Nama Generik: Nalbuphine Merek: Nalbuphine.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Nalbuphine digunakan?

Nalbuphine adalah obat untuk mengatasi rasa sakit sedang hingga parah. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi rasa sakit setelah operasi atau melahirkan.

Nalbuphine termasuk jenis obat nyeri opioid. Opioid biasanya disebut narkotik.

Nalbuphine dapat juga digunakan untuk alasan lain yang tidak tercantum dalam petunjuk pengobatan ini.

Bagaimana aturan pakai obat Nalbuphine?

Nalbuphine disuntikkan ke bawah kulit, kedalam otot, atau ke dalam pembuluh melalui infus. Doter atau tenaga perawat akan memberikan injeksi ini pada Anda.

Nalbuphine biasanya diberikan setiap 3-6 jam tergantung kebutuhan. Dokter mungkin akan mengubah dosis Anda dan memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik.

Beri tahu  dokter Anda apabila obatnya terasa berhenti bekerja untuk menyembuhkan rasa sakit anda.

Anda mungkin memiliki gejala yang akan timbul setelah perawatan berakhir. Tanyakan pada dokter Anda bagaimana menghindari gejala itu ketika Anda berhenti menggunakan nalbuphine.

Bagaimana cara menyimpan Nalbuphine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Nalbuphine?

Sebelum menggunakan Nalbuphine,

  • Beri tahu  dokter Anda, bahwa Anda memiliki alergi pada Nalbuphine atau obat-obatan lainnya yang mengandung sulfites, atau obat lainnya.
  • Beri tahu  dokter dan apoteker Anda mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik yang diresepkan oleh dokter atau yang tidak ada resepnya, terutama antidepresan; obat untuk meriang, batuk, atau alergi; naloxone (Narcan); naltrexone (ReVia); penghilang rasa sakit lainnya; sedatives; obat tidur; tranquilizers; dan vitamin.
  • Beri tahu  dokter Anda apabila Anda pernah atau memiliki kesulitan bernapas, termasuk asma dan penyakit pernapasan lainnya, penyakit hati atau ginjal, peradangan parah, penyakit bowel, atau sejarah ketergantungan obat.
  • Beri tahu  dokter Anda bila Anda sedang hamil, sedang berencana untuk hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil ketika sedang mengkonsumsi Nalbuphine, hubungi dokter Anda.
  • Jika Anda akan menghadapi operasi, termasuk operasi gigi, Beri tahu  dokter atau dokter gigi Anda jika Anda mengkonsumsi Nalbuphine.
  • Anda harus tahu bahwa obat ini akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin hingga Anda tahu bahwa nalbuphine dapat mempengaruhi anda.
  • Ingat bahwa alkohol dapat menambah rasa kantuk yang disebabkan obat ini.

Apakah obat Nalbuphine aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  B. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Nalbuphine mungkin dapat meresap ke air susu dan dapat melukai bayi yang menyusui. Beri tahu  dokter Anda apabila Anda sedang menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Nalbuphine yang mungkin terjadi?

Panggil bantuan kesehatan darurat jika Anda mengalami reaksi alergi: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda saat itu juga jika Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Lemas atau napas pendek
  • Detak jantung cepat atau lambat
  • Meriang, kulit clammy
  • Kebingungan, halusinasi, pemikiran atau perilaku yang tidak biasa
  • Kelemahan parah atau mengantuk
  • Merasa ingin pingsan

Efek samping yang lebih ringan yang dapat muncul, seperti:

  • Merasa gugup atau lelah
  • Depresi
  • Mimpi aneh
  • Sakit perut, nyeri perut
  • Rasa pahit di mulut
  • Kulit gatal atau terasa terbakar, ruam
  • Penglihatan buram, susah berbicara
  • Pusing (panas, kemerahan, atau rasa geli)

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Ada beberapa efek samping yang tidak terdaftar di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tersendiri mengenai efek samping, silakan konsultasi pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Nalbuphine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Penggunaan obat ini disertai dengan obat lain dapat membuat Anda mengantuk atau melambatkan napas Anda sehingga efek sampingnya dapat berbahaya atau mengancam hidup Anda. Beri tahu dokter Anda apabila Anda mengkonsumsi obat tidur, narkotik lainnya untuk obat rasa sakit, pelemas otot, atau obat untuk kecemasan, depresi, atau kejang.

Menggunakan nalbuphine dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik jika Anda masih menggunakan obat lain sejenis. Menggunakan pengobatan narkotik bersamaan juga dapat meningkatkan efek samping dari pengobatan.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Nalbuphine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Nalbuphine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Ketergantungan alkohol, atau sejarah dari ketergantungan alkohol
  • Masalah pernapasan (asma)
  • Ketergantungan obat, terutama narkotik atau dependen, atau sejarah dari ketergantungan – gunakan dengan hati-hati. Dapat meningkatkan resiko efek samping yang lebih serius.
  • Tumor otak
  • Cedera kepala
  • Meningkatkan tekanan di kepala – beberapa efek samping nalbuphine injeksi dapat menyebabkan maslaah serius pada orang yang memiliki masalah kesehatan ini.
  • Bradycardia (detak jantung lambat)
  • Sakit jantung
  • Depresi pernapasan (hypoventilation atau bernapas pelan) – gunakan dengan hati-hati. Dapat menyebabkan kondisi memburuk.
  • Sakit ginjal
  • Sakit hati – gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena lamanya pembersihan obat dari tubuh.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Nalbuphine untuk dewasa?

Dosis Umum Dewasa untuk Rasa Nyeri

10 mg/70 kg terdaftar IV, IM, atau subkutan setiap 3-6 jam seperlunya.

Dosis satuan maksimum: 20 mg

Dosis harian maksimum: 160 mg

Dosis Umum Dewasa untuk Anastesi

Suplemen untuk menyeimbangkan anastesi:

Dosis induksi: 0.3-3 mg/kg IV pada 10-15 menit.

Dosis perawatan: 0.25-0.5 mg/kg IV sekali. Dapat berulang jika diperlukan

Berapa dosis obat Nalbuphine untuk anak-anak?

Dosis Anak untuk Rasa Nyeri

Keamanan dan efektifitas dari nabuphine pada pasien dibawah 18 tahun belum dipastikan. Bagaimanapun, penggunaan nalbuphine mungkin aman untuk beberapa situasi.

>= 1 tahun hingga 18 tahun:

0.1-0.2/kg IM, IV, subkutan setiap 3 hingga 4 jam.

Dosis maksimum satuan: 20 mg

Dosis maksimum harian: 160 mg

Dalam dosis dan sediaan apa Nalbuphine tersedia?

Injeksi: 10 mg/mL, 20 mg/mL.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017