Nama Generik: Nalmefene Merek: Nalmefene.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Nalmefene digunakan?

Nalmefene adalah obat untuk membalikkan efek dari pengobatan opioid, yang juga disebut narkotik. Efek opioid termasuk pada rasa kantuk, tekanan darah rendah, dan napas perlahan.

Nelmefene digunakan juga untuk mengatasi overdosis narkotik atau situasi lain dimana efek samping dari opioid dapat membahayakan.

Nalmefene juga digunakan untuk alasan lain yang tidak tercantum dalam artikel ini.

Bagaimana aturan pakai obat Nalmefene?

Nalmefene diberikan dengan cara injeksi melalui jarum yang diarahkan langsung ke pembuluh darah atau otot. Anda akan menerima injeksi ini di rumah sakit atau situasi darurat.

Setelah perawatan dengan nalmefene, Anda akan diawasi untuk memastikan bahwa pengobatan sudah efektif dan Anda tidak lagi memiliki efek dari opioid.

Bagaimana cara menyimpan Nalmefene?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Nalmefene?

Sebelum menggunakan Nalmefene,

  • Beri tahu dokter Anda, bahwa Anda memiliki alergi pada Nalmefene atau obat-obatan lainnya.
  • Beri tahu dokter dan apoteker Anda mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik yang diresepkan oleh dokter atau yang tidak ada resepnya, termasuk vitamin.
  • Beri tahu dokter Anda bila Anda sedang hamil, sedang berencana untuk hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil ketika sedang mengonsumsi  Nalmefene, hubungi dokter Anda.

Apakah obat Nalmefene aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  B. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Nalmefene mungkin dapat meresap ke air susu dan dapat melukai bayi yang menyusui. Beritahu dokter Anda apabila Anda sedang menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Nalmefene yang mungkin terjadi?

Jika Anda kecanduan narkotik atau pernah menggunakan obat opioid dalam waktu yang lama, Anda mungkin akan mengalami gejala yang kurang nyaman ketika menerima nalmefene untuk membalikkan efek dari overdosis narkotik.

Segera panggil bantuan kesehatan jika Anda mengalami gejala reaksi alergi: gatal; kesulitan bernapas; pembengkakan wajah, lidah, bibir, atau tenggorokan.

Beritahu perawat Anda segera jika Anda mengalami gejala-gejala ini, beberapa diantaranya mungkin menandakan bahwa Anda harus menerima dosis tambahan dari nalmefene:

  • Rasa kantuk yang luar biasa
  • Napas lemah atau pendek
  • Nyeri dada atau rasa tidak enak di dada
  • Merasa akan pingsan

Efek samping yang tidak terlalu serius termasuk:

  • Mual, muntah, sakit perut
  • Nyeri otot atau sendi
  • Meriang
  • Merasa gugup atau depresi

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Ada beberapa efek samping yang tidak terdaftar di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai efek samping, silakan konsultasi pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Nalmefene?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Nalmefene?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Nalmefene?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Sejarah kecanduan narkotik
  • Penyakit hati
  • Sakit ginjal
  • Sakit jantung (terutama jika Anda mengonsumsi obat penyakit jantung)

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Nalmefene untuk dewasa?

Dosis Umum Dewasa untuk Membalikkan Sedasi Opioid

Dosis awal: 0.25 mcg/kg melalui pembuluh nadi sekali sebagai dosis awal, diikuti dengan 0.25 mcg/kg dosis tambahan pada 2 hingga 5 menit interval hingga proses pembalikkan opioid selesai.

Jika tidak ada respon setelah dosis kumulatif dari 1 mcg/kg yang terdaftar, dosis tambahan tidak akan memberikan efek.

Jika ada alasan dari ketergantungan opioid, dosis awal 0.1 mg/70 kg IV harus didaftarkan. Jika, dalam 2 menit, tidak ada respon balik maka dosis yang dianjurkan harus dilanjutkan.

Jika akses IV tidak tersedia, berikan 1 mg melalui pembuluh nadi atau melalui otot.

Berapa dosis obat Nalmefene untuk anak-anak?

Dosis untuk anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apa Nalmefene tersedia?

Injeksi, Parenteral: 100 mcg/mL, 1 mg/mL.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Karena nalmefene diberikan secukupnya oleh pelayan kesehatan profesional, maka tidak mungkin Anda akan mengalami overdosis dari obat ini.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Pengobatan ini diberikan dalam situasi darurat oleh pelayan kesehatan professional, sehingga Anda tidak akan melewatkan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan