Nama Generik: Macrogol Merek: .

Penggunaan

Untuk apa macrogol?

Macrogol umum digunakan untuk mengobati sembelit dan pengerasan feses dalam anus (kondisi sembelit parah di mana pasien tidak buang air besar sama sekali). Obat ini tergolong sebagai laksatif dan purgatif, atau obat pencahar. Macrogol bekerja dengan membawa air ke feses untuk mempermudah buang air besar.

 

Bagaimana cara penggunaan macrogol?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter. Jumlah sachet yang dibutuhkan, seberapa sering mereka harus diminum, dan untuk berapa lama pengobatan harus dijalankan tergantung dari tingkat keparahan sembelit Anda.

Isi setiap sachet harus dilarutkan dalam 125 ml air sebelum diminum. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan rasa, seperti jus jeruk, saat melarutkan puyer. Jika Anda tidak langsung meminumnya, obat dapat disimpan tertutup di lemari es (2-8ºC) selama enam jam. Buang obat yang tidak digunakan dalam jangka waktu enam jam.

Dosis untuk sembelit biasanya 1-3 sachet sehari, tergantung parahnya sembelit. Jumlah sachet yang digunakan harus terpisah, misalnya satu sachet tiga kali sehari. Menggunakan obat ini selama lebih dari dua minggu biasanya tidak dianjurkan. Namun, dokter mungkin menyarankan Anda mengonsumsi lebih lama dari yang seharusnya jika  sembelit kronis Anda merupakan efek dari penyakit seperti penyakit Parkinson atau multiple sclerosis, atau jika Anda mengonsumsi obat-obatan yang biasa menyebabkan konstipasi, seperti obat penghilang rasa sakit opioid (misalnya morfin), obat-obatan antispasmodic (misalnya hiosin, atropin) atau obat-obatan antikolinergik untuk gejala Parkinson (misalnya prosiklidin).

Untuk pengobatan impaksi feses, dokter akan meresepkan dosis delapan sachet per hari, yang semuanya harus diminum dalam jangka waktu enam jam. Anda dapat meminum dosis ini sekaligus (larutkan delapan sachet dalam satu liter air) dan simpan tertutup di lemari es. Minum untuk lebih dari enam jam. (Jika Anda memiliki kondisi jantung, Anda harus membagi dosis sehingga Anda tidak meminum lebih dari dua sachet (seperempat dari liter larutan) dalam satu jam). Terapi pengobatan impaksi feses biasanya tidak melebihi tiga hari.

Bagaimana cara penyimpanan macrogol?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis macrogol untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk evakuasi usus

Dewasa: macrogol 4000 atau 3350 dicampur dengan elektrolit: 200-300 ml larutan air yang mengandung sekitar 59, 60 atau 105 g/l dari macrogol itu, diulang setiap 10-15 menit sampai feses dalam dubur bersih. Maksimum: 3-4 liter.

Dosis umum dewasa untuk sembelit kronis
Dewasa: Larutan air yang mengandung 105 g/l dari macrogol yang: 125 ml maksimum hingga untuk 2 minggu.

Dosis umum dewasa untuk impaksi feses
Dewasa: Larutan air yang mengandung 105 g/l macrogol: 8 dosis 125 mL dalam waktu 6 jam untuk maksimum penggunaan 3 hari. Tidak boleh melebihi 2 dosis per jam pada pasien dengan gangguan fungsi kardiovaskular.

Bagaimana dosis macrogol untuk anak-anak?

Oral
Dosis umum anak untuk evakuasi usus
Anak: 25-40 ml/kg/jam dari larutan air yang mengandung sekitar 59, 60 atau 105 g/l dari macrogol tersebut.

Dosis umum anak untuk sembelit kronis
Anak: Larutan berair yang mengandung 105 g/l dari macrogol untuk:

Usia 2-6 tahun, 62,5 ml setiap hari.

Usia 7-11 thn, 125 ml setiap hari.

Dosis maksimum: 250 ml.

Dosis umum anak untuk impaksi feses
Anak: Larutan air yang mengandung 105 g/l dari macrogol:

Usia 2-4 tahun:

Dosis awal: 2 dosis 62,5 ml lebih dari 12 jam, tingkatkan untuk lebih dari 7 hari maksimal 8 dosis dalam 12 jam.

Usia 5-11 tahun:

Dosis awal: 4 dosis 62,5 ml lebih dari 12 jam, tingkatkan untuk lebih dari 7 hari

Dosis maksimum: 12 dosis dalam 12 jam.

 

Dalam dosis apakah macrogol tersedia?

Macrogol  tersedia dalam dosis-dosis dan bentuk sebagai berikut:

Macrogol: 4000 atau 3350 dicampur dengan elektrolit.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena macrogol?

Efek sampingnya, yaitu:

  • sakit perut
  • diare
  • merasa sakit
  • muntah
  • pembengkakan atau kembung perut
  • suara gemuruh dan gemericik pada perut karena gerakan dalam usus
  • angin (perut kembung)
  • ketidaknyamanan pada anus
  • sakit kepala
  • gangguan pada tingkat elektrolit (khususnya kalium) dalam darah.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan macrogol?

Sebelum minum Macrogol, hubungi dokter jika Anda:

  • memiliki lubang di usus (perforasi usus)
  • mengalami penyumbatan di usus (obstruksi usus) yang disebabkan oleh gangguan struktural atau fungsional dari dinding usus
  • mengalami radang usus dan bagian belakang (ulcerative colitis)
  • memiliki Crohn’s disease
  • mengalami ekspansi mendadak dari usus besar, terlihat pada kolitis ulserativa lanjut atau penyakit Crohn (megakolon toksik)
  • alergi terhadap Macrogol

Macrogol tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia 12 tahun. Macrogol pediatrik tersedia untuk mengobati kelompok usia ini.

Apakah macrogol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan macrogol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan macrogol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan macrogol?

Masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama penyakit jantung.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016