Methazolamide obat apa?

Oleh

Nama Generik: Methazolamide Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa methazolamide?

Obat ini digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati tekanan tinggi di dalam mata karena glaukoma tertentu. Menurunkan tekanan tinggi di dalam mata akan membantu mencegah kebutaan, kehilangan penglihatan, dan kerusakan saraf. Methazolamide tergolong kelas obat inhibitor anhydrase karbonat. Ia bekerja dengan mengurangi produksi cairan di dalam mata.

Bagaimana cara penggunaan methazolamide?

Minum obat ini biasanya 2 atau 3 kali sehari atau seperti yang diarahkan oleh dokter. Obat ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan makanan jika sakit perut terjadi. Untuk mengurangi risiko efek samping tertentu (misalnya, batu ginjal), minum banyak cairan kecuali diarahkan oleh dokter.
Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat optimal. Banyak penderita glaukoma atau tekanan tinggi di mata tidak memiliki gejala apapun. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap hari.

Bagaimana cara penyimpanan methazolamide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis methazolamide untuk orang dewasa?

Glaukoma sudut terbuka: 50-100 mg diminum 2-3 kali sehari

Glaukoma sekunder: 50-100 mg diminum 2-3 kali sehari

Glaukoma sudut tertutup akut (sebelum operasi saja): 50-100 mg 2-3 kali sehari

Bagaimana dosis methazolamide untuk anak-anak?

Dosis untuk anak masih belum dipastikan. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah methazolamide tersedia?

Tablet, Oral: 25 mg, 50 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena methazolamide?

Jika Anda mengalami efek samping serius dibawah ini, hentikan penggunaan methazolamide dan cari pertolongan medis atau hubungi dokter Anda segera:

⇒reaksi alergi (kesulitan bernapas, penutupan tenggorokan, pembengkakan bibir, lidah, atau wajah, atau gatal-gatal)
⇒ sakit tenggorokan atau demam
⇒ perdarahan yang tidak biasa atau memar
⇒ nyeri pada sisi pangkal paha
⇒ kesemutan dan tremor di tangan atau kaki
⇒ ruam.

Efek samping yang tidak begitu serius lebih mungkin terjadi. Teruskan mengonsumsi memethazolamide dan bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami:
⇒ penurunan nafsu makan, mual, muntah, sembelit, diare, atau perubahan dalam rasa
⇒ mengantuk, pusing, kelelahan, atau kelemahan
⇒ kegugupan atau tremor
⇒ sakit kepala atau kebingungan
⇒ meningkatnya sensitivitas kulit terhadap sinar matahari
⇒ gout
⇒ hilangnya kontrol gula darah (jika Anda penderita diabetes)
⇒ adanya dering di telinga atau masalah pendengaran
⇒ perubahan penglihatan.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan methazolamide?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap methazolamide, obat sulfa, obat lain, atau salah satu bahan dalam tablet methazolamide. Tanyakan daftar bahan pada apoteker.
Beri tahu dokter dan apoteker apa obat resep atau non-resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk digunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu dari berikut: aspirin; steroid oral seperti deksametason (Decadron, Dexona), methylprednisolone (Medrol), dan prednisone (Deltasone); dan vitamin. Dokter dapat mengubah dosis atau memantau Anda dengan hati-hati untuk efek samping. Beri tahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati, ginjal, atau kelenjar adrenal. Dokter mungkin menyarankan untuk tidak mengonsumsi methazolamide. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit paru-paru. Beritahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengonsumsi methazolamide, hubungi dokter Anda. Methazolamide dapat membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda. Hindari paparan sinar matahari yang tidak perlu atau lama dan mengenakan pakaian pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya. Methazolamide dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari.

Apakah methazolamide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)    Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah obat ini diekskresikan dalam air susu manusia. Karena banyak obat yang diekskresikan dalam air susu manusia dan karena potensi efek samping yang serius pada bayi menyusui dari methazolamide, keputusan harus dibuat apakah lebih baik untuk menghentikan menyusui atau menghentikan pengobatan, dengan mempertimbangkan pentingnya obat bagi ibu.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan methazolamide?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

⇒ salisilat (misalnya aspirin) karena risiko efek samping toksik dari methazolamide dapat meningkat

⇒ carbonic anhydrase inhibitors lain (misalnya, acetazolamide cyclosporine, quinidine, phenytoin, amphetamine, or sodium bicarbonate karena tindakan dan efek samping dari obat-obatan ini dapat meningkat
⇒ primidone, lithium, atau methenamine karena efektivitas obat-obatan ini mungkin akan menurun

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan methazolamide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan methazolamide?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter  jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

⇒ batu ginjal
⇒ penyakit paru-paru
⇒ glaukoma (seperti glaucoma sudut tertutup kronis non-kongesif)
⇒ diabetes
⇒ kesulitan bernapas

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca