Nama Generik: Nalidixic Acid Merek: Urineg.

Penggunaan

Untuk apa nalidixic acid?

Nalidixic acid umum digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Obat ini tergolong kelas obat antibiotik quinolone. Nalidixic acid bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Antibiotik seperti nalidixic acid tidak akan berpengaruh pada infeksi viral seperti demam dan influenza. Mengonsumsi antibiotik yang tidak diperlukan berisiko semakin rentannya tubuh Anda terhadap infeksi yang kebal terhadap pengobatan antibiotik di kemudian hari. Gunakan obat ini sesuai dengan instruksi dokter Anda.

Bagaimana cara penggunaan nalidixic acid?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Gunakan nalidixic acid seperti yang diarahkan oleh dokter. Periksa label pada obat untuk instruksi dosis yang tepat.

Minum nalidixic acid dengan atau tanpa makanan. Jika sakit perut terjadi, minum dengan makanan untuk mengurangi iritasi lambung.

Jangan mengonsumsi produk yang mengandung magnesium (misalnya, quinapril, ddI, vitamin), aluminium, kalsium, sukralfat, besi, atau suplemen zinc dalam waktu 2 sampai 3 jam dari mengonsumsi nalidixic acid. Obat-obatan di atas akan terikat dengan nalidixic acid dan mencegah penyerapan obat.

Minum segelas penuh air setiap kali dosisnya. Minum beberapa gelas tambahan air setiap hari, kecuali diarahkan sebaliknya oleh dokter Anda. Jangan minum produk berkafein saat mengonsumsi nalidixic acid.

Konsumsi obat ini sampai habis sesuai masa konsumsi yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Tetap mengonsumsi bahkan jika Anda merasa sudah lebih sehat dalam beberapa hari.

Tanyakan dokter Anda setiap pertanyaan yang Anda miliki tentang bagaimana menggunakan nalidixic acid.

Bagaimana cara penyimpanan nalidixic acid?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

 

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis nalidixic acid untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk infeksi saluran kandung kemih bagian bawah, nonkomplikasi

Dewasa: 1 g 4 kali/hari selama 1-2 minggu.

Terapi jangka panjang: kurangi dosis harian hingga 2 g.

Dosis umum untuk dewasa dengan shigellosis
Dewasa: 1 g 4 kali/hari selama 5 hari.

Bagaimana dosis nalidixic acid untuk anak-anak?

Dosis umum anak untuk infeksi saluran kandung kemih bagian bawah, nonkomplikasi

 

Anak:

> 3 bulan: 50 mg/kg/hari dalam 4 dosis yang terbagi.

Terapi jangka panjang: Kurangi dosis harian hingga 30 mg/kg/hari.

Profilaksis: 15 mg / kg.

Dosis umum anak untuk Shigellosis
Anak:

≥3 bulan: 15 mg/kg 4 kali sehari, selama 5 hari.

Dalam dosis apakah nalidixic acid tersedia?

Nalidixic Acid tersedia dalam dosis-dosis dan bentuk sebagai berikut:
•  Suspensi, Oral: 250 mg/5 mL

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena nalidixic acid?

Semua obat dapat menyebabkan efek samping, tetapi banyak orang yang tidak mengalaminya atau hanya mengalami sedikit efek samping. Periksa dengan dokter jika salah satu efek samping di bawah ini menetap atau semakin parah:
diare; pusing; kantuk; perasaan berputar; sakit kepala; mual; ruam; perut sakit atau ketidaknyamanan; muntah.

Cari pertolongan medis segera jika salah satu efek samping berat terjadi:

Reaksi alergi parah (ruam, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan mulut, wajah, bibir, atau lidah); penglihatan kabur; kesemutan; perubahan penglihatan warna; kejang; penurunan kemampuan untuk merasakan nyeri, suhu, atau posisi tubuh; penglihatan ganda; gatal; mati rasa; rasa sakit; nyeri, kemerahan, atau pembengkakan tendon; melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu; kelelahan.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

 

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan nalidixic acid?

Sebelum minum Nalidixic Acid,

  • hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap asam nalidiksat atau obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker seputar obat resep dan nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang sedang Anda konsumsi atau berencana untuk konsumsi
  • hubungi dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan nalidixic acid, hubungi dokter Anda
  • memiliki penyakit darah porphyria atau riwayat kejang
  • Anda sedang menjalani kemoterapi kanker dengan obat melphalan atau obat-obatan kain yang terkait, atau Anda mengonsumsi antiaritmia untuk detak jantung abnormal (misalnya, quinidine, procainamide, amiodaron, sotalol)

Apakah nalidixic acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan B menurut Food and Drug Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:
• A = tidak ada risiko
• B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
• C = mungkin ada beberapa risiko
• D = bukti positif dari risiko
• X = kontraindikasi
• N = tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan nalidixic acid?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Antikoagulan (misalnya, warfarin), antiaritmia (misalnya, quinidine, procainamide, amiodaron, sotalol), obat-obatan tertentu yang mempengaruhi detak jantung (misalnya, cisapride, eritromisin, amitriptyline), siklosporin, melphalan, atau teofilin karena risiko efek samping dapat meningkat oleh asam nalidiksat.

Probenesid karena keefektivitan nalidixic acid dapat menurun dan risiko efek samping dapat ditingkatkan dengan asam nalidiksat.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan nalidixic acid?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan nalidixic acid?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • penyakit Alzheimer
    • penyakit sistem saraf pusat
    • pengerasan arteri di otak Anda
    • peningkatan tekanan dalam otak Anda
    • masalah hati
    • sensitif terhadap matahari
    • masalah ginjal yang parah
    • riwayat keluarga masalah detak jantung

 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan