Methohexital obat apa?

Oleh

Nama Generik: Methohexital Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa methohexital?

Methohexital adalah barbiturat. Methohexital memperlambat aktivitas otak dan sistem saraf. Methohexital digunakan untuk membuat Anda tertidur sebelum operasi atau prosedur medis lainnya. Obat ini biasanya diberikan dalam kombinasi dengan jenis anestesi lain. Methohexital juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara penggunaan methohexital?

Methohexital disuntikkan ke dalam otot atau ke pembuluh darah melalui infus. Obat ini juga diberikan lewat dubur bila digunakan pada anak-anak. Penyedia layanan kesehatan akan memberikan suntikan ini di klinik atau rumah sakit.  Methohexital membuat Anda tertidur sangat cepat. Pernapasan, tekanan darah, kadar oksigen, dan tanda-tanda vital lainnya akan diawasi ketat saat Anda menerima methohexital. Anda juga akan diawasi ketat saat Anda keluar dari anestesi. Mengantuk dapat berlangsung selama beberapa jam. Anda akan membutuhkan seseorang untuk mengantarmu pulang setelah Anda menerima methohexital.

Bagaimana cara penyimpanan methohexital?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Ikuti saran dokter atau petunjuk dosis yang tersedia di kemasan obat.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena methohexital?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahu dokter jika Anda memiliki salah satu efek samping yang serius:
⇒ gosong parah atau bengkak di mana obat disuntikkan
⇒ kejang
⇒ mati rasa atau perasaan geli

⇒ merasa akan pingsan
⇒ denyut jantung cepat
⇒ pernapasan dangkal atau lemah
⇒ kebingungan, cemas, atau perasaan gelisah ketika keluar dari anestesi.

Efek samping yang tidak begitu serius yaitu:
⇒ mengantuk
⇒ mual, muntah, sakit perut
⇒ menggigil
⇒ batuk, cegukan
⇒ otot berkedut
⇒ ruam kulit ringan atau gatal-gatal.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan methohexital?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter jika:

  • Anda mempunyai porphyria, atau jika Anda alergi terhadap methohexital atau obat mirip lainnya seperti amobarbital (Amytal), butabarbital (Butisol), mephobarbital (Mebaral), secobarbital (Seconal), atau phenobarbital (Solfoton).
  • Anda memiliki gangguan kejang
  • Anda memiliki asma atau PPOK, anemia, gangguan endokrin
  • Anda memiliki penyakit hati, tekanan tinggi atau rendah, penyakit jantung, gagal jantung kongestif atau masalah sirkulasi
  • Anda mengonsumsi obat resep atau non-resep

Apakah methohexital aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)    Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah methohexital masuk ke dalam ASI atau bisa membahayakan bayi menyusui. Jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan methohexital?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beri tahu dokter semua obat yang Anda gunakan:

  • phenytoin (Dilantin)
  • pengencer darah seperti warfarin (Coumadin, Jantoven)
  • steroids seperti  prednisone, fluticasone (Advair, Flonase, Flovent), mometasone (Asmanex, Nasonex), dexamethasone (Cortastat, Dexasone, Solurex, DexPak), dan lain-lain.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan methohexital?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan methohexital?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

⇒ epilepsi atau gangguan kejang lainnya
⇒ asma atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
⇒ anemia (kekurangan sel darah merah)
⇒ gangguan endokrin
⇒ penyakit hati
⇒ tekanan darah tinggi atau rendah
⇒ penyakit jantung, gagal jantung kongestif
⇒ masalah sirkulasi

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber