Plicamycin Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Plicamycin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Plicamycin digunakan?

Plicamycin adalah obat untuk pengobatan kanker (antineoplastic). Plicamycin menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel di dalam tubuh.

Plicamycin berguna untuk mengobati kanker testis serta kelebihan kalsium dalam darah (hypercalcemia) dan dalam urin (hypercalciuria) yang berhubungan dengan beragam bentuk kanker dalam tahap lanjut.

Plicamycin mungkin juga digunakan untuk tujuan selain yang tercantum dalam pedoman pengobatan ini.

Bagaimana aturan pakai obat Plicamycin?

Plicamycin hanya boleh diberikan di bawah pengawasan penyedia layanan kesehatan yang berpengalaman dalam menggunakan agen kemoterapi kanker.

Dokter akan menentukan jumlah dan frekuensi pengobatan dengan plicamycin yang tepat tergantung jenis kanker yang sedang diobati dan faktor-faktor lainnya. Bicarakan dengan dokter apabila ingin bertanya tentang jadwal pengobatan. Dokter mungkin akan menyuruh Anda menjalani tes darah dan penilaian medis lainnya secara teratur selama pengobatan dengan plicamycin untuk mengawasi perkembangan dan efek samping.

Penyedia layanan kesehatan akan menyediakan cladribine sesuai dengan arahan produsen obat. Jika Anda menyimpan cladribine, ikuti petunjuk yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan.

Bagaimana cara menyimpan Plicamycin?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Plicamycin?

Sebelum menggunakan obat ini, pertimbangkan risiko dan manfaatnya. Ini adalah keputusan yang dibuat oleh Anda dan dokter Anda. Untuk Plicamycin, hal-hal di bawah ini harus dipertimbangkan:

Plicamycin adalah obat yang sangat kuat. Selain efek yang bermanfaat dalam mengobati gangguan medis, obat ini memiliki efek samping yang bisa sangat serius. Sebelum menerima obat ini, pastikan Anda telah membahas manfaat obat dengan dokter.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau alergi terhadap Plicamycin atau obat-obatan lain. Selain itu, beri tahu penyedia layanan kesehatan profesional bila Anda memiliki jenis alergi lainnya, misalnya makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk tanpa resep, bacalah label atau bahan kemasan dengan hati-hati.

Anak

Studi pada obat ini belum dilakukan pada anak-anak; namun, pliamycin dapat menyebabkan efek samping serius pada semua pasien. Karena itulah, Anda terutama harus berdiskusi dengan dokter anak mengenai manfaat dan risiko obat ini.

Lansia

Banyak obat belum dipelajari khususnya pada lansia. Karena itulah, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja sama seperti pada orang dewasa muda atau apakah mereka menyebabkan efek samping atau masalah berbeda pada lansia. Tidak ada informasi khusus yang membandingkan manfaat Plicamycin pada lansia dengan manfaat pada kelompok umur lain.

Apakah obat Plicamycin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X (kontraindikasi).

Menyusui

Tidak ada studi memadai pada wanita untuk menentukan risiko pada bayi saat sedang menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat melawan potensi risiko sebelum menggunakan obat ini selagi menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Plicamycin yang mungkin terjadi?

Bersama dengan efek yang dibutuhkan, obat mungkin menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Walaupun tidak semua efek samping ini mungkin terjadi, jika memang muncul, perhatian medis mungkin dibutuhkan.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Plicamycin?

Menggunakan obat ini dengan obat-obatan di bawah ini tidak disarankan. Dokter mungkin memutuskan tidak mengobati Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat yang Anda gunakan.

  • Vaksin rotavirus, hidup

Menggunakan obat ini dengan obat-obatan di bawah ini biasanya tidak disarankan, tapi mungkin dibutuhkan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter mungkin mengubah dosis atau lama Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Vaksin adenovirus tipe 4, hidup
  • Vaksin adenovirus tipe 7, hidup
  • Vaksin Bacillus Calmette dan guerin, hidup
  • Vaksin virus influenza, hidup
  • Vaksin virus campak, hidup
  • Vaksin virus gondok, hidup
  • Vaksin virus rubella, hidup
  • Vaksin cacar air
  • Vaksin tifus
  • Vaksin virus varicella
  • Vaksin demam kuning

Menggunakan obat ini dengan obat-obatan di bawah ini mungkin meningkatkan risiko efek samping, tapi menggunakan kedua obat mungkin merupakan pengobatan terbaik bagi Anda. Jika kedua obat diresepkan bersama, dokter mungkin mengubah dosis atau lama Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Plicamycin?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Plicamycin?

Adanya gangguan medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lainnya, terutama:

  • Masalah pendarahan — penggunaan plicamycin mungkin meningkatkan risiko pendarahan.
  • Penyakit darah
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati — penggunaan plicamycin mungkin memperparah kondisi.
  • Cacar air (termasuk paparan baru-baru ini)
  • Herpes zoster (shingle) — penggunaan plicamycin mungkin membuat reaksi terhadap salah satu kondisi ini semakin memburuk.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Plicamycin untuk dewasa?

Dosis dewasa untuk kanker testis

Untuk pengobatan pasien dengan tumor ganas pada testis rawat inap yang dipilih dengan hati-hati yang tidak mungkin disembuhkan dengan operasi dan/atau radiasi: 25-30 mcg (0,025-0,030 mg) per kilogram berat badan. Terapi harus dilanjutkan pada periode 8-10 hari jika tidak terjadi efek samping atau keracunan signifikan selama terapi. Serangkaian terapi yang terdiri dari lebih dari 10 dosis harian tidak disarankan. Dosis harian individual tidak boleh melampaui 30 mcg (0,030 mg) per kilogram berat badan.

Pada pasien dengan tumor responsif, beberapa tingkat berkurangnya tumor biasanya terlihat dalam 3-4 minggu setelah rangkaianterapi awal, rangkaianterapi tambahan pada interval bulanan terjamin. Ketika tumor berkurang secara drastis, rangkaian terapi tambahan disarankan agar diberikan pada interval bulanan sampai tumor menghilang sepenuhnya atau sampai tumor semakin berkembang atau munculnya tumor baru sekalipun rangkaian terapi tetap dilanjutkan.

Dosis biasa orang dewasa untuk hypercalcemia

Dalam hypercalcemia yang berhubungan dengan perkembangan tumor ganas, dosis obat yang disarankan adalah 25 mcg (0,025 mg) per kilogram berat badan per hari selama 3-4 hari.

Jika hypercalcemia belum berkurang selama rangkaian terapi awal, rangkaian terapi tambahan mungkin diberikan pada interval 1 minggu atau lebih untuk mencapai hasil yang diinginkan atau untuk mempertahankan ekskresi kalsium serum dan kalsium urin pada level normal. Keseimbangan kalsium normal mungkin bisa dipertahankan dengan dosis tunggal per minggu atau dengan jadwal 2-3 dosis per minggu.

Dosis biasa orang dewasa untuk hypercalciuria

Dalam hypercalcemia yang berhubungan dengan perkembangan tumor ganas, dosis obat yang disarankan adalah 25 mcg (0,025 mg) per kilogram berat badan per hari selama 3-4 hari.

Jika hypercalcemia belum berkurang selama rangkaian terapi awal, rangkaian terapi tambahan mungkin diberikan pada interval 1 minggu atau lebih untuk mencapai hasil yang diinginkan atau untuk mempertahankan ekskresi kalsium serum dan kalsium urin pada level normal. Keseimbangan kalsium normal mungkin bisa dipertahankan dengan dosis tunggal per minggu atau dengan jadwal 2-3 dosis per minggu.

Berapa dosis obat Plicamycin untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum dipastikan pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Plicamycin tersedia?

Mithracin (plicamycin) tersedia dalam botol kecil sebagai persiapan freeze-dry untuk pemberian intravena. Setiap botol mengandung 2500 mcg (2,5 mg) Mithracin (plicamycin) dengan 100 mg mannitol dan fosfat disodium secukupnya untuk menyesuaikan diri terhadap pH 7.

Untuk mengencerkan, tambahkan 4,9 mL air steril untuk suntikan secara aseptik pada isi botol dan kocok botol untuk melarutkannya. Setiap mL larutan kemudian akan mengandung 500 mcg (0,5 mg) Mithracin (plicamycin).

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 12, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca