Malathion obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Malathion Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa malathion?

Malathion adalah obat yang digunakan untuk membasmi kutu rambut, yaitu serangga kecil yang hidup di kulit kepala manusia. Dalam dunia medis, rambut yang dihinggapi kutu dinamakan dengan pedikulosis kaptis. 

Serangga ini akan mengisap darah supaya bisa bertahan hidup dan berkembang biak lebih banyak. Cara kutu rambut mengisap darah bisa dibilang mirip seperti cara nyamuk ketika menggigit kulit kita. Gigitan inilah yang menyebakan sensasi gatal hebat di kulit kepala, terutama di malam hari.

Orang yang dihinggapi kutu kerap kali juga merasakan sensasi geli atau ada sesuatu yang berjalan di rambut. Ukuran kutu yang tinggal di kepala bervariasi. Namun, rata-rata ukurannya sekitar 3 milimeter atau sama dengan biji wijen.

Supaya kutu yang tinggal di kulit tidak semakin banyak, pakai obat malathion mungkin bisa jadi solusi. Malathion adalah obat yang masuk dalam golongan obat organofosfat, yaitu insektisida untuk membunuh hama seperti serangga, jamur, atau gulma.

Bila digunakan sesuai aturan, obat ini efektif melumpuhkan sekaligus membunuh kutu dan telurnya (nit) yang ada di kulit kepala.

Bagaimana cara penggunaan malathion?

Gunakan obat ini sesuai anjuran dokter atau yang tertera pada kemasan produk. Simak baik-baik informasi yang diberikan tersebut. Bila Anda belum paham betul cara pakainya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter atau apoteker.

Obat ini hanya untuk pemakaian luar. Anda tidak dianjurkan untuk menelannya. Berhati-hatilah ketika menggunakan obat ini karena bila digunakan secara asal atau tidak sesuai aturan dapat menyebabkan keracunan atau bahkan efek samping yang berbahaya.

Pastikan obat tidak mengenai bagian hidung, telinga, mulut, vagina, atau mata. Gunakan hanya di bagian kulit kepala saja. Supaya cairan obat tidak masuk ke mata, tutup rapat-rapat kedua mata dan lindungi oleh kain atau handuk.

Jika obat tidak sengaja mengenai mata, cuci dengan air untuk mengurangi iritasi. Jika iritasi berlanjut atau penglihatan mulai berubah, segera berobat ke dokter.

Saat menggunakan obat ini, pastikan rambut dan kulit kepala sedang kering. Untuk mencegah iritasi, sebaiknya gunakan sarung tangan plastik atau pelindung lainnya.

Tuang obat secukupnya di telapak tangan, lalu ratakan di seluruh rambut dan kulit kepala. Pastikan tangan Andan menjangkau sampai ke kepala bagian bagian belakang, tempat paling ideal bagi si kutu untuk berkembang biak.

Setelah itu, biarkan rambut kering sendiri tanpa ditutupi kain atau handuk. Setelah selesai, cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air yang mengalir. 

Diamkan malathion pada rambut dan kulit kepala selama 8-12 jam, kemudian cuci  dengan sampo dan bilas sampai bersih. Rapikan rambut yang basah dengan sisir bergigi rapat (sisir khusus kutu) untuk menghilangkan kutu yang mati dan telur kutu. Mintalah bantuan orang lain untuk membuang kutu dan telurnya dari rambut Anda.

Obat ini mungkin menyebabkan rasa sedikit tersengat di atas kulit kepala saat pertama kali digunakan. Tak perlu khawatir, sebab ini termasuk reaksi yang normal. Meski begitu, jika rasa tidak nyaman ini terus-terusan terjadi setelah pemakaian obat dan Anda mengalami iritasi, hentikan pemakaian dan berobatlah ke dokter. 

Bagaimana cara penyimpanan malathion?

Malathion adalah obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis malathion untuk orang dewasa?

Tuang obat dalam botol secukupnya di atas telapak tangan, lalu ratakan di seluruh kulit kepala. Pijat lembut dan perlahan agar obat meresap sempurna dan bekerja lebih maksimal. Biarkan rambut kering sendiri tanpa ditutupi kain atau handuk.

Tunggu kira-kira 8 sampai 12 jam, atau sesuai aturan yang dianjurkan dokter dan tertera di bungkus kemasan. Kemudian cuci rambut pakai sampo dan bilas hingga bersih.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat jenis apa pun. Ini untuk memastikan bahwa Anda menggunakan obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bagaimana dosis malathion untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Pemberian dosis obat untuk anak-anak biasanya disesuaikan dengan berat badan, kondisi kesehatan, dan respon mereka terhadap pengobatan.

Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal. Oleh sebab itu, konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah malathion tersedia?

Obat ini tersedia dalam bentuk losion.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena malathion?

Sama seperti obat-obat jenis lainnya, obat ini pun punya potensi efek samping dari yang ringan hingga berat. Beberapa efek samping paling umum dan kerap dikeluhkan ketika menggunakan obat malathion adalah:

  • Rasa hangat dan menyengat di kulit kepala
  • Rambut kering
  • Muncul ketombe

Perhatian! Meskipun sangat jarang terjadi, beberapa orang dapat mengalami efek samping yang parah dan bahkan keracunan obat. Biasanya gejala keracunan obat akan timbul dalam rentang waktu 6-12 jam setelah digunakan.

Kalau seseorang mengalami keracunan, biasanya mereka akan mengalami gejala awal seperti:

  • Ruam
  • Iritasi pada kulit
  • Mual/rasa penuh di perut
  • Muntah
  • Badan lemas
  • Pusing
  • Sakit kepala
  • Gangguan penglihatan

Sementara gejala lanjutan yang mungkin terjadi di antaranya, keluar ludah berlebihan, berkeringat deras, diare kronis, sesak napas, otot lemah, badan tidak bertenaga, kehilangan kesadaran (pingsan).

Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping tertentu, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan malathion?

Sebelum menggunakan lotion malathion, beri tahu dokter dan apoteker jika Anda:

  • Punya alergi terhadap obat malathion, bahan apapun dalam lotion malathion, atau obat kutu lainnya. Tanyakan pada dokter atau apoteker tentang daftar penyusun obat sebelum Anda menggunakannya.
  • Sedang atau berencana menggunakan obat resep dan tanpa resep, vitamin, suplemen nutrisi, dan produk herbal.
  • Mempunya kulit sensitif atau punya riwayat penyakit kulit tertentu. 
  • Hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui. Sebaiknya konsultasi ke dokter dulu jika Anda hamil saat sedang menggunakan lotion malathion. 

Malathion adalah obat yang mengandung bahan mudah terbakar. Oleh sebab itu, hindari merokok, berada di sekitar tempat api terbuka (contohnya perapian, kompor, api unggun), atau sumber panas elektrik seperti pemanas, pengering rambut, dan pengeriting rambut.

Penting juga diperhatikan bahwa obat ini tidak boleh digunakan untuk bayi. Simpan obat di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak. Jangan lupa, tutup rapat obat supaya tidak mudah tumpah.

Apakah malathion aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat, atau setara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia.Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Sementara untuk ibu menyusui, belum ada bukti jelas apakah obat ini membahayakan bayi atau tidak. Untuk menghindari berbagai kemungkinan negatif, jangan minum obat ini sembarangan atau tanpa seizin dokter.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan malathion?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Artikel ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) dan memberitahukannya kepada dokter dan apoteker.

Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan malathion?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan malathion?

Adanya masalah obat lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika mengalami masalah medis lainnya, terutama:

  • Anemia
  • Operasi otak
  • Penyakit kulit
  • Penyakit hati
  • Malnutrisi
  • Asma
  • Epilepsi atau kelainan kejang lainnya
  • Penyakit jantung
  • Myasthenia gravis atau penyakit saraf-otot lainnya
  • Penyakit Parkinson
  • Ulkus perut atau masalah perut atau usus lainnya

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: November 9, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca