atau hati. Primaquine digunakan setelah obat-obat lain (seperti klorokuin) telah membunuh parasit malaria yang hidup di dalam sel-sel darah merah. Kemudian primaquine membunuh parasit malaria yang tinggal di jaringan tubuh lainnya. Hal ini mencegah kembalinya infeksi. Kedua obat diperlukan untuk pengobatan yang lengkap. Fosfat primaquine termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai antimalaria.

PENGGUNAAN LAINNYA: Bagian ini berisi penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label profesional yang disetujui untuk obat, tetapi yang mungkin diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum dalam bagian ini hanya jika diresepkan oleh ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan dengan obat lain untuk mengobati pneumonia (PCP) pada pasien AIDS.

Bagaimana cara penggunaan primaquine?

Konsumsi obat ini dengan mulut, biasanya sekali sehari dengan makanan untuk mencegah sakit perut, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Ikuti instruksi dokter Anda dengan saksama. Primaquine biasanya dikonsumsi selama 2 minggu setelah Anda meninggalkan daerah malaria. Obat ini dimulai selama 1-2 minggu terakhir pengobatan malaria lain Anda atau segera setelah Anda selesai dari pengobatan lain. Primaquine tidak boleh dikonsumsi selama lebih dari 14 hari untuk pengobatan malaria.

Dosis didasarkan pada jenis infeksi yang Anda miliki dan respons Anda terhadap pengobatan. Konsumsi obat ini secara teratur. Untuk membantu Anda mengingatnya, konsumsilah pada waktu yang sama setiap harinya.

Sangatlah penting untuk terus minum obat ini persis seperti yang ditentukan oleh dokter Anda. Jangan mengonsumsi lebih atau kurang dari dosis yang ditentukan. Jangan berhenti mengonsumsi obat ini sebelum menyelesaikan pengobatan, bahkan jika Anda merasa sudah lebih baik, kecuali diinstruksikan demikian oleh dokter Anda. Melewatkan atau mengubah dosis tanpa persetujuan dari dokter dapat menyebabkan pencegahan/pengobatan tidak efektif. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah parasit, membuat infeksi lebih sulit untuk terobati (resistan), atau memperburuk efek samping.

Sangatlah penting untuk mencegah gigitan nyamuk (seperti dengan menggunakan penolak serangga yang tepat, mengenakan pakaian yang menutupi sebagian besar tubuh, berdiamlah di ruangan ber-AC atau menggunakan kelambu, menggunakan semprotan pembunuh serangga). Belilah obat nyamuk sebelum bepergian. Penolak serangga yang paling efektif mengandung Diethyltoluamide (DEET). Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk merekomendasikan obat nyamuk dengan kekuatan yang untuk Anda/anak Anda.

Tidak ada terapi obat yang benar-benar efektif dalam mencegah malaria. Oleh karena itu, segera cari bantuan medis jika Anda memiliki gejala malaria (seperti demam, menggigil, sakit kepala, gejala seperti flu lainnya), terutama saat berada di daerah yang rawan malaria dan bahkan setelah menghabiskan resep ini. Pengobatan yang cepat dari infeksi malaria diperlukan untuk mencegah hasil yang serius, dan mungkin fatal.

Bila menggunakan fosfat primaquine untuk pengobatan infeksi, beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda tetap tidak ada perubahan atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan primaquine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap.Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis primaquine untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa Biasa Untuk Malaria

Rekomendasi Pabrik:
Obat radikal Plasmodium malaria vivax: 15 mg dasar (26,3 mg garam) per oral sekali sehari selama 14 hari

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit:
Obat radikal P vivax atau P ovale malaria: 30 mg dasar (52,6 garam mg) Per oral sekali sehari selama 14 hari
Rejimen Alternatif: 45 mg dasar (78,9 mg garam) per oral sekali seminggu selama 8 minggu

 

Dosis Dewasa biasa untuk Malaria Profilaksis

Rekomendasi Pabrik:
Pencegahan kekambuhan malaria P vivax: 15 mg dasar (26,3 garam mg) per oral sekali sehari selama 14 hari

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit:
Profilaksis primer: 30 mg dasar (52,6 mg garam) per oral sekali sehari
Terminal profilaksis (dugaan terapi anti relaps) untuk P vivax atau malaria P ovale: 30 mg dasar (52,6 garam mg) per oral sekali sehari selama 14 hari

 

Dosis Dewasa biasa untuk Pneumocystis Pneumonia
(Tidak disetujui oleh FDA)

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk pasien yang terinfeksi HIV: 15 sampai 30 mg dasar (26,3-52,6 garam mg) per oral sekali sehari dengan clindamycin
Durasi terapi: 21 hari

Bagaimana dosis primaquine untuk anak-anak?

Dosis Anak-Anak biasa untuk Malaria
(Tidak disetujui oleh FDA)

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit:
Penyembuhan radikal P vivax atau malaria P ovale: 0,5 mg/base kg (0,88 mg/garam kg) secara oral sekali sehari selama 14 hari
Dosis maksimum: 30 mg dasar/hari.

 

Dosis Anak-anak biasa untuk Malaria Profilaksis
(Tidak disetujui oleh FDA)

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit

Profilaksis primer: 0,5 mg/dasar kg (0,88 mg/garam kg) secara oral sekali sehari

Dosis maksimum: 30 mg dasar/hari

Terminal profilaksis (dugaan terapi anti relaps) untuk P vivax atau malaria P ovale: 0,5 mg/base kg (0,88 mg/garam kg) secara oral sekali sehari selama 14 hari

Dosis maksimum: 30 mg dasar/hari

 

Dosis Anak-anak biasa untuk Pneumocystis Pneumonia
(Tidak disetujui oleh FDA)

Rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit

Bayi dan anak-anak yang terkena HIV dan terinfeksi HIV: 0,3 mg/kg dasar (0,526 mg/garam kg) secara oral sekali sehari dengan klindamisin

Dosis maksimum: 30 mg dasar/hari

Remaja yang terinfeksi HIV: 15 sampai 30 mg dasar (26,3-52,6 garam mg) per oral sekali sehari dengan klindamisin
Durasi terapi: 21 hari

Dalam dosis apakah primaquine tersedia?

Tablet 26.3 mg (=dasar 15 mg)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena primaquine?

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini.Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan primaquine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu.Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Anak-anak harus menghindari bepergian ke daerah yang terjangkit malaria, kecuali mereka mengonsumsi obat antimalaria yang efektif seperti primaquine.

Lansia

Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus untuk pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja dengan cara yang sama yang mereka lakukan pada orang dewasa yang lebih muda atau jika mereka menyebabkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua. Tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan primaquine pada orang tua dengan digunakan dalam kelompok usia lainnya.

Apakah primaquine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan primaquine?

Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini. Dokter Anda mungkin akan memutuskan untuk tidak memberikan Anda obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang Anda konsumsi.

  • Aurothioglucose
  • Levomethadyl

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan primaquine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan primaquine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • riwayat keluarga atau pribadi untuk penyakit favism atau anemia hemolitik
  • defisiensi glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD)
  • defisiensi Nicotinamide adenine dinucleotide (NADH) reduktase methemoglobin — Pasien dengan salah satu masalah medis ini dan mengonsumsi primaquine mungkin memiliki kesempatan peningkatan efek samping yang dapat mempengaruhi darah.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan