Nama Generik: Nafarelin Merek: Nafarelin.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Nafarelin digunakan?

Nafarelin adalah obat untuk mengobati endometriosis, suatu kondisi pada perempuan di mana jaringan yang biasanya berada di dalam rahim tumbuh di tempat yang salah. Pengobatan ini mengurangi jaringan abnormal dan juga gejala endometriosis (misalnya, nyeri panggul, kram menstruasi yang menyakitkan, dan rasa sakit saat/setelah berhubungan seks).

Obat ini juga digunakan pada anak-anak untuk mengobati pubertas dini jenis tertentu (pubertas prekoks sentral, gonadotropin – dependent). Obat ini membantu untuk memperlambat penuaan tulang dan tingkat pertumbuhan tinggi badan sehingga bisa mendekati normal dan untuk menghentikan atau membalikkan tanda-tanda pubertas dini (misalnya, pertumbuhan payudara pada anak perempuan, pertumbuhan organ seksual pada anak laki-laki).

Nafarelin adalah hormon buatan manusia yang mirip dengan hormon alami yang dibuat oleh tubuh (gonadotropin-melepas hormon-GnRH). Obat ini bekerja dengan cara mengurangi hormon testosterone pada laki-laki dan hormon estrogen pada wanita dan anak perempuan.

Bagaimana aturan pakai obat Nafarelin?

Ikuti petunjuk tentang cara yang benar jika Anda menggunakannya untuk pertama kali.

Tiup lembut hidung Anda sebelum menggunakan obat ini. Untuk anak-anak yang masih kecil, mungkin perlu untuk membersihkan hidung dengan semprotan.

Gunakan obat ini biasanya dua kali sehari (setiap 12 jam) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari 1 semprot pada suatu waktu, tunggu 30 detik antara setiap semprot. Hindari penyemprotan obat ini di mata Anda. Selain itu, hindari bersin selama atau segera setelah menggunakan obat ini karena ini dapat menurunkan jumlah obat yang diserap. Ikuti petunjuk rinci untuk menggunakan semprotan dan membersihkan ujung semprot. Sangat disarankan untuk selalu membersihkan ujung semprotan setiap kali usai digunakan.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi. Lama terapi untuk perempuan dalam pengobatan ini untuk mengobati endometriosis adalah 6 bulan kecuali diarahkan oleh dokter Anda untuk melakukan kurang atau lebih dari durasi umum terapi tersebut. Lama terapi untuk anak-anak yang mengalami pubertas dini tergantung pada saat dokter memutuskan waktu yang tepat untuk melanjutkan pubertas.

Gunakan obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari.

Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui berapa lama setiap botol semprot hidung harus habis. Jangan menggunakan botol semprot hidung lagi, meskipun mungkin masih ada beberapa obat yang tersisa, karena hal tersebut dapat mengakibatkan Anda mendapatkan dosis yang terlalu rendah. Pastikan Anda sudah mendapatkan obat isi ulang beberapa hari lebih awal sehingga Anda tidak akan kehabisan obat.

Jangan meningkatkan dosis atau mengambil obat ini lebih sering daripada yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan lebih cepat mengalami peningkatan, dan bisa jadi malah akan meningkatkan risiko efek samping yang serius. Juga, jangan berhenti menggunakan obat ini tanpa persetujuan dokter Anda.

Jika Anda perlu menggunakan obat semprot hidung dekongestan bersamaan dengan obat ini, gunakan Nafarelin terlebih dulu dan tunggu setidaknya 2 jam setelah Anda menggunakan menggunakan semprot hidung dekongestan.

Ketika Anda pertama kali mulai menggunakan obat ini, gejala bisa memburuk (misalnya, meningkatnya pendarahan vagina pada endometriosis, atau perdarahan vagina/menstruasi, meningkatkan ukuran payudara/rambut kemaluan, kulit berminyak, atau bau badan di pubertas dini). Gejala seperti itu dapat membaik setelah bulan pertama pengobatan. Beri tahu dokter Anda jika gejala memburuk atau bertahan lebih dari 2 bulan.

Bagaimana cara menyimpan Nafarelin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Nafarelin?

Sebelum menggunakan Nafarelin:

  • Beri tahu dokter dan apoteker Anda bila Anda alergi terhadap Nafarelin atau gonadotropin pelepas hormone dan obat-obatan lainnya
  • Beri tahu dokter dan apoteker Anda mengenai obat-obatan (baik yang dari resep dokter maupun yang tanpa resep), vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal apa saja yang sedang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan, khususnya anticonvulsants untuk mengobati kejang atau epilepsi, nasal decongestants, steroids, dan vitamin.
  • Beri tahu dokter Anda bila Anda mengalami atau pernah mengalami osteoporosis atau dalam keluarga Anda ada anggota keluarga yang memiliki riwayat osteoporosis; kista ovarium, tumor rahim, atau kanker rahim; rhinitis kronis (hidung berair); atau riwayat depresi.
  • Beri tahu dokter Anda bila Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang dalam masa menyusui. Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan alat kontrasepsi (pengontrol kelahiran) ketika Anda sedang menggunakan Nafarelin (misalnya seperti, kondom, diaphragm). Bila Anda hamil ketika menggunakan obat ini, segera hubungi dokter Anda.

Apakah obat Nafarelin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori X. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Tidak diketahui apakah Nafarelin masuk ke dalam ASI atau jika itu bisa membahayakan bayi yang disusui. Jangan menyusui saat menggunakan obat ini.

Efek Samping

Apa efek samping Nafarelin yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda bila Anda mengalami efek samping serius, seperti berikut ini:

  • Perdarahan menstruasi yang terus menerus/parah
  • Nyeri panggul atau panggul bengkak
  • Rasa haus meningkat, rasa ingin buang air kecil meningkat
  • Kejang
  • Nyeri dada atau dada terasa berat, nyeri yang terasa hingga lengan atau bahu, mual, berkeringat, secara keseluruhan tubuh terasa sakit
  • Mati rasa atau lemah secara tiba-tiba, sakit kepala parah yang mendadak, masalah pada penglihatan, kemampuan berbicara atau keseimbangan atau
  • Mual, nyeri pada perut bagian atas, gatal, nafsu makan hilang, urine berwarna gelap, feses berwarna seperti tanah liat, penyakit kuning (menguningnya kulit atau mata)

Efek samping kurang serius, mungkin termasuk:

  • Perubahan pada ukuran payudara
  • Kulit berminyak atau jerawat, bau badan meningkat
  • Ketombe
  • Jumlah rambut di kemaluan meningkat
  • Perubahan mood
  • Hidung berair
  • Rasa panas yang tiba-tiba
  • Sakit kepala ringan, nyeri otot
  • Pendarahan menstruasi ringan dan tak teratur
  • Cairan keputihan yang berwarna putih hingga kecoklatan atau
  • Vagina kering atau
  • Perubahan terhadap nafsu seksual

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Nafarelin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Jika hidung Anda sedang tersumbat selama pengobatan Anda dengan Nafarelin, maka tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan decongestant. Jika dokter Anda merekomendasikan semprotan decongestant nasal, jangan gunakan decongestant setidaknya 2 jam setelah Anda menggunakan Nafarelin.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Nafarelin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Nafarelin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Pendarahan vagina yang abnormal atau tidak biasa – Seharusnya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi seperti itu.
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Merokok cerutu
  • Kondisi yang meningkatkan kemungkinan tulang menipis
  • Osteoporosis (tulang rapuh) atau riwayat osteoporosis – Meningkatkan resiko mengalami osteoporosis
  • Kista ovarium
  • Masalah kelenjar pituitary
  • Rhinitis (hidung bengkak atau iritasi) – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin dapat membuat kondisi semakin memburuk

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Nafarelin untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Endometriosis

200 mikrogram intranasal sehari-hari. Hal ini bisa dicapai dengan satu semprot (200 mikrogram) ke dalam satu lubang hidung di pagi hari dan satu semprot ke lubang hidung lainnya di malam hari. Pengobatan harus dimulai antara hari 2 dan 4 siklus menstruasi. Pada pasien tertentu, dosis harian 400 mikrogram mungkin tidak menghasilkan amenore. Untuk pasien dengan menstruasi yang persisten setelah 2 bulan pengobatan, dosis dapat ditingkatkan sampai 800 mikrogram setiap hari diberikan sebagai salah satu semprot ke setiap lubang hidung di pagi hari (total dua semprotan) dan lagi di malam hari. Durasi pengobatan yang direkomendasikan adalah enam bulan. Pengobatan ulang tidak direkomendasikan karena data keamanan tidak tersedia.

Berapa dosis obat Nafarelin untuk anak-anak?

Dosis Anak-Anak Biasa untuk Pubertas Dini

800 mikrogram intranasal dua kali sehari. Hal ini bisa dicapai dengan dua semprotan (400 mikrogram) ke dalam satu lubang hidung dan dua semprotan ke dalam lubang hidung lainnya dua kali sehari.

Jika penekanan yang memadai tidak dapat dicapai, dosis dapat ditingkatkan sampai 1.800 mikrogram intranasal per hari diberikan sebagai 3 semprotan (total 600 mikrogram) ke lubang hidung tiga kali sehari.

Dalam dosis dan sediaan apa Nafarelin tersedia?

Larutan, Nasal: 2 mg/mL

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Jika Anda melewatkan dosis, Anda mungkin mengalami perdarahan menstruasi. Jangan khawatir, namun hubungi dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017