Nedocromil Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Nedocromil Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Nedocromil digunakan?

Nedocromil adalah obat untuk mengatasi peradangan. Obat ini bekerja dengan mencegah pelepasan dari substansi dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Nedocromil hirup digunakan juga untuk mencegah serangan asma dan kondisi lainnya yang menyangkut peradangan dari jaringan paru-paru.

Nedocromil juga digunakan untuk alasan lain yang tidak tercantum dalam artikel ini.

Bagaimana aturan pakai obat Nedocromil?

Nedocromil inhaler digunakan persis seperti yang dianjurkan dokter anda. Bacalah informasi yang disertakan dengan inhaler Anda. Jika Anda tidak mengerti instruksinya, tanyakan pada apoteker, perawat, atau dokter.

Jika Anda juga menggunakan bronchodilator seperti albuterol (Proventil, Ventolin), pirbuterol (Maxair), atau bitolterol (Tornalate), maka gunakan bronchodilatornya terlebih dahulu, kemudian gunakan inhaler nedocromil. Penggunaan obat dengan urutan ini dapat memberikan nedocromil jalan untuk menuju paru-paru anda.

Kocok inhaler beberapa kali kemudian buka tutupnya. Buang nafas. Untuk hasil terbaik, posisikan inhaler 1 hingga 2 inch didepan mulut terbuka atau berikan spacer ke inhaler dan letakkan spacer di mulut anda, diatas lidah melewati gigi. Tarik napas perlahan dan dalam selagi Anda mendorong kalengnya. Tahan napas Anda selama 10 detik, kemudian buang napas perlahan. Jika Anda meletakkan inhaler Anda langsung ke dalam mulut, Anda mungkin tidak akan menerima jumlah obat yang sesuai karena obat akan mendorong kebelakang lidah dana tau tenggorokan. Jika Anda menggunakan inhaler langsung ke mulut, pastikan bahwa letakknya diatas lidah dan melewati gigi.

Jika dosis Anda mengandung lebih dari 1 puff satunya, tunggu hingga setidaknya 1 menit penuh setelah setiap puff, kemudian ulangi prosedurnya.

Sangatlah penting bagi Anda untuk menggunakan inhaler nedocromil secara benar sehingga obatnya sampai hingga paru-paru anda. Dokter Anda mungkin ingin Anda menggunakan spacer untuk inhaler anda. Konsultasikan pada dokter Anda tentang bagaimana penggunaan inhaler yang benar.

Jangan menggunakan obat ini lebih dari dosis yang disarankan untuk anda, tapi gunakanlah secara konsisten, seperti yang dianjurkan, walaupun Anda telah merasa lebih baik. Hal ini akan memakan waktu mungkin 1 minggu atau lebih lama sebelum Anda merasakan khasiat optimal dari obat ini. Konsultasikan pada dokter Anda jika gejala tidak membaik atau jika semakin buruk.

Inhaler nedocromil tidak akan menghentikan serangan gejala ketika itu sudah mulai dan tidak boleh digunakan untuk menangani serangan asma dadakan. Obat ini digunakan untuk mencegah serangan untuk kambuh. Selalu bawa obat lain untuk mengatasi serangan.

Lanjutkan dengan mengkonsumsi obat oral steroid (pil atau cairan) yang dokter Anda sarankan. Inhaler nedocromil bukanlah pengganti dari oral steroid.

Carilah bantuan medis jika Anda menyadari telah menggunakan obat asma lebih banyak dari yang seharusnya dalam periode 24 jam. Peningkatan kebutuhan pengobatan bisa jadi menjadi tanda awal dari serangan asma serius.

Bagaimana cara menyimpan Nedocromil?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Nedocromil?

Sebelum menggunakan Nedocromil,

  • Beri tahu dokter Anda, bahwa Anda memiliki alergi pada Nedocromil atau obat-obatan lainnya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker Anda mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik yang diresepkan oleh dokter atau yang tidak ada resepnya, termasuk vitamin.
  • Beri tahu dokter bila Anda sedang hamil, sedang berencana untuk hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil ketika sedang mengkonsumsi Nedocromil, hubungi dokter Anda.

Apakah obat Nedocromil aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Nedocromil mungkin dapat meresap ke air susu dan dapat melukai bayi yang menyusui. Beri tahu dokter Anda apabila Anda sedang menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Nedocromil yang mungkin terjadi?

Efek samping serius tidak diharapkan dari pengobatan ini.

Efek samping yang tidak terlalu serius lebih mungkin untuk timbul. Lanjutkan konsumsi nedocromil ophthalmic dan bicarakan dengan dokter Anda jika mengalami:

  • Mata panas, pedas, iritasi, gatal, atau merah
  • Mata sensitif pada cahaya
  • Sakit kepala
  • Rasa tidak enak badan
  • Hidung tersumbat

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Ada beberapa efek samping yang tidak terdaftar di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai efek samping, silakan konsultasi pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Nedocromil?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Sebelum mulai menggunakan pengobatan ini, Beri tahu dokter dan apoteker tentang obat lain yang Anda sedang konsumsi untuk mengatasi asma atau kondisi kesehatan lainnya, sehingga obat Anda dapat dimonitor interaksinya.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Nedocromil?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Nedocromil?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Serangan asma – tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Nedocromil untuk dewasa?

Dosis Umum Dewasa untuk Asma – Pemeliharaan

2 inhalasi 4 kali sehari dalam interval sedang.

Berapa dosis obat Nedocromil untuk anak-anak?

Dosis Umum Anak untuk Asma – Pemeliharaan

>=6 tahun:

2 inhalasi 4 kali sehari dalam interval sedang.

Dalam dosis dan sediaan apa Nedocromil tersedia?

Inhalasi Oral: 1.75 mg/meter spray

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Yang juga perlu Anda baca