Naphazoline obat apa?

Oleh

Nama Generik: Naphazoline Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa naphazoline?

Naphazoline adalah dekongestan yang digunakan untuk meredakan kemerahan, bengkak, dan gatal/mata berair karena pilek, alergi, atau iritasi mata (karena asap, berenang, atau memakai lensa kontak). Obat ini dikenal sebagai simpatomimetik (alpha reseptor agonis) yang bekerja di mata untuk mengurangi kongesti.

Beberapa merek tetes mata naphazoline juga mengandung bahan-bahan lainnya. Pelumas (seperti gliserin, hypromellose, atau polyethylene glycol 300) membantu untuk melindungi mata dari iritasi. Seng sulfat, adalah sebuah zat yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi.

Bagaimana cara penggunaan naphazoline?

Sebelum meneteskannya pada mata, cuci tangan  Anda terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, jangan sentuh ujung pipet atau membiarkan pipet menyentuh mata Anda atau permukaan lainnya.

Lepaslah lensa kontak  Anda sebelum meneteskan obat tetes. Tunggu setidaknya selama 10 menit setelah menggunakan obat sebelum mengenakan lensa kontak.

Sebelum menggunakannya, periksalah kemasan produk. Jangan digunakan apabila cairan telah berganti warna menjadi keruh. Gunakan dan arahkan pada mata yang sakit.

Tengadahkan kepala Anda, lihat ke atas, dan tarik kelopak bawah mata Anda. Peganglah pipet di atas mata Anda dan teteskan ke kantung mata. Tutup mata Anda perlahan selama 1 sampai 2 menit. Letakkan satu jari di sudut mata dekat dengan hidung Anda dan tekanlah bagian tersebut dengan lembut. Hal ini dapat mencegah obat untuk mengalir ke luar. Cobalah untuk tidak berkedip atau mengucek mata Anda. Ulangi langkah ini jika dosis Anda lebih dari satu tetes dan jika mata satunya juga perlu diteteskan.

Jangan membilas pipet yang sudah digunakan. Gantilah pipet setelah digunakan.

Jika Anda menggunakan obat mata lainnya (seperti obat tetes atau salep), setidaknya tunggulah selama 5 menit sebelum menggunakan obat yang lain. Gunakan tetes mata sebelum menggunakan salep mata untuk membiarkan tetes mata masuk ke dalam mata.

Menggunakan obat ini secara berlebihan dapat menyebabkan mata merah (hyperemia mengganjal). Beri tahu dokter Anda jika ini terjadi atau jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk setelah 48 jam. Jika Anda mengalami sakit mata/perubahan pada penglihatan Anda atau berpikir Anda memiliki masalah kesehatan yang serius, carilah bantuan medis segera.

Bagaimana cara penyimpanan naphazoline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis naphazoline untuk orang dewasa?

Sakit Hidung
Hidung tersumbat
Dewasa: 1-2 tetes atau semprotan larutan 0.05-0.1% setiap 6 jam.

Sakit Mata
Decongestan Konjungtival
Dewasa: 1-2 tetes larutan 0.1% ke mata setiap 3 – 4 jam atau seperlunya. Atau, 1-2 tetes larutan 0,01-0,03% ke mata hingga 4 kali sehari.

Bagaimana dosis naphazoline untuk anak-anak?

Sakit Hidung
Hidung tersumbat
Anak – anak: ≥12 tahun: 1-2 tetes atau semprot larutan 0.05% setiap 6 jam. Terapi tidak boleh lebih dari 3 hari.

Dalam dosis apakah naphazoline tersedia?

Larutan, Ophthalmic: 1 mg/mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena naphazoline?

Dapatkan bantuan medis darurat jika  Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Hentikan penggunaan Naphazoline ophthalmic dan hubungi dokter jika Anda memiliki:

  • mata merah yang berkelanjutan atau memburuk
  • mata perih
  • perubahan pada penglihatan
  • nyeri pada dada, detak jantung tidak tetap atau terlalu cepat
  • sakit kepala parah, berdengung di telinga Anda, kecemasan, kebingungan, atau merasa sesak napas.

Efek samping umum yang mungkin terjadi:

  • mata tersengat atau terasa terbakar
  • penglihatan kabur, mata berair
  • sakit kepala ringan, pusing, gugup.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada efek samping lain yang tidak terdapat dalam daftar di atas. Jika Anda cemas tentang efek sampingnya, Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan naphazoline?

Sebelum menggunakan Naphazoline,

  • katakan pada dokter atau apoteker bahwa Anda alergi terhadap Naphazoline atau obat-obatan lainnya
  • katakan pada dokter atau apoteker resep obat atau obat bebas apa yang Anda konsumsi, termasuk vitamin
  • katakan pada dokter Anda jika Anda hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda akan segera hamil saat menggunakan Naphazoline, segera hubungi dokter Anda.
  • Jika  Anda memiliki glaukoma sudut sempit, katakan pada dokter Anda.

Apakah naphazoline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah obat ini dapat keluar melalui ASI dan apakah berbahaya jika diminum lewat ASI oleh bayi. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan naphazoline?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

  • antidepresan – amitriptyline, clomipramine, desipramine, desvenlafaxine, doksepin, duloxetine, imipramine, Maprotiline, Milnacipran, nortriptyline, venlafaxine
  • obat ergot – ergotamine, dihydroergotamine, ergonovin, metilergonovin
  • inhibitor MAO – furazolidone, isocarboxazid, linezolid, phenelzine, rasagiline, selegiline, tranylcypromine.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan naphazoline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan naphazoline?

Adanya masalah kesehatan lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan  Anda memberi tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, terutama:

  • diabetes mellitus tipe 2
  • penyakit jantung
  • tekanan darah tinggi
  • tiroid terlalu aktif— menggunakan naphazoline ophthalmic mungkin dapat memperparah keadaan
  • sakit, infeksi, atau luka pada mata – gejala dari kondisi ini mungkin mirip dengan efek samping yang memungkinkan dari naphazoline ophthalmic

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila  Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan mengg Andakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber