Nandrolone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Nandrolone Merek: Deca-Durabolin dan Durabolin.

Penggunaan

Untuk apa nandrolone?

Nandrolone digunakan untuk mengatasi anemia yang disebabkan oleh masalah ginjal. Mungkin dapat berfungsi dengan kondisi lain sesuai  anjuran dari Dokter.

Nandrolone adalah anabolic steroid. Biasanya bekerja untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan dalam tubuh dan telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan darah mengangkut oksigen dengan cara meningkatkan kadar hemoglobin dan ukuran sel darah merah.

Bagaimana cara penggunaan nandrolone?

Gunakan nandrolone sesuai instruksi dokter. Periksa lebel obat untuk mengetahui dosis tepat penggunaannya.

Nandrolone biasanya digunakan sebagai injeksi di ruang kerja dokter, rumah sakit, atau klinik. Jika Anda menggunakan nandrolone di rumah, gunakanlah secara hati-hati dengan mengikuti prosedur injeksi yang telah diajarkan kepada Anda oleh ahli.

Jangan gunakan nandrolone jika obat ini mengandung partikel atau berubah warna, atau jika botol tempat penyimpanan rusak atau retak.

Simpan produk ini, bersama dengan jarum suntik dan jarum jauh dari jangkauan anak-anak, serta jauhkan juga dari hewan peliharaan. Jangan gunakan lagi jarum, jarum suntik, atau material lainnya. Buanglah setelah digunakan dengan benar. Konsultasikan kepada dokter atau apoteker Anda untuk penjelasan pembuangan yang benar.

Bagaimana cara penyimpanan nandrolone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merk lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis nandrolone untuk orang dewasa?

Instramuscular

Sebagai anabolik setelah melegakan penyakit

Orang dewasa: sebagai decanoate: 25-100 mg setiap 3-4 minggu

Intramuscular

Postmenopausal osteoporosis

Orang dewasa: sebagai decanoate: 25-100 mg setiap 3-4 minggu

Intramuscular

Metastatic breast cancer

Orang dewasa: sebagai decanoate: 25-100 mg setiap 3-4 minggu

Intramuscular

Anaemia renal failure kronis

Orang dewasa: sebagai decanoate: 25-100 mg setiap 3-4 minggu

Intramuscular

Anaemia pada pasien yang menjalani kemoterapi

Orang dewasa: sebagai decanoate: 25-100 mg setiap 3-4 minggu

Bagaimana dosis nandrolone untuk anak-anak?

Keamanan dan efektifitas Nandrolone decanoate bagi anak dengan penyebaran kanker payudara (jarang terjadi) belum tersedia. Agen anabolic mungkin dapat mempercepat kematangan epifisis daripada anak normal lainnya, dan efek tersebut dapat berlangsung selama 6 bulan setelah obat berhenti digunakan. Oleh karena itu, terapi harus dimonitor dengan X-Ray selama 6 bulan untuk menghindari reiiko terhadap tinggi badan pasien saat dewasa.

Dalam dosis apakah nandrolone tersedia?

Injeksi atau suntik: 25 mg/mL, 50 mg/mL, 100 mg/mL, 200 mg/mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena nandrolone?

Semua obat mungkin dapat menimbulkan efek samping, tapi banyak orang yang tidak atau sedikit terkena efek samping dari obat-obatan tersebut. Periksalah kepada dokter jika efek samping paling UMUM ini berlangsung terus menerus atau memburuk:

  • pergelangan bengkak; kebotakan; pertumbuhan payudara; perubahan warna kulit; diare; rasa gembira berlebih; penambahan atau pengurangan keinginan seks; mual; kurang tidur; bengkak pada kaki; muntah
  • setelah puber: iritasi saluran kemih; masalah kesuburan; tidak mampu ereksi; testikel bermasalah.

Cari petugas medis jika efek samping SERIUS ini terjadi pada Anda:

  • reaksi alergi (gatal-gatal, kesulitan bernafas, penutupan pada tenggorokan, bengkak pada bibir, wajah, atau lidah); jerawat, terutama pada wanita; perubahan sikap atau emosional; urin bewarna gelap; suara wanita menjadi lebih berat; kesulitan bernafas, terutama ketika berbaring; pembesaran organ seks (clitoris); penambahan jumlah rambut pada wajah atau badan bagi wanita; perubahan menstruasi; rasa sakit, merah, atau bengkak pada area yang disuntik; bengkak atau terasa lembut dibagian perut; area mata dan kulit menguning
  • sebelum pubertas: meningkatnya frekuensi ereksi; penis membesar
  • setelah puberitas: sering mengalami ereksi yang menyakitkan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan nandrolone?

Sebelum Anda menggunakan nandrolone, beri tahukan dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap obat tertentu.

Beri tahukan dokter dan apoteker Anda apa obat yang sedang Anda gunakan, termasuk vitamin.

Beri tahukan dokter Anda jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan, atau menyusui. Jika Anda hamil saat sedang menggunakan Nandrolone, hubungi dokter Anda.

Beri tahukan dokter Anda jika Anda memiliki kanker payudara atau prostat, kanker payudara dengan level kalsium tinggi, atau kerusakan ginjal.

Apakah nandrolone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan resiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam resiko kehamilan kategori  X menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan nandrolone?

Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan resiko efek samping serius. Dalam dokumen ini, tidak semua obat yang dapat berinteraksi disebutkan. Buatlah list mengenai seluruh produk yang Anda gunakan (termasuk resep/nonresep obat dan obat herbal) dan beritahu dokter dan apoteker Anda. Jangan mulai, berhenti, atau mengganti dosis obat tanpa persetujuan dokter.

  • Anti koagulan (seperti warfarin) atau carbamazepine karena dapat meningkatkan efek samping nandrolone

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan nandrolone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada makanan tertentu karena dapat menyebabkan terjadinya interaksi obat. Mengkonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya interaksi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan nandrolone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beritahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • prostat membesar
  • penyakit jantung atau liver
  • diabetes
  • pembengkakkan kaki atau pergelangan kaki
  • level kalsium tinggi pada darah
  • migrain
  • kejang

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca