Methoxsalen obat apa?

Oleh

Nama Generik: Methoxsalen Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa methoxsalen?

Methoxsalen adalah obat dari zat alami yang bereaksi terhadap cahaya, dengan fungsi meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap cahaya ultraviolet A (UVA).

Methoxsalen dimanfaatkan dengan kombinasi terapi cahaya UVA untuk mengobati psoriasis parah. Methoxsalen biasanya diberikan jika obat-obatan psoriasis lainnya tidak manjur.

Methoxsalen dapat menyebabkan efek berbahaya pada penglihatan dan kulit Anda (penuaan dini atau kanker kulit). Obat ini hanya berguna untuk psoriasis parah yang tidak kunjung membaik dengan pengobatan lainnya. Anda harus tetap di bawah perawatan dokter saat menggunakan methoxsalen.

Methoxsalen mungkin juga digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Bagaimana cara penggunaan methoxsalen?

Ikuti semua petunjuk pada label obat Anda. Jangan minum obat ini dalam jumlah yang lebih besar atau kecil atau lebih lama dari yang disarankan.

Anda akan minum methoxsalen beberapa jam tertentu sebelum Anda dijadwalkan menerima perawatan UVA. Kapsul gelatin lunak (Oxsoralen-Ultra) lebih mudah terserap dalam tubuh daripada kapsul gelatin keras (8-Mop). Timing dosis Anda akan tergantung jenis kapsul yang Anda minum. Anda mungkin juga harus tetap minum methoxsalen setelah perawatan UVA, dalam jangka pendek atau seperlunya. Turuti instruksi dosis dokter dengan sangat hati-hati.

Minum obat ini dengan makanan rendah lemak atau susu apabila obat ini mengacaukan perut.

Jika dokter mengubah merek, kekuatan, atau jenis methoxsalen, keperluan dosis dan jadwal terapi cahaya UVA mungkin berubah.

Oxsoralen-Ultra dan 8-Mop bukan merupakan obat yang sama dan mungkin tidak memiliki dosis atau jadwal serupa. Tanyakan apoteker bila Anda ingin bertanya tentang jenis methoxsalen baru yang Anda terima di apotik.

Methoxsalen akan membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari dan mungkin mengakibatkan kulit terbakar, yang mampu mengganggu pengobatan psoriasis.

Selama setidaknya 8 jam setelah Anda minum methoxsalen:

  • Hindari paparan cahaya matahari atau tanning bed.
  • Cahaya matahari yang bersinar melalui awan atau jendela sekalipun dapat membuat Anda terpapar sinar UV yang berbahaya.
  • Kenakan pakaian pelindung dan oleskan tabir surya (SPF 30 atau lebih) saat Anda berada di luar rumah atau dekat jendela.
  • Jangan oleskan tabir surya di daerah psoriasis aktif yang akan diobati dengan terapi UVA.

Selama 24-48 jam setelah Anda menerima perawatan UVA:

  • Anda harus melindungi kulit dan mata dari sinar matahari alami (bahkan yang bersinar melalui jendela).
  • Pakai kacamata hitam selama setidaknya 24 jam setelah perawatan.
  • Untuk perlindungan terbaik, pakai sepasang kacamata hitam bersampul penyerap UVA meskipun Anda di dalam rumah dekat jendela.
  • Jangan memaparkan kulit terhadap sinar matahari atau tanning bed selama setidaknya 48 jam. Kenakan pakaian pelindung termasuk topi dan sarung tangan. Oleskan sunscreen minimum SPF 30 di area kulit yang tidak tertutup yang terpapar cahaya.

Anda mungkin menderita katarak apabila Anda tidak melindungi mata dengan baik setelah Anda diobati dengan methoxsalen dan perawatan UVA.

Ikuti instruksi dokter tentang menggunakan obat psoriasis topikal atau lotion pelembap setelah pengobatan methoxsalen dan UVA.

Saat menggunakan methoxsalen, periksa kulit secara teratur untuk tanda kanker kulit, seperti benjolan kecil, luka bersisik atau berkerak, bintik atau bercak kecokelatan, atau perubahan bentuk, warna tahi lalat, atau merasa ada yang berubah saat tahi lalat diraba.

Setelah menerima perawatan UVA, Anda mungkin harus memeriksa kulit untuk tanda kanker sepanjang hidup Anda.

Bagaimana cara penyimpanan methoxsalen?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis methoxsalen untuk orang dewasa?

Dosis orang dewasa untuk psoriasis

Dosis awal: Berdasarkan berat badan pasien.

<30 kg = 10 mg
30 -50 kg = 20 mg
51-65 kg = 30 mg
66 -80 kg = 40 mg
81 – 90 kg = 50 mg
91 – 115 kg = 60 mg
>115 kg = 70 mg

Dosis orang dewasa untuk limfoma kulit T-cell

Dosis awal: 10 ml (200 mcg) larutan methoxsalen steril disuntikkan langsung ke kantong fotoaktivasi selama siklus pengumpulan lapisan buffy pertama.

Perawatan: Diberikan dalam dua hari berturut-turut setiap 4 minggu.

Durasi: Minimal 7 siklus perawatan (6 bulan).

Bagaimana dosis methoxsalen untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum dipastikan. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah methoxsalen tersedia?

Kapsul, obat yang diisi dengan cairan, oral: 10 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena methoxsalen?

EFEK SAMPING: Pusing, sakit kepala, lemas, kram kaki, atau rasa pahit/asam di dalam mulut mungkin terjadi. Kulit berbintik, kulit kering, dan penuaan kulit mungkin juga muncul. Jika efek ini tidak kunjung membaik atau semakin memburuk, beri tahu dokter atau apoteker secepatnya.

Ingat bahwa dokter telah meresepkan obat ini karena dokter telah menilai bahwa manfaat obat lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping serius.

Obat ini akan membuat mata dan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. (Lihat juga bagian Pencegahan). Beri tahu dokter segera bila tanda sensitivitas terhadap sinar matahari apapun muncul: kulit membengkak/memerah/melepuh/mengelupas, penglihatan berubah.

Beri tahu dokter secepat mungkin apabila Anda mengalami efek samping serius apapun, termasuk: depresi, kaki/pergelangan kaki membengkak, sakit kulit baru/tidak biasa, detak jantung tidak teratur.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini sangat langka. Namun, dapatkan pertolongan medis sesegera mungkin jika Anda menyadari adanya gejala reaksi alergi berikut: ruam, gatal/bengkak (terutama di wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, sulit bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan methoxsalen?

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter jika Anda:

  • Alergi methoxsalen atau obat-obatan “psoralen” yang sejenis
  • Memiliki riwayat kanker kulit
  • Menderita lupus, porphyria, albino, atau  kondisi lainnya yang membuat Anda lebih sensitif terhadap cahaya
  • Mengalami kerusakan pada lensa mata karena operasi, luka, atau kondisi genetik

Apakah methoxsalen aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak ada penelitian memadai pada wanita dalam menentukan risiko bagi bayi jika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan potensi manfaat melawan potensi risiko sebelum menggunakan obat ini saat menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan methoxsalen?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak terdiri dari semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/tanpa resep dan produk herbal) dan berikan kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

  • Griseofulvin
  • Asam nalidixic
  • Antibiotik (seperti ciprofloxacin (Cipro), doxycycline, levofloxacin (Levaquin), minocycline, ofloxacin, tetracycline), dan sebagainya
  • Sabun bacteriostatic
  • Tar batubara yang dioleskan ke kulit atau kulit kepala (Neutrogena T/Gel, Psoriasin, Tegrin Medicated, dan lain-lain)
  • Diuretik atau “pil air”
  • Obat untuk mengobati gangguan mental (misalnya chlorpromazine, fluphenazine, prochlorperazine, thioridazine, dan sebagainya)
  • Pewarna macam biru methylene, biru toluene, bengal merah jambu, atau jingga methyl atau
  • Obat sulfa (Bactrim, SMX-TMP, atau SMZ-TMP, dan lain-lain)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan methoxsalen?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan ahli penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat Anda bersama makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan methoxsalen?

Adanya masalah medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • Albino (kekurangan pigmen pada kulit, rambut, dan mata, atau hanya pada mata)
  • Erythropoietic protoporphyria
  • Lupus erythematosus
  • Porphyria cutanea tarda
  • Kanker kulit
  • Variegate porphyria
  • Xeroderma pigmentosum—pengobatan Methoxsalen mungkin memperparah kondisi
  • Masalah mata, misalnya katarak atau kehilangan lensa mata—pengobatan Methoxsalen dan sinar mungkin memperparah kondisi atau menyebabkan kerusakan mata

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Anda akan sangat sensitif terhadap cahaya setelah overdosis.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, dapatkan sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan dosis yang terlewatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca