Physostigmine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Physostigmine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa physostigmine?

Physostigmine digunakan untuk mengobati gejala anticholinergic; efek yang mengancam nyawa seperti delirium, gelisah, halusinasi, kejang, dan tachycardia. Efek anticholindergin ini mungkin disebabkan oleh tingkat racun pada obat tertentu. Obat ini termasuk antihistamines, anti-Parkinson dan antimuscarinics. Obat ini mungkin dapat mengobati beberapa tipe glaukoma. Obat ini tergolong dalam dua kelas obat: penangkal racun, dan agen antiglaukoma.

Obat ini mungkin dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit Alzheimer.

Bagaimana cara penggunaan physostigmine?

Ikuti aturan yang diberikan dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Gunakan salep mata physostigmine sesuai instruksi dokter. Jika Anda tidak mengerti instruksi yang diberikan, tanya dokter, apoteker, atau suster Anda.

Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan salep.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan lensa kontak sebelum menggunakan salep. Tanya dokter Anda jika lensa kontak dapat digunakan setelah menggunakan obat.

Untuk menggunakan salep:

Pegang tube di tangan Anda selama beberapa menit untuk menghangatkannya sehingga salep dapat keluar dengan mudah. Miringkan kepala Anda ke belakang sedikit dan oleskan secara hati-hati di kelopak mata bagian bawah. Tutup mata Anda dan putar mata Anda ke semua bagian selama 1-2 menit. Jika Anda menggunakan obat mata lainnya, tunggu setidaknya 10 menit sebelum mengoleskannya.

Jangan biarkan tube yang telah dibuka menyentuh benda apapun termasuk mata atau tangan. Tube yang terbuka harus steril. Jika terkontaminasi, dapat menyebabkan infeksi pada mata.

Bagaimana cara penyimpanan physostigmine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merk lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis physostigmine untuk orang dewasa?

Efek reversal Anticholinergic

IV

Awal, 0.5-2 mg; dosis dapat diulang setiap 20 menit hingga respon atau efek cholinergic yang berlawanan terjadi, berikan 1-4 mg, jika dibutuhkan, pada interval (biasanya 30-60 menit) selama tanda-tanda yang mengancam jiwa (seperti aritmia, kejang, koma) terjadi.

Untuk membalikkan efek obat anticholinergic atropine atau scopolamine prenaesthetic, berikan dosis 2 kali dari obat anticholinergic, berdasarkan berat badan.

IM

Awal, 0.5-2 mg; dosis dapat diulang setiap 20 menit hingga respon atau efek cholinergic yang berlawanan terjadi, berikan 1-4 mg, jika dibutuhkan, pada interval (biasanya 30-60 menit) selama tanda-tanda yang mengancam jiwa (seperti aritmia, kejang, koma) terjadi.

Untuk membalikkan efek obat anticholinergic atropine atau scopolamine prenaesthetic, berikan dosis 2 kali dari obat anticholinergic, bedasarkan berat badan.

Penyakit Alzheimer

Oral

Biasanya diberikan pada dosis awal 0.5 mg diberikan setiap 2 jam, 6-7 kali sehari hingga efek yang diinginkan tercapai, melawan efek yang tidak diinginkan, atau dosis maksimum per hari 16 mg tercapai.

Dosis 2-2.5 mg setiap 2 jam 6-7 kali sehari biasanya juga digunakan.

Bagaimana dosis physostigmine untuk anak-anak?

Efek membalikkan anticholinergic

IV

Awal, 0.02 mg/kg, jika tidak ada respon, ulangi dosis selama 5-10 menit hingga terjadi respon, efek mengurangi efek cholinergic terjadi, atau total dosis 2 mg telah diberikan. Secara alternatif, 0.03 mg/kg atau 0.9 mg/m2, jika dibutuhkan.

IM

Awal, 0.02 mg/kg, jika tidak ada respon, ulangi dosis selama 5-10 menit hingga terjadi respon, efek mengurangi efek cholinergic terjadi, atau total dosis 2 mg telah diberikan. Secara alternatif, 0.03 mg/kg atau 0.9 mg/m2, jika dibutuhkan.

Dalam dosis apakah physostigmine tersedia?

Physostigmine tersedia dalam dosis sebagai berikut:

Obat cair, injeksi: 1 mg/mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena physostigmine?

Tidak semua orang mengalami efek samping. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan physostigmine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Studi lebih lanjut mengenai hubungan antara umur dan efek dari physostigmine pada anak belum ditemukan. Keamanan dan efisien dari obat belum ditentukan.

Lansia

Belum ada studi mengenai penggunaan obat ini pada lansia dengan masalah umur yang dapat membatasi kegunaan physostigmine pada orang tua. Meskipun belum ada informasi spesifik mengenai perbandingan penggunaan physostigmine pada orang dewasa dengan kelompok umur lain, kemungkinan terjadinya efek samping lain atau masalah pada orang yang lebih tua dibandingkan orang yang lebih muda sepertinya tidak terjadi.

Apakah physostigmine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam resiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan physostigmine?

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Acrivastine
  • Bupropion

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya. Namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengkonsumsi obat-obatan tersebut

  • Succinylcholine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan physostigmine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengkonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan physostigmine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beritahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama masalah/penyakit mata—penggunaan physostigmine dapat memperburuk kondisi ini.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Dalam keadaan darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca