Pregabalin obat apa?

Oleh

Nama Generik: Pregabalin Merek: Aprion, Glinov, Leptica, Lyrica, PGB dan Provelyn.

Penggunaan

Untuk apa Pregabalin?

Pregabalin adalah obat dengan fungsi untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh kerusakan saraf akibat diabetes atau infeksi herpes zoster. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati nyeri saraf yang disebabkan oleh cedera tulang belakang. Obat ini juga digunakan untuk mengobati rasa sakit pada orang dengan fibromyalgia.

Obat ini juga digunakan dengan obat lain untuk mengobati jenis kejang tertentu (kejang onset parsial).

Dosis pregabalin dan efek samping pregabalin akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Pregabalin?

Konsumsi obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya 2 sampai 3 kali sehari dengan atau tanpa makanan. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, fungsi ginjal, dan respon terhadap pengobatan.

Jika Anda menggunakan obat ini dalam bentuk cair, hati-hati mengukur dosis menggunakan alat pengukur / sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar.

Untuk mengurangi risiko efek samping (seperti pusing dan mengantuk), dokter mungkin mengarahkan Anda untuk memulai obat ini pada dosis yang rendah dan secara bertahap meningkatkan dosis Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang paling baik. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Obat ini bekerja dengan baik bila jumlah obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu gunakan Pregabalin secara teratur sepanjang hari dan malam.

Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa kondisi (seperti kejang) dapat menjadi lebih buruk ketika penggunaan obat ini dihentikan. Selain itu, Anda mungkin mengalami gejala seperti sulit tidur, mual, sakit kepala dan diare. Untuk mencegah gejala-gejala ini saat Anda menghentikan pengobatan dengan obat ini, dokter dapat mengurangi dosis secara bertahap. Laporkan segera jika ada gejala baru atau gejala memburuk.

Seiring dengan manfaatnya, obat ini sangat jarang menyebabkan perilaku kecanduan. Risiko ini dapat ditingkatkan jika Anda telah menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan di masa lalu. Ambil obat ini persis seperti yang ditentukan untuk mengurangi risiko kecanduan.

Beritahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Pregabalin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Pregabalin untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Diabetes Neuropati

Dosis awal: 50 mg 3 kali sehari

Dosis maksimum yang dianjurkan adalah 100 mg 3 kali sehari pada pasien dengan pembersihan kreatinin minimal 60 mL / menit.

Dosis dapat ditingkatkan sampai 100 mg 3 kali sehari dalam waktu 1 minggu berdasarkan tingkat kemanjuran dan tolerabilitas.

Dosis Dewasa Biasa untuk Postherpetic Neuralgia

Dosis awal: 75 mg 2 kali sehari atau 50 mg 3 kali sehari pada pasien dengan pembersihan kreatinin minimal 60 mL / menit

Dosis dapat ditingkatkan sampai 100 mg 3 kali sehari dalam waktu 1 minggu berdasarkan tingkat kemanjuran dan tolerabilitas.

Dosis maksimum: Pasien yang tidak mengalami reaksi pemulihan pada nyeri pada 2 sampai 4 minggu pengobatan dengan 300 mg / hari dan yang mampu mentolerir Pregabalin, dapat diobati dengan Pregabalin lebih dari 300 mg 2 kali sehari atau 200 mg 3 kali sehari. Karena efek samping tergantung pada dosis dan tingkat yang lebih tinggi dari penghentian pengobatan karena terjadinya efek samping, dosis di atas 300 mg / hari diberikan hanya untuk pasien-pasien yang memiliki sakit yang berkelanjutan dan dapat mentoleransi 300 mg setiap hari.

Dosis Dewasa Biasa untuk Epilepsi

Dosis awal: 75 mg 2 kali sehari atau 50 mg 3 kali sehari

Dosis 150 mg sampai 600 mg / hari telah terbukti efektif sebagai terapi tambahan dalam pengobatan kejang onset parsial. Dosis harian total harus dibagi dan diberikan 2 atau 3 kali sehari.

Dosis maksimum: Berdasarkan respon pasien dan tolerabilitas, dosis dapat ditingkatkan sampai maksimum 600 mg / hari.

Khasiat tambahan Pregabalin pada pasien yang memakai gabapentin belum dievaluasi dalam uji coba. Oleh karena itu, dosis rekomendasi untuk penggunaan Pregabalin dengan gabapentin tidak dapat ditawarkan.

Dosis Dewasa biasa untuk Fibromyalgia

Dosis awal: 75 mg dua kali sehari (150 mg / hari)

Dosis dapat ditingkatkan sampai 150 mg dua kali sehari (300 mg / hari) dalam waktu satu minggu berdasarkan kemanjuran dan tolerabilitas.

Pasien yang tidak mengalami reaksi pemulihan yang cukup dengan 300 mg / hari dapat meningkatkan dosis menjadi 225 mg dua kali sehari (450 mg / hari).

Dosis yang dianjurkan: 300-450 mg / hari

Meskipun Pregabalin telah diteliti pada penggunaan 600 mg / hari, tidak ada bukti bahwa dosis ini memberikan manfaat tambahan dan apakah dosis ini dapat ditoleransi dengan baik. Mengingat efek samping yang tergantung dosis, pengobatan dengan dosis di atas 450 mg / hari tidak dianjurkan.

Dosis Dewasa Biasa untuk Nyeri Saraf

Untuk nyeri neuropatik yang berhubungan dengan cedera tulang belakang:

Dosis awal: 75 mg 2 kali sehari

Dosis dapat ditingkatkan sampai 150 mg 2 kali sehari dalam waktu 1 minggu berdasarkan kemanjuran dan tolerabilitas.

Dosis 150 mg sampai 600 mg / hari telah terbukti efektif sebagai terapi tambahan dalam pengobatan nyeri neuropatik yang berhubungan dengan cedera tulang belakang. Dosis harian total harus dibagi.

Dosis maksimum: Pasien yang tidak mengalami reaksi pemulihan pada nyeri pada 2 sampai 3 minggu pengobatan dengan 150 mg 2 kali sehari dan yang mampu mentolerir Pregabalin, dapat diobati dengan Pregabalin lebih dari 300 mg 2 kali sehari . Karena Pregabalin dihilangkan terutama oleh ekskresi ginjal, dosis harus disesuaikan pada pasien dengan penurunan fungsi ginjal.

Bagaimana dosis Pregabalin untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis apakah Pregabalin tersedia?

Kapsul: 25 mg; 50 mg; 75 mg; 100 mg; 150 mg; 200 mg; 225 mg; 300 mg

Larutan, oral: 20 mg / mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Pregabalin?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan.

Laporkan setiap adanya gejala baru atau gejala yang memburuk ke dokter Anda, seperti: perubahan suasana hati atau perilaku, kecemasan, serangan panik, kesulitan tidur, atau jika Anda merasa impulsif, mudah marah, gelisah, mudah tersinggung, agresif, gelisah, hiperaktif (mental atau fisik), lebih depresi, atau memiliki pikiran tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Hentikan menggunakan Pregabalin dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Nyeri otot, kelemahan, atau nyeri (terutama jika Anda juga memiliki demam dan merasa lelah);
  • Masalah penglihatan;
  • Mudah memar atau perdarahan; atau
  • Bengkak di tangan atau kaki, berat badan yang cepat naik.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • Pusing, mengantuk;
  • Kehilangan keseimbangan atau koordinasi;
  • Masalah dengan ingatan atau konsentrasi;
  • Pembengkakan payudara;
  • Tremor; atau
  • Mulut kering, sembelit

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Pregabalin?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat, risiko minum obat harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beritahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Juga beritahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis lain dari alergi, seperti untuk makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca label atau bahan obat dengan hati-hati.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek Pregabalin dalam populasi anak. Keamanan dan kemanjuran belum dipastikan.

Lansia

Studi yang tepat dilakukan untuk saat ini belum menunjukkan masalah spesifik pada orang tua yang dapat membatasi kegunaan Pregabalin pada orang tua. Namun, pasien usia lanjut lebih mungkin untuk memiliki efek yang tidak diinginkan (misalnya, pusing, penglihatan kabur, kebingungan, atau kejanggalan), dan masalah ginjal yang berhubungan dengan usia, yang mungkin memerlukan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima Pregabalin.

Apakah Pregabalin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Studi pada wanita menunjukkan bahwa obat ini menimbulkan risiko yang minimal untuk bayi bila digunakan selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Pregabalin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Ketorolac
  • Orlistat

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Pregabalin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Pregabalin?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • Angioedema, adanya riawayat penyakit atau
  • Gagal jantung bawaan yang dapat menyebabkan efek samping menjadi lebih buruk
  • Perubahan perilaku, riwayat perubahan perilaku atau
  • Gangguan perdarahan atau
  • Depresi, riwayat depresi atau
  • Edema (retensi cairan) atau
  • Masalah irama jantung (misalnya, interval PR berkepanjangan) atau
  • Trombositopenia (trombosit rendah dalam darah)– Gunakan dengan hati-hati. mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Penyakit ginjal– Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena pembersihan obat dari tubuh yang lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca