Nama Generik: Pramlintide Merek: Apa itu pramlintide?.

Kegunaan

Apa fungsi Pramlintide?

Pramlintide adalah injeksi subkutan yang digunakan bersamaan dengan mealtime insulin (insulin yang disuntikkan tepat pada waktu sebelum makan) untuk mengontrol kadar gula darah pada pasien dengan diabetes, baik pasien diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Obat ini hanya digunakan untuk merawat pasien yang gula darahnya tetap tak terkontrol meski sudah menggunakan insulin ataupun obat oral. Pramlintide membantu insulin yang telah digunakan terlebih dahulu dan obat-obatan untuk dapat mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

Obat ini termasuk ke dalam kelas pengobatan antihiperglikemik. Cara kerjanya adalah dengan memperlambat pergerakan makanan selama proses pencernaan. Obat ini mencegah meningkatnya gula darah menjadi terlalu tinggi setelah makan dan dapat menurunkan selera makan serta menyebabkan turunnya berat badan.

Sekalipun digunakan dengan cara injeksi, obat ini bukanlah pengganti insulin. Namun, penggunaan obat ini dapat membantu menurunkan jumlah kebutuhan insulin Anda.

Aturan pakai Pramlintide

Suntiklah obat ini pada lapisan subkutan di area paha atau abdomen (area perut) setiap sebelum makan. Jangan gunakan obat ini jika kadar gula darah Anda terlalu rendah, jika berencana makan lebih sedikit (kurang dari 250 kalori atau 30 gram karbohidrat), atau berniat melewatkan makan.

Cairan dalam suntikan prefilled lebih kuat dibandingkan cairan yang yang diletakkan dalam botol vial. Pramlintide merupakan obat generik yang tersedia dalam beberapa mereka. Jangan mengganti merek produk tanpa anjuran dari dokter Anda. Konsultasikan dan berlatihlah dengan dokter atau perawat yang merawat Anda mengenai pengambilan dosis obat ini beserta cara menyuntiknya. Selalu gunakan jarum suntik baru untuk setiap injeksi.

Jika Anda menyimpan obat ini di dalam kulkas, samakan suhunya agar menjadi suhu ruangan terlebih dahulu sebelum disuntikkan ke dalam tubuh Anda. Perhatikan pula keadaan cairan obat ini sebelum melakukan injeksi. Periksalah warna atau kemungkinan adanya partikel lain. Jangan gunakan obat ini apabila telah berubah warna atau terdapat partikel asing. Bersihkan area injeksi dengan menggunakan alkohol dan tunggulah sampai kering sebelum Anda melakukan penyuntikkan.

Sangat penting mengganti lokasi suntik untuk menghindari terjadinya masalah di bawah kulit. Jangan mencampur obat ini dengan insulin dalam satu pena suntik yang sama. Anda bisa menggunakan area yang sama untuk menyuntik insulin dan Pramlintide, namun jangan gunakan titik injeksi yang sama atau persis bersebelahan. Suntiklah Pramlintide setidaknya 5 cm dari titik injeksi insulin.

Dosis yang diberikan sudah mempertimbangkan kondisi kesehatan, obat-obatan yang sedang digunakan, dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan. Untuk mengurangi risiko mual, dokter Anda mungkin akan memulai dengan dosis rendah terlebih dahulu, baru meningkatkannya secara bertahap. Jangan mengubah dosis tanpa berdiskusi dengan dokter Anda.

Cara penyimpanan Pramlintide

Simpan pena injeksi Pramlintide yang belum dibuka di dalam lemari es dan lindungi dari paparan cahaya, jangan membekukan pena injeksi pada suhu 2-8 derajat Celcius. Buang pena injeksi yang sudah beku atau terlalu panas. Untuk pena Pramlintide yang sudah digunakan, simpan di dalam lemari es atau pada suhu ruang dan gunakan dalam waktu 30 hari dalam suhu tidak lebih dari 30 derajat Celcius.

Dosis

Informasi yang diberikan berikut ini bukanlah pengganti nasihat medis. Selalu konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum mulai melakukan pengobatan.

Pasien dengan diabetes tipe 1

Dosis yang dianjurkan adalah 0,015 mg. Suntikkan tepat sebelum jadwal makan besar

Pasien dengan diabetes tipe 2

Dosis yang dianjurkan adalah 0,06 mg. Suntikkan tepat sebelum jadwal makan besar.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin disebabkan oleh penggunaan Pramlintide?

Pramlintide dapat menimbulkan efek samping. Hubungi dokter Anda jika mendapati gejala berikut yang tak kunjung sembuh:

  • Kemerahan, bengkak, ruam, dan gatal pada titik injeksi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri pada perut
  • Pusing
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Nyeri sendi

Obat ini dapat menyebabkan efek samping lain yang tidak tercantum dalam daftar. Hubungi dokter Anda jika menemukan masalah yang tidak umum ketika menjalani pengobatan dengan obat ini.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi Pramlintide?

  • Beri tahu dokter Anda jika memiliki riwayat alergi obat ini, obat-obatan lain, metacresol, atau komposisi lain yang berada dalam pena injeksi obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda hamil, berencana hamil, atau menyusui.
  • Jika Anda berencana melakukan operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter gigi Anda tentang penggunaan Pramlintide.

Peringatan Penting

Pramlintide dapat meningkatkan risiko terjadinya penurunan gula darah yang cukup ekstrem jika digunakan bersamaan dengan insulin, terutama bagi pasien dengan diabetes tipe 1. Reaksi ini biasanya terjadi dalam tiga jam setelah injeksi. Dokter Anda mungkin akan menurunkan dosis insulin Anda pada saat menggunakan Pramlintide pada awal pengobatan.

 

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Pramlintide?

Informasikan kepada dokter atau apoteker mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi atau akan dikonsumsi, baik yang resep/nonresep dan obat herbal, terutama obat diabetes seperti Acarbose, antihistamin, Atropine, antidepresan, obat tertentu untuk asma, diare, penyakit paru-paru, penyakit kejiwaan, buang air berlebih, obat parkinson, kram perut; konsumsi Laxatives atau obat pencahar, juga obat untuk darah tinggi.

Beberapa obat mungkin tidak dapat bekerja dengan baik jika dikonsumsi bersamaan dengan Pramlintide. Jika Anda mengonsumsi pil kontrasepsi, obat penghilang nyeri, atau antibiotik, konsumsilah satu jam sebelum atau dua jam setelah melakukan injeksi.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, lewatkan dosis tersebut dan lanjutkan jadwal Anda seperti yang sudah ditentukan sebelumnya. Jangan menggandakan dosis.

Direview tanggal: Oktober 4, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 4, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan