Piperacillin + Tazobactam obat apa?

Oleh

Nama Generik: Piperacillin + Tazobactam Merek: Pybactam dan Tazocin.

Penggunaan

Untuk apa piperacillin + tazobactam?

Piperacillin dan Tazobactam adalah antibiotik penisilin yang melawan bakteri dalam tubuh.

Piperacillin dan Tazobactam adalah obat kombinasi yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi berbeda yang disebabkan oleh bakteri, seperti infeksi saluran kemih, infeksi tulang dan sendi, infeksi vagina yang berat, infeksi lambung, infeksi kulit, dan pneumonia.

Obat ini kadang-kadang diberikan bersamaan dengan antibiotik lainnya.

Piperacillin dan Tazobactam juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara penggunaan piperacillin + tazobactam?

Piperacillin dan Tazobactam disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus. Anda mungkin akan diberi tahu tentang bagaimana untuk menggunakan infus di rumah. Jangan menyuntikkan obat ini sendiri jika Anda tidak mengerti bagaimana cara memberikan suntikan dan mengatur dengan benar jarum yang digunakan, tabung infus, serta barang lain yang digunakan untuk menyuntikkan obat tersebut.

Piperacillin dan Tazobactam biasanya diberikan selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada infeksi yang ditangani. Ikuti semua petunjuk pada label resep Anda. Jangan menggunakan obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan.

Piperacillin dan Tazobactam harus dicampur dengan cairan (pengencer) sebelum menggunakannya. Jika Anda menggunakan suntikan di rumah, pastikan Anda memahami bagaimana mencampur dan menyimpan obat dengan benar.

Siapkan dosis hanya saat Anda siap untuk memberikan suntikan. Jangan gunakan obat ini jika obat sudah berubah warna atau memiliki partikel di dalamnya. Hubungi apoteker Anda untuk obat yang baru.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk jangka panjang, Anda mungkin membutuhkan tes medis yang sering dari dokter Anda.

Gunakan jarum suntik hanya untuk pemakaian satu kali, kemudian buanglah dalam wadah khusus untuk tusukan (tanyakan kepada apoteker Anda di mana Anda bisa mendapatkannya dan bagaimana membuangnya). Simpan wadah ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Gunakan obat ini untuk panjang seperti yang ditentukan. Gejala Anda mungkin dapat meningkat sebelum infeksi benar-benar dibersihkan. Melewatkan dosis juga dapat meningkatkan risiko infeksi lebih lanjut yang resisten terhadap antibiotik. Piperacillin dan Tazobactam tidak akan mengobati infeksi virus seperti demam atau flu biasa.

Obat ini dapat menyebabkan hasil yang tidak biasa pada tes medis tertentu. Katakan pada dokter yang merawat Anda bahwa Anda menggunakan Piperacillin dan tazobactam.

Simpanlah obat yang belum dicampur dengan pengencer cair pada suhu kamar yang sejuk.

Obat yang sudah tercampur dalam kantong infus harus digunakan dalam waktu 24 jam jika Anda menyimpannya pada suhu kamar.

Campuran obat di pompa infus harus digunakan dalam waktu 12 jam jika Anda menyimpannya pada suhu kamar.

Obat campuran dalam kantong infus juga dapat disimpan dalam lemari es hingga 7 hari. Jangan dibekukan. Buanglah setiap campuran yang tidak terpakai yang belum digunakan pada waktu tersebut.

Bagaimana cara penyimpanan piperacillin + tazobactam?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap.Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.   

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis piperacillin + tazobactam untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Infeksi Intraabdomen:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi; setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti sesuai dengan mikrobiologi sensitivitas data.

Pada infeksi berat, tingkat piperacillin yang segera ditarik sebelum dosis ke 4 atau 5 dapat membantu. Tingkat serum piperacillin lebih besar dari 16 mcg / mL dapat dikaitkan dengan peningkatan efektivitas.

Dosis Dewasa biasa untuk Peritonitis:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.

Dosis Dewasa biasa untuk infeksi kulit atau jaringan lunak:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi

Dosis Dewasa biasa untuk Endometritis:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g IVinfus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: Terapi parenteral harus dilanjutkan selama minimal 24 jam setelah pasien tetap mengalami demam, bebas rasa sakit, dan jumlah leukosit telah dinormalisasi. Terapi doksisiklin selama 14 hari sangat dianjurkan jika infeksi klamidia terjangkit pula pada pasien postpartum akhir (menyusui harus dihentikan).

Dosis Dewasa biasa untuk Penyakit Radang Panggul:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi
Jika pasien tidak hamil, terapi doksisiklin oral selama 14 hari harus dipertimbangkan untuk mengobati kemungkinan infeksi klamidia pada saat yang bersamaan. Pasangan pasien juga harus diperiksa.

Dosis Dewasa biasa untuk Radang Paru-Paru:

Orang-orang yang terjangkit radang-paru (tingkat sedang): 3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan

Durasi: selama 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi

Dosis Dewasa biasa untuk Radang Paru-Paru Nosokomial:

Sedang sampai berat: 4,5 g infus setiap 6 jam.

Durasi: selama 7 sampai 14 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi.

Pengobatan empiris awal dengan cakupan spektrum yang luas sesuai dengan antibiogram dan / atau UGD rumah sakit sangat dianjurkan jika organisme resisten telah ditemukan.

Jika organisme penyebabnya bukanlah aeruginosa pseudomonas, durasi pengobatan harus sesingkat mungkin (misalnya, hanya selama 7 hari) untuk mengurangi risiko superinfeksi dengan organisme yang resisten.

Dosis Dewasa biasa untuk Aspirasi Pneumonia:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: Terapi parenteral harus dilanjutkan sampai kondisi klinis pasien stabil dan demam mereda. Terapi antibiotik oral mungkin diganti nantinya sesuai dengan data sensitivitas mikrobiologi. Terapi infeksi pleuropulmonary anaerob yang didokumentasikan harus dilanjutkan sampai yang merembes dibersihkan, atau bentuk bekas luka residual, kadang-kadang selama 2 sampai 4 bulan.

 

Dosis Dewasa biasa untuk Bakteremia:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: untuk sekitar 14 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi; setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti sesuai dengan mikrobiologi sensitivitas data.

Pada infeksi berat, tingkat piperacillin merata (segera ditarik sebelum dosis ke 4 atau 5) dapat membantu. Tingkat serum piperacillin melebihi 16 mcg / mL dapat meningkatan efektivitas.

Dosis Dewasa biasa untuk Infeksi Leher Dalam:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi; setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti sesuai dengan mikrobiologi sensitivitas data.

Dosis Dewasa biasa untuk demam Neutropenia:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: Terapi harus dilanjutkan selama sekitar 14 hari, atau sampai terapi yang lebih spesifik dapat diganti untuk infeksi yang terbukti, atau sampai pasien tidak lagi demam selama 24 jam setelah jumlah neutrofil absolut lebih besar dari 500 / mm3. Total durasi terapi tergantung pada sifat dan keparahan infeksi. Setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti menurut data sensitivitas mikrobiologi.

Pada infeksi berat, tingkat piperacillin merata (segera ditarik sebelum dosis ke 4 atau 5 dapat membantu. Tingkat serum piperacillin yang lebih besar dari 16 mcg / ml dapat meningkatan efektivitas.

Dosis Dewasa biasa untuk Infeksi Sendi:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: Terapi harus dilanjutkan selama sekitar 3 sampai 4 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi. Terapi yang lebih lama, 6 minggu atau lebih, mungkin diperlukan untuk infeksi sendi prostetik. Selain itu, biasanya pembersihan prosthesis yang terlibat diperlukan.

Dosis Dewasa biasa untuk Osteomielitis:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: Terapi harus dilanjutkan selama sekitar 4 sampai 6 minggu, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi. Osteomyelitis kronis mungkin memerlukan terapi antibiotik oral tambahan, mungkin sampai 6 bulan. Pembedahan debridement pada tulang yang terdevitalisasi sangatlah penting untuk pengelolaan osteomyelitis.

Dosis Dewasa biasa untuk Pielonefritis:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: untuk sekitar 14 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi; setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti sesuai dengan mikrobiologi sensitivitas data.

Dosis Dewasa biasa untuk Infeksi Saluran Kemih:

3,375 g infus setiap 6 jam; 4,5 g infus setiap 8 jam juga telah digunakan.

Durasi: selama kurang lebih 7 sampai 10 hari, tergantung pada sifat dan keparahan infeksi; setelah pasien stabil dan mampu mentolerir obat oral, terapi antibiotik oral dapat diganti sesuai dengan mikrobiologi sensitivitas data.

Bagaimana dosis piperacillin + tazobactam untuk anak-anak?

Dosis Anak biasa untuk Peritonitis:
2 sampai 9 bulan: 80 mg / kg (komponen piperacillin) infus setiap 8 jam
9 bulan atau lebih:
40 kg atau kurang: 100 mg / kg (komponen piperacillin) infus setiap 8 jam
Lebih besar dari 40 kg: 3,375 g infus setiap 6 jam

Dosis Anak-Anak biasa untuk Radang Usus Buntu:
2 sampai 9 bulan: 80 mg / kg (komponen piperacillin) infus setiap 8 jam
9 bulan atau lebih:
40 kg atau kurang: 100 mg / kg (komponen piperacillin) infus setiap 8 jam
Lebih besar dari 40 kg: 3,375 g infus setiap 6 jam

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena piperacillin + tazobactam?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda  jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • diare yang berair atau berdarah
  • kulit pucat atau menguning, urin berwarna gelap, demam, kebingungan atau melemah
  • perasaan pusing atau sesak napas, denyut jantung cepat, kesulitan berkonsentrasi
  • mudah memar, perdarahan yang tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • mulut kering, rasa haus meningkat, kebingungan, peningkatan buang air kecil, otot nyeri atau lemah, detak jantung cepat, merasa pusing, pingsan
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu
  • bercak putih atau luka di dalam mulut atau bibir Anda atau
    kejang-kejang

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • mual, muntah, sakit perut atau kesal
  • sembelit, diare ringan
  • sakit kepala, pusing, agitasi
  • pilek
  • cemas, masalah tidur (insomnia)
  • ruam kulit atau gatal-gatal
  • nyeri, bengkak, atau iritasi lainnya di bagian yang disuntik atau
  • gatal atau adanya cairan pada vagina

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan piperacillin + tazobactam?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu.Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Penelitian yang memadai sampai saat ini belum menunjukkan masalah yang berkaitan dengan anak-anak yang akan membatasi kegunaan Piperacillin dan Tazobactam kombinasi pada anak-anak. Namun, keamanan dan kemanjuran obat ini belum ditentukan bagi anak-anak muda dari usia 2 bulan.

Lansia

Penelitian yang memadai sampai saat ini belum menunjukkan masalah geriatri khusus yang akan membatasi kegunaan Piperacillin dan kombinasi Tazobactam pada orang tua. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk memiliki masalah pada liver, ginjal, atau jantung yang berhubungan dengan usia mereka, yang mungkin memerlukan penyesuaian dosis untuk pasien yang menerima Piperacillin dan Tazobactam kombinasi.

Apakah piperacillin + tazobactam aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Menyusui

Penelitian pada wanita menunjukkan bahwa obat ini hanya memiliki sedikit risiko pada bayi ketika digunakan selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan piperacillin + tazobactam?

Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini. Dokter Anda mungkin akan memutuskan untuk tidak memberikan Anda obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang Anda konsumsi.

  • Acrivastine
  • Bupropion
  • Chlortetracycline
  • Demeclocycline
  • Doxycycline
  • Lymecycline
  • Meclocycline
  • Methacycline
  • Methotrexate
  • Minocycline
  • Oxytetracycline
  • Rolitetracycline
  • Tetracycline
  • Vecuronium
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan piperacillin + tazobactam?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan piperacillin + tazobactam?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • masalah perdarahan
  • gagal jantung kongestif
  • diare
  • penyakit jantung
  • hipokalemia (kalium rendah dalam darah)
  • gagal ginjal – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi Anda menjadi lebih buruk
  • cystic fibrosis (kelainan genetik) – Risiko untuk demam dan ruam kulit pada pasien dengan kondisi ini dapat meningkat
  • penyakit ginjal – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena pembersihan obat dalam tubuh melambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca