Mengenal Obat Nesina: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dan Lain-Lain

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Nesina Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Apa itu Nesina?

Nesina merupakan obat oral bagi penderita diabetes dengan bahan aktif utamanya yaitu alogliptin. Penggunaan Nesina yang diimbangi dengan diet sehat dan latihan fisik yang rutin dapat membantu menjaga kadar gula dalam batas normal. Nesina diperuntukkan bagi penderita diabetes tipe 2. Pasien dengan diabetes tipe 1 dan diabetes ketoasidosis tidak menggunakan Nesina sebagai terapi obat-obatan. Pemakaiannya terkadang juga dapat dikombinasikan dengan konsumsi obat diabetes lainnya.

Nesina membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya. Obat ini bekerja dengan cara mengatur jumlah insulin yang dilepaskan oleh pankreas setelah makan. Nesina dapat diminum bersamaan atau tidak bersamaan dengan waktu makan.

Aturan pakai Nesina

Nesina merupakan obat oral yang dikonsumsi satu kali dalam sehari. Untuk memudahkan Anda mengingat minumlah obat ini pada waktu yang sama setiap harinya. Obat ini dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Bacalah petunjuk yang tertera pada kemasan obat dengan saksama dan ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter Anda. Jangan mengurangi, menambahkan dosisnya atau memperpanjang masa konsumsinya tanpa berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda.

Pemantauan kadar gula darah harus rutin dilakukan saat mengonsumsi obat ini untuk mengetahui respons tubuh Anda terhadap pengobatan dengan Nesina. Jika Anda tidak merasakan perbaikan atau bahkan merasa lebih buruk, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan Nesina?

Simpan Nesina pada suhu ruangan (15-30 derajat Celcius) dan jauhkan dari tempat yang lembap, panas, dan terpapar sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimanakah dosis Nesina bagi orang dewasa?

Dosis yang dianjurkan untuk penggunaan Nesina bagi pasien dewasa dengan diabetes tipe 2 adalah 25 mg satu kali sehari. Penggunaan Nesina dapat dikombinasikan dengan obat diabetes lainnya ataupun konsumsi tunggal.

Konsumsi obat ini bersamaan dengan injeksi insulin membutuhkan penyesuaian dosis injeksi untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya hipoglikemia.

Dalam dosis dan sediaan apakah Nesina tersedia?

Tablet, oral: 6.25 mg, 12.5 mg, 25 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin muncul akibat penggunaan Nesina?

Penggunaan Alogliptin (bahan aktif dari Nesina) dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Berhati-hatilah terhadap risiko hipoglikemia atau hiperglikemia. Diskusikan dengan dokter Anda terkait langkah antisipasi yang mungkin diperlukan pada keadaan darurat.

Efek samping lain yang mungkin dibawa akibat konsumsi obat ini adalah gagal jantung, masalah pada hati, dan pankreatitis. Hubungi dokter Anda jika gejala berikut tak kunjung hilang atau sembuh:

  • Sakit pada perut bagian atas yang menjalar sampai ke punggung
  • Mual dan muntah terus-menerus, kehilangan selera makan, dan degup jantung cepat
  • Kelelahan
  • Mata dan kulit yang menguning

Reaksi alergi akibat konsumsi obat ini diketahui jarang terjadi. Segera hubungi dokter Anda jika menemukan reaksi alergi setelah mengonsumsi Nesina, seperti gatal, ruam, kulit memerah, sesak napas, dan bengkak pada bagian wajah, terutama pada mata, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus saya perhatikan sebelum mengonsumsi Nesina?

Beri tahukan seluruh riwayat alergi obat yang Anda miliki, termasuk pada Alogliptin yang merupakan bahan aktif dari Nesina kepada dokter Anda. Informasikan pula mengenai alergi lain yang Anda miliki. Obat ini dapat mengandung bahan campuran lain yang berpotensi menimbulkan alergi.

Obat ini berpotensi menimbulkan masalah pada pankreas terutama jika Anda mengalami masalah pada organ hati sebelumnya. Beri tahukan kepada dokter mengenai riwayat kesehatan yang pernah Anda miliki, termasuk penyakit yang pernah atau sedang diderita.

Informasikan kepada dokter Anda jika memiliki riwayat penyakit jantung. Obat ini memiliki kemungkinan menyebabkan gagal jantung.

Anda mungkin mengalami pandangan kabur, lemas, dan badan gemetar akibat penurunan atau peningkatan gula darah akibat konsumsi obat ini. Untuk itu hindari melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti mengemudi atau mengoperasikan mesin sebelum mengetahui bagaimana respons tubuh Anda terhadap cara kerja obat ini.

Informasikan kepada dokter Anda jika Anda tengah hamil atau berencana hamil dan membutuhkan kontrol gula darah. Penggunaan obat ini pada ibu hamil hanya diberikan apabila manfaatnya terbukti lebih besar daripada risiko yang mungkin dihadapi.

Amankah Nesina bagi ibu hamil dan menyusui?

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko terhadap janin, namun belum ada penelitian terkontrol pada wanita hamil yang menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan). Obat ini juga belum diketahui apakah berpengaruh pada ASI atau tidak bagi ibu menyusui. Oleh FDA, obat ini dikategorikan ke dalam kategori B (tidak berisiko pada beberapa penelitian). Konsultasikan dengan dokter Anda apabila Anda tengah hamil atau menyusui dalam kondisi harus mengontrol gula darah.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Nesina?

Penggunaan beberapa obat secara bersamaan mungkin akan memengaruhi kerja suatu obat pada tubuh Anda dan kemungkinan membawa efek samping serius. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang Anda konsumsi termasuk obat herbal dan obat non-resep. Beberapa obat yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat ini adalah:

  • Benazepril
  • Captopril
  • Chlorpropamide
  • Dulaglutide
  • Glimepiride
  • Glipizide
  • Glyburide
  • Insulin degludec
  • Insulin glulisine
  • Insulin lispro
  • Tolazamide
  • Tolbutamide

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat akibat overdosis?

Salah satu tanda overdosis obat ini adalah kondisi hipoglikemia. Gejalanya berupa badan gemetar, lemas, penglihatan kabur, dan berkeringat. Dalam keadaan darurat karena overdosis, segeralah meminta bantuan darurat medis (119).

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan jadwal minum obat?

Konsumsilah obat ini sesegera mungkin setelah Anda mengingatnya. Namun, jika sudah terlalu dekat dengan jadwal minum selanjutnya, abaikan jadwal yang terlewat dan kembalilah pada jadwal semula. Jangan menggandakan dosis pada satu kali minum obat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 27, 2018 | Terakhir Diedit: September 27, 2018

Yang juga perlu Anda baca