Novolog: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dan Lain-Lain?

Oleh

Nama Generik: Novolog Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Apa itu Novolog?

Novolog adalah obat yang jika digunakan bersamaan dengan program diet dan olahraga yang tepat dapat membantu kontrol gula darah pada pasien dengan diabetes. Obat ini merupakan insulin buatan yang menyerupai insulin alami manusia dan memiliki peran yang sama dengan insulin alami manusia. Penggunaan obat ini berfungsi menggantikan peran insulin yang tak mampu diproduksi lagi pada penderita diabetes.

Mengontrol kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes dapat membantu mereka terhindar dari kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, risiko amputasi, dan masalah fungsi seksual. Manajemen diabetes yang baik juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke pada diabetesi (orang dengan diabetes).

Novolog adalah insulin kerja cepat atau lebih dikenal dengan sebutan fast acting insulin. Insulin aspart yang terkandung dalam Novolog mulai bekerja pada 15 menit setelah injeksi dan mencapai puncak masa kerjanya pada satu jam. Novolog kemudian akan terus bekerja dalam tubuh hingga 2 – 4 jam setelah penyuntikan.

Karena sifatnya yang menggantikan peran insulin, Novolog bekerja dengan menahan sel-sel tubuh agar glukosa dalam darah dapat masuk sehingga bisa dipecah menjadi energi. Novolog biasanya dikombinasikan dengan long acting insulin atau intermediate acting insulin.

Novolog dapat diberikan kepada orang dengan diabetes melitus baik tipe satu maupun tipe dua. Novolog juga dapat digunakan untuk membantu kontrol gula darah pada pasien anak-anak dengan diabetes tipe satu yang telah berusia minimal dua tahun. Novolog tidak diperuntukkan bagi anak-anak dengan diabetes tipe dua, usia berapa pun.

Bagaimana aturan pakai Novolog?

Bacalah petunjuk penggunaan Novolog dengan saksama sebelum menggunakannya. Pastikan Anda telah mendapatkan informasi yang jelas dari dokter atau apoteker Anda. Jangan menggunakan obat ini dalam dosis yang melebihi atau kurang dari yang dianjurkan. Jangan mengonsumsi obat ini lebih lama dari yang direkomendasikan.

Novolog merupakan obat injeksi yang digunakan sebelum makan. Penyuntikan dapat dilakukan pada jaringan subkutan dan saluran pembuluh darah. Namun, Anda tidak dapat melakukan penyuntikan Novolog ke pembuluh darah secara mandiri karena hal ini hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis. Penyuntikan secara mandiri dapat dilakukan melalui jaringan subkutan.

Area injeksi insulin Novolog bisa dilakukan di jaringan subkutan area perut, paha, bokong , atau lengan. Pastikan bahwa jaringan yang akan menjadi titik suntik memiliki jaringan lemak yang cukup. Keberadaan jaringan lemak ditandai dengan tekstur yang lebih lunak. Jangan menyuntikkan obat ini langsung ke pembuluh darah atau otot secara mandiri untuk mencegah risiko hipoglikemia.

Sebelum melakukan penyuntikkan, pastikan bahwa cairan insulin dalam botol yang Anda gunakan dalam keadaan baik. Pastikan cairan insulin bebas dari partikel asing dan tidak berubah warna. Jangan menggunakannya apabila telah berubah warna.

Bersihkan area yang akan disuntik setiap kali akan melakukan injeksi dengan tisu beralkohol. Biarkan area tersebut mengering sebelum injeksi dilakukan. Jangan menyuntik di tempat yang sama dua kali berturut-turut untuk mencegah terjadinya efek samping pada titik injeksi, seperti lipodistrofi. Jangan menyuntikkan Novolog dalam keadaan dingin karena akan terasa sangat menyakitkan.

Setelah menggunakan Novolog, pastikan Anda akan makan dalam dalam 5 – 10 menit, mengingat Novolog adalah insulin kerja cepat. Merek lain dari insulin aspart mungkin memiliki batas waktu yang berbeda antara saat suntik dan saat makan. Pastikan Anda membaca petunjuk dari dokter Anda dengan benar.

Jika Anda menggunakan pena injeksi, pastikan hanya mengenakan pena injeksi bawaan Novolog. Jangan menggantinya dengan pena injeksi lainnya. Pastikan untuk selalu menggunakan jarum baru ketika Anda hendak melakukan injeksi.

Jangan mencampur Novolog dengan insulin lain apabila Anda menggunakan pompa insulin. Berikan dalam dua injeksi yang berbeda. Ketika Anda menggunakan pompa insulin, pastikan jarum kateternya diganti setiap tiga hari sekali. Anda juga harus mengganti insulin yang tersimpan dalam wadah insulin apabila sudah melebihi enam hari.

Hanya beberapa merek insulin aspart yang dapat dicampur oleh insulin lainnya, salah satunya adalah Novolog. Novolog adalah fast acting insulin yang penggunaannya dapat dikombinasikan dengan insulin yang memiliki masa kerja lebih panjang. Namun jangan menampurnya pada pompa insulin.

Jika Anda menggunakan alat suntik insulin untuk memberikan campuran insulin ini, pastikan Anda memindahkan insulin aspart terlebih dahulu, baru diikuti dengan insulin yang memiliki masa kerja lebih panjang. Perhatikan merek insulin aspart Anda sebelum mencampurnya.

Jangan berbagi alat suntik dengan orang lain, sekalipun Anda telah mengganti jarumnya. Berbagi alat suntik dapat meningkatkan risiko penularan penyakit serius, seperti AIDS dan hepatitis dari satu orang ke orang lain.

Dosis yang diberikan telah mempertimbangkan kondisi kesehatan dan respons tubuh Anda terhadap pengobatan. Ukurlah dengan teliti dosis yang harus Anda konsumsi, sebab perubahan dosis meski hanya sedikit dapat berdampak besar pada kadar gula darah dalam tubuh. Jangan mengubah dosis atau menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Untuk memudahkan Anda mengingat, lakukan injeksi pada jam yang sama setiap harinya. Segera hubungi dokter Anda jika kondisi tidak kunjung membaik atau bahkan memburuk. Anda mungkin membutuhkan penyesuaian dosis atau mengganti pengobatan.

Aturan menyimpan Novolog

Bacalah petunjuk penyimpanan yang terlampir dalam kemasan obat Anda. Selain Novolog, insulin aspart juga mungkin tersedia dalam merek yang berbeda. Merek yang berbeda mungkin membutuhkan tata cara penyimpanan yang berbeda pula.

Simpan insulin ini dalam wadah yang terlindung dari panas dan cahaya langsung. Jangan menyimpannya di kamar mandi. Anda dapat menyimpan obat ini di lemari pendingin tetapi jangan membekukannya. Buanglah insulin yang sudah membeku sekalipun telah kembali cair. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Menyimpan Novolog yang belum dibuka

  • Anda dapat menyimpannya di dalam lemari pendingin bersuhu 2 – 8 derajat Celcius dan dapat menggunakannya sebelum masa berlakunya habis, atau
  • Anda dapat menyimpannya pada suhu ruang dan gunakan dalam 28 hari

Menyimpan Novolog yang sudah dibuka

  • Simpan botol kecil (vial) Novolog di lemari pendingin atau suhu ruang dan gunakan dalam waktu 28 hari
  • Simpan pena injeksi pada suhu ruang (jangan menyimpannya di dalam lemari pendingin) dan gunakan dalam 28 hari. Jangan menyimpan pena injeksi dalam keadaan jarum yang terpasang

Jangan membuang produk ini di toilet ataupun saluran pembuangan lainnya kecuali diinstruksikan demikian. Buanglah produk ini dengan aman ketika masa berlakunya telah habis atau tak lagi digunakan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat mengenai cara aman membuang produk ini.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Novolog untuk orang dewasa?

Pasien dengan diabetes tipe 1

  • Dosis umum: 0,2 – 0,6 unit/kg/hari
  • Dosis harian: 0,2 – 0,4 unit/kg/hari
  • Total kebutuhan insulin harian dapat bervariasi, biasanya antara 0,5 – 1 unit/kg/hari
  • Orang yang tidak memiliki obesitas mungkin membutuhkan 0,4 – 0,6 unit/kg/hari
  • Mereka dengan obesitas mungkin membutuhkan 0,6 – 1,2 unit/kg/hari

Pasien dengan diabetes tipe 2

Dosis awal: 10 unit/hari (atau 0,2 unit/kg/hari) pada malam hari atau dalam dosis yang terbagi dua kali sehari.

Bagaimana dosis Novolog untuk anak-anak?

Anak-anak dengan diabetes tipe 1

  • Novolog dapat digunakan untuk anak-anak yang minimal telah berusia dua tahun
  • Anak berusia lebih 2 tahun: mungkin membutuhkan 0,8 – 1,2 unit/kg/hari
  • Dosis yang dianjurkan 0,5 – 1 unit/kg/hari
  • Dosis pemeliharaan pada remaja: maksimal 1,2 unit/kg/hari selama masa percepatan pertumbuhan

Dalam dosis dan sediaan apa saja Novolog tersedia?

Injeksi, Subkutan: 100 unit/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin muncul akibat penggunaan Novolog?

Kemungkinan terjadinya hipoglikemia selalu ada ketika Anda mengonsumsi pengobatan antidiabetes untuk mengontrol kadar gula darah. Kemungkinan ini dapat lebih besar lagi apabila Anda tidak mengonsumsi kalori yang cukup dan melakukan aktivitas berat berlebihan. Ketahuilah gejala-gejala hipoglikemia agar dapat menanganinya dengan tepat, seperti:

  • Kecemasan
  • Pusing
  • Perasaan menjadi lebih sensitif dan perubahan mood
  • Rasa lapar
  • Pandangan kabur
  • Berkeringat
  • Badan gemetar
  • Sakit kepala

Untuk mengatasi hipoglikemia, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, seperti gula pasir, madu, permen, atau minuman soda non-diet. Perlu diingat bahwa hipoglikemia yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kejang dan tidak sadarkan diri, bahkan kematian.

Reaksi pada titik injeksi dapat terjadi, ditandai dengan nyeri, kemerahan, dan  iritasi. Jika kondisi ini tak kunjung sembuh atau memburuk, segera hubungi dokter Anda.

Hubungi dokter Anda, jika mengalami:

  • Penimbunan cairan, yang ditandai dengan penambahan berat badan, bengkak pada kaki atau tangan, napas pendek
  • Kadar kalium rendah (hipokalemia), ditandai dengan kram pada kaki, sembelit, detak jantung tak beraturan, dada berdebar, rasa haus dan buang air kecil terus-menerus, mati rasa atau kesemutan, otot terasa lemah dan merasa lemas.

Beberapa efek samping umum yang muncul akibat penggunaan Novolog adalah:

  • Gatal dan ruam ringan pada kulit
  • Penebalan atau lekukan pada titik injeksi

Reaksi alergi juga mungkin saja terjadi, meski pada banyak kasus hal ini jarang terjadi. Apabila Anda menemukan gejala reaksi alergi, seperti gatal, ruam kemerahan, bengkak pada area wajah/mata/bibir/lidah/tenggorokan, pusing, serta sulit bernapas, segera hubungi dokter.

Ingatlah bahwa dokter Anda meresepkan obat tertentu karena menilai manfaatnya yang lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin muncul. Hampir semua obat memiliki efek samping, namun dalam banyak kasus, jarang yang memerlukan perhatian serius.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap mengenai efek samping yang terjadi. Mungkin saja ada efek samping lain yang belum disebutkan di atas. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai efek samping yang Anda khawatirkan akan terjadi.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Novolog?

  • Beri tahu dokter Anda jika memiliki alergi terhadap insulin aspart, bahan aktif utama dalam Novolog, insulin jenis lain, atau alergi pada obat-obatan lainnya. Informasikan pula jika Anda memiliki alergi tertentu, seperti alergi terhadap tanaman, makanan, atau kondisi tertentu. Insulin ini mungkin saja mengandung bahan lain yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi atau masalah lainnya
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda secara lengkap, baik penyakit yang pernah diderita maupun yang sedang diderita. Beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah ginjal atau hati, hipokalemia, masalah pada kelenjar adrenal/pituitari, dan masalah pada kelenjar tiroid
  • Informasikan kepada dokter Anda apabila mengonsumsi pioglitazone atau rosiglitazone (obat ini kadang berada dalam gabungan obat yang mengandung glimepiride atau metformin). Mengonsumsi diabetes tertentu ketika menggunakan insulin dapat meningkatkan risiko serius terhadap penyakit jantung
  • Jangan menggunakan obat ini apabila kadar gula darah Anda rendah
  • Anda mungkin mengalami gangguan penglihatan, lemas, dan mengantuk akibat perubahan kadar gula darah secara drastis setelah mengonsumsi obat ini. Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti menyetir atau mengoperasikan mesin besar, sebelum Anda mengetahui bagaimana tubuh Anda meresepons insulin ini
  • Jika Anda hendak menjalankan operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi mengenai obat-obatan yang Anda konsumsi, termasuk Novolog
  • Apabila bepergian ke tempat dengan zona waktu berbeda, konsultasikan dengan dokter Anda terkait jadwal injeksi. Bawalah cadangan insulin ketika bepergian
  • Orang tua dan anak-anak mungkin lebih rentan terhadap efek samping berupa hipoglikemia ketika mengonsumsi Novolog
  • Jika Anda berencana atau tengah hamil konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan obat untuk mengontrol kadar gula darah. Penggunaan obat antidiabetes pada ibu hamil hanya diizinkan apabila manfaatnya jauh lebih besar dibandingkan risiko pada janin. Dokter Anda mungkin akan memberikan alternatif pengobatan diabetes lain selama hamil

Apakah Novolog aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang telah dilakukan pada ibu hamil dan menyusui mengenai dampak penggunaan Novolog pada ibu hamil. Namun, studi yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan tidak ada dampak merugikan pada janin. Food and Drugs Administration menyatakan obat ini masuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian).

Insulin aspart dalam Novolog diketahui keluar tubuh melalui ASI. Namun, hal ini diketahui tidak membahayakan bagi bayi menyusui. Meski begitu, belum ada penelitian resmi yang dilakukan pada ibu menyusui. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda menyusui ketika menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Novolog?

Beberapa obat tertentu tidak dapat diresepkan bersamaan karena akan menimbulkan interaksi obat. Interaksi obat menyebabkan salah satu obat tidak bekerja secara maksimal atau dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Meski terdapat interaksi, dokter Anda mungkin saja meresepkan keduanya bersamaan jika memang diperlukan. Dokter Anda akan melakukan penyesuaian dosis atau memberi jeda pada jadwal minum keduanya.

Berikut adalah beberapa obat yang mungkin berinteraksi dengan Novolog, yaitu:

  • ACE inhibitors
  • Antibiotik sulfonamide
  • Aspirin
  • Carvedilol
  • Salisilat
  • Obat diabetes lain, seperti metformin
  • Disopyramide
  • Fibrates
  • Fluoxetine
  • Lisinopril
  • Losartan
  • Reserpine
  • Pramlintide
  • Somatostatin analog
  • Albuterol
  • Clonidine
  • Guanethidine
  • Beta-blockers, seperti metoprolol, propranolol, timolol

Informasikan kepada dokter Anda mengenai seluruh produk yang Anda gunakan, termasuk obat yang diresepkan/non-resep, vitamin, ataupun produk herbal dan sampaikan kepada dokter Anda sebelum mengonsumsi Novolog.

Daftar di atas bukanlah daftar lengkap produk yang mungkin berinteraksi dengan Novolog. Simpan dan informasikan kepada dokter Anda mengenai seluruh obat yang Anda konsumsi untuk mencegah terjadinya interaksi obat.

Kondisi kesehatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Novolog?

  • Penyakit ginjal/lever
  • Hipokalemia
  • Hipoglikemia

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis Novolog?

Jika seseorang mengalami overdosis dan mendapati gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, segera hubungi bantuan darurat medis (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Gejala overdosis juga dapat berupa hipoglikemia yang ditandai dengan badan berkeringat, gemetar, pingsan, dan jantung berdegup cepat. Hipoglikemia yang tak segera ditangani dapat menyebabkan kejang, pingsan, bahkan kematian.

Bagaimana jika saya melupakan jadwal suntik Novolog?

Karena Novolog adalah insulin yang digunakan sebelum makan, Anda mungkin saja tidak menggunakan insulin ini dalam waktu yang sama setiap kalinya. Yang harus diperhatikan adalah pastikan Anda mengonsumsi makanan dalam 5 – 10 menit setelah melakukan injeksi ini. Jangan menggandakan dosis apabila Anda lupa melakukan injeksi sebelumnya. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda lupa melakukan injeksi insulin ini.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Oktober 11, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 11, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca