Piperacillin Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Piperacillin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Piperacillin digunakan?

Piperacillin adalah obat untuk mengobati infeksi bakteri serius. Piperacillin mungkin juga berguna  untuk mencegah infeksi selama operasi.

Piperacillin adalah agen antibakteri. Obat ini bekerja dengan menghambat pertumbuhan dinding sel bakteri, dan membunuh bakteri.

Bagaimana aturan pakai obat Piperacillin?

Gunakan piperacillin sesuai dengan arahan dokter. Periksalah label pada obat untuk instruksi dosis yang tepat.

Piperacillin biasanya diberikan sebagai suntikan di kantor dokter, rumah sakit, atau klinik. Jika Anda akan menggunakan piperacillin di rumah, penyedia layanan kesehatan akan mengajarkan Anda cara menggunakannya. Pastikan Anda mengerti cara menggunakan piperacillin. Ikuti prosedur yang diajarkan saat Anda menggunakan dosis. Hubungi penyedia layanan kesehatan jika ingin bertanya.

Jangan menggunakan piperacillin bila mengandung partikel, buram atau berubah warna, atau botol retak atau pecah.

Jauhkan produk ini, serta alat suntik dan jarum, dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan kembali menggunakan jarum, alat suntik, atau bahan-bahan lainnya. Tanyakan penyedia layanan kesehatan cara membuang bahan ini setelah penggunaan. Ikuti semua peraturan lokal untuk membuang produk.

Jika Anda melewatkan dosis piperacillin, gunakan segera. Jika hampir waktunya untuk dosis berikutnya, lupakan dosis yang terlewatkan dan kembali ke jadwal dosis biasanya. Jangan menggunakan 2 dosis sekali waktu.

Tanyakan penyedia layanan kesehatan tentang cara menggunakan piperacillin.

Bagaimana cara menyimpan Piperacillin?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Piperacillin?

Beberapa kondisi medis mungkin berinteraksi dengan piperacillin. Beri tahu dokter atau apoteker apabila Anda mengalami kondisi medis, terutama jika Anda:

  • Hamil, berencana hamil, atau menyusui
  • Sedang minum obat resep atau tanpa resep, produk herbal, atau suplemen tambahan
  • Alergi obat, makanan, atau zat-zat lainnya
  • Menderita cystic fibrosis, radang pencernaan, masalah pendarahan, gagal jantung kongestif, atau gangguan ginjal
  • Cuci darah, atau memiliki riwayat diare atau gangguan pencernaan parah karena antibiotik
  • Menjalani diet rendah garam atau memiliki kadar kalium yang rendah di dalam darah

Apakah obat Piperacillin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (A = tanpa risiko, B = tanpa risiko dalam beberapa studi, C = mungkin ada beberapa risiko, D = bukti positif risiko, X = kontraindikasi, N = tidak diketahui).

Menyusui

Piperacillin ditemukan dalam ASI. Jika Anda sedang atau akan menyusui saat Anda menggunakan piperacillin, periksakan ke dokter. Diskusikan kemungkinan risiko pada bayi.

Efek Samping

Apa efek samping Piperacillin yang mungkin terjadi?

Semua obat mungkin menyebabkan efek samping, tapi banyak orang tidak atau sedikit mengalami efek samping. Periksakan ke dokter apabila efek samping paling umum di bawah ini tidak kunjung membaik atau mengganggu:

  • Diare
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Feses berair
  • Mual
  • Sakit, bengkak, atau merah pada area suntikan
  • Lelah
  • Muntah

Carilah pertolongan medis secepatnya apabila efek samping berat ini muncul: Reaksi alergi parah (ruam; bintik-bintik; gatal-gatal; sulit bernapas; sesak napas; bengkak pada bibir, wajah, bibir, atau lidah); kotoran berdarah; betis nyeri atau lunak; lebih sedikit buang air kecil; demam, menggigil atau radang tenggorokan; radang di area suntikan; otot lemas berkepanjangan; kulit merah, bengkak, atau melepuh; kejang; diare, muntah, atau sakit perut parah; memar atau pendarahan tidak biasa; lelah atau lemas tidak biasa; vagina gatal atau mengeluarkan cairan; pembuluh vena meradang atau lunak; mata atau kulit kuning.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Piperacillin?

Beberapa obat mungkin berinteraksi dengan Piperacillin. Beri tahu penyedia layanan kesehatan apabila Anda sedang minum obat-obatan lainnya, terutama di bawah ini:

  • Aminoglycoside (misalnya tobramycin) atau kontrasepsi oral (pil kontrol kelahiran) karena kemanjuran mungkin berkurang oleh piperacillin
  • Antikoagulan (misalnya warfarin) karena kemanjuran mungkin berkurang atau risiko efek samping mungkin berkurang oleh piperacillin
  • Kemoterapi atau diuretik (misalnya furosemide, hydrochlorothiazide) karena risiko efek samping, seperti rendahnya kadar kalium dalam darah, mungkin meningkat
  • Heparin, methotrexate, atau perileks otot nondepolarisasi (misanya vecuronium) karena aksi dan risiko efek samping mungkin meningkat oleh piperacillin
  • Tetracycline (misalnya doxycycline) karena mungkin mengurangi kemanjuran piperacillin.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Piperacillin?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Piperacillin?

Adanya gangguan medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lainnya.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Piperacillin untuk dewasa?

Dewasa

IM/IV 3-4 g setiap 4-6 jam (maksimal 24 g/hari).

Infeksi serius (misalnya septicimia, nosocomial pneumonia, intra-abdominal, aerobic dan anaerobic gynecologic, jaringan kulit dan lunak)

Dewasa dan anak-anak lebih dari 12 tahun IV 12-18 g/hari (200-300 mg/kg/hari) dalam dosis terpisah setiap 4-6 jam (dosis harian maksimal 24 g/hari).

Dewasa dan anak-anak lebih dari 12 tahun

UTI komplikasi

IV 8-16 g/hari (125-200 mg/kg/hari) dalam dosis terpisah setiap 6-8 jam.

UTI non-komplikasi dan pneumonia umum

IM/IV 6-8 g/hari (100-125 mg/kg/hari) dalam dosis terpisah setiap 6-12 jam.

Wasir non-komplikasi

IM 2 g sebagai dosis sekali waktu; berikan 1 g probenecid 30 menit sebelum suntikan.

Pencegahan

Dewasa dan anak-anak lebih dari 12 tahun

Operasi intra-abdominal

IV 2 g tepat sebelum operasi, 2 g selama operasi, dan 2 g setiap 6 jam setelah operasi selama tidak lebih dari 24 jam.

Hysterectomy vagina

IV 2 g tepat sebelum operasi, 2 g 6 jam kemudian, 2 g 12 jam setelah dosis pertama.

Operasi Cesar

IV 2 g setelah tali pusar terjepit, 2 g 4 jam kemudian, 2 g 8 jam setelah dosis pertama.

Hysterectomy abdomen

IV 2 g tepat sebelum operasi, 2 g kembali ke ruang pemulihan, 2 g 6 jam kemudian.

Berapa dosis obat Piperacillin untuk anak-anak?

Dosis pada pasien anak-anak kurang dari 12 tahun belum dipelajari dalam percobaan klinis yang memadai dan terkendali dengan baik.

Dalam dosis dan sediaan apa Piperacillin tersedia?

Suntikan: 2 g, 3 g, 4 g

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca