Nama Generik: Magnesium Oksida Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa Magnesium Oksida?

Obat ini adalah suplemen mineral yang digunakan untuk mencegah dan mengatasi rendahnya jumlah magnesium dalam darah. Magnesium sangat penting untuk sel, saraf, otot, tulang, dan jantung berfungsi normal. Biasanya, pola makan seimbang yang baik sudah menyediakan tingkat darah normal magnesium. Namun, situasi tertentu menyebabkan tubuh Anda kehilangan magnesium lebih cepat dari yang bisa Anda ganti lewat makan. Situasi ini termasuk pengobatan dengan “pil air” (diuretic seperti furosemide,hydrochlorothiazide), diet yang kurang baik, alkoholik, atau kondisi medis lain (seperti diare berat/muntah-muntah, masalah penyerapan dalam perut, sulit mengendalikan diabetes).

Bagaimana cara penggunaan Magnesium Oksida?

Gunakan obat ini lewat mulut sesuai petunjuk. Ikuti semua petunjuk dalam kemasan produk. Jika Anda ragu-ragu tentang informasi yang ada, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Akan lebih baik menggunakan suplemen magnesium dengan makanan untuk mengurangi sakit perut dan diare kecuali jika tidak diarahkan instruksi produk atau dokter Anda.

Gunakan setiap obatnya dengan gelas penuh (8 ons atau 240 mm) air kecuali dokter Anda memberikan petunjuk sebaliknya. Telan semua kapsulnya. Jangan dihancurkan atau dikunyah. Jika dilakukan dapat melepas semua obat langsung, meningkatkan risiko efek samping. Jangan belah tablet kecuali mereka punya garis pembatas dan dokter atau apoteker Anda mengatakan Anda harus melakukannya. Telan semua atau tablet yang terpisah tanpa menghancurkannya.

Jika Anda menggunakan produk cair, gunakan alat pengukur untuk mengukur dosis dengan hati-hati. Jangan gunakan sendok rumah karena Anda mungkin tidak dapat mendapatkan dosis yang tepat. Jika Anda menggunakan suspense, kocok botolnya dengan baik sebelum meminumnya.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Ingat untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap harinya. Dosis berdasarkan kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Jangan tingkatkan dosis atau menggunakannya lebih sering dari yang diarahkan pada kemasan produk atau oleh dokter Anda. Terlalu banyak magnesium pada darah Anda dapat menyebabkan efek samping serius.

Bilang kepada dokter Anda jika gejala-gejala rendahnya tingkat magnesium pada darah (seperti kram otot, kelelahan,  sifat cepat marah, depresi) berkepanjangan atau memburuk. Jika Anda pikir Anda mungkin memiliki masalah medis serius, segera pergi ke rumah sakit.

Bagaimana cara penyimpanan Magnesium Oksida?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Magnesium Oksida untuk orang dewasa?

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Duodenal Ulcer

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Dyspepsia

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Gastric Ulcer

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Gastroesophageal Reflux Disease

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Hypomagnesemia

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Pathological Hypersecretory Disorder

Tablet: 400 – 800 mg (241 – 482 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari.
Kapsul: 140 mg (84 mg elemental magnesium) melalui mulut 3 – 4 kali sehari.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Renal Stones

140 – 420 mg (84 – 252 mg elemental magnesium) melalui mulut sekali sehari. Magnesium Oksida juga digunakan dalam kombinasi dengan pyridoxine untuk mencegah kambuh kalsium oxalate renal calculi.

Dosis yang biasa digunakan orang dewasa untuk Konstipasi

Oral:
Kaplet (500 mg): 2 – 4 kaplet melalui mulut setiap hari dengan 8 ons gelas cairan.
Kaplet dapat digunakan semua saat tidur atau dibagi-bagi sepanjang hari.

Bagaimana dosis Magnesium Oksida untuk anak-anak?

Dosis yang biasa digunakan anak-anak untuk Konstipasi

Oral:
12 tahun atau lebih tua:
Kaplet (500 mg): 2 – 4 kaplet melalui mulut setiap hari dengan 8 ons gelas cairan.
Kaplet dapat digunakan semua saat tidur atau terpisah-pisah sepanjang hari.

 

 

Dalam dosis apakah Magnesium Oksida tersedia?

Tablet, Oral: 400 mg, 420 mg

Kapsul, Oral: 140 mg.

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Magnesium Oksida?

Semua obat dapat menyebabkan efek samping, tapi banyak orang tidak mengalami, atau hanya mengalami sedikit efek samping. Cek dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping paling umum yang berkepanjangan atau mengganggu seperti diare.

Kunjungi rumah sakit segera jika ada beberapa efek samping berat yang terjadi:

  • reaksi alergi parah (ruam, gatal-gatal, sulit bernafas, sesak dada, bengkak di mulut, wajah, bibir, atau lidah), pup hitam, mual, respon lambat, muntah yang terlihat seperti kopi.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Magnesium Oksida?

Sebelum menggunakan Magnesium Oksida,

  • bilang dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap Magnesium Oksida, obat antacid atau laxative, atau obat lainnya
  • katakan pada dokter dan apoteker obat resep dan non resep yang Anda gunakan, khususnya antacids atau laxative lainnyam anticoagulants (‘penipis darah’) seperti warfarin (Coumadin), aspirin, diuretics (‘water pills’), obat untuk borok (cimetidine [Tagamet], ranitidine [Zantac]), dan vitamin
  • katakan pada dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit jantung, ginjal, hati, atau penyakit dalam atau tekanan darah tinggi
  • katakan kepada dokter Anda jika Anda hamil, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui. Jika Anda berencana hamil saat menggunakan Magnesium Oksida, segera hubungi dokter Anda
  • bilang pada dokter Anda jika Anda dalam diet rendah garam, rendah gula, atau diet khusus lainnya

Apakah Magnesium Oksida aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,

·      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Magnesium Oksida?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

  • anticoagulants (eg, warfarin) karena risiko efek sampingnya dapat ditingkatkan oleh Magnesium Oksida
  • penicillamine, karena efektivitasnya dapat berkurang karena Magnesium Oksida

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Magnesium Oksida?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

 

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Magnesium Oksida?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • radang usus buntu
  • diare
  • Saluran urin tersumbat
  • masalah jantung
  • nasalah ginjal

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan