Lindane obat apa?

Oleh

Nama Generik: Lindane Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa lindane?

Lindane adalah obat yang umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kudis yang tidak bisa sembuh atau terkena efek samping setelah diberi  opsi obat yang relatif lebih aman (seperti permetrin atau crotamiton).

Lindane bekerja dengan cara membunuh serangga kecil (tungau) beserta bibit telur yang menyebabkan kudis. Infeksi penyakit kudis juga bisa disebut “kutuan”. Obat ini tidak boleh digunakan untuk mencegah atau mengatasi kudis (kutuan) kambuhan.

Bagaimana cara penggunaan lindane?

Obat ini bisa beracun jika salah digunakan. Jangan diminum dan hindari kontak dengan mata, hidung, atau mulut. Jika terkena kontak, bersihkan dengan air dan segera cari bantuan medis jika rasa perih masih terasa setelah dibersihkan. Jangan pakai obat ini di area yang sedang luka atau sakit (contohnya luka terbuka, ruam, teriris, atau nyeri) kecuali diperbolehkan oleh dokter Anda.

Potong kuku Anda lalu bersihkan dengan air hangat (bukan air panas), lalu tunggu sekitar 1 jam setelah mandi baru Anda bisa menggunakan obat ini. Keadaan basah dan kulit yang hangat dapat mempermudah penyerapan obat ini ke dalam peredaran darah Anda. Orang dewasa rata-rata membutuhkan 1 ons (30 mL), namun bagi orang dengan ukuran tubuh lebih besar akan membutuhkan sekitar 2 ons (60 mL)

Pastikan kulit anda bersih dan sedang tidak menggunakan lotion, krim, salep, atau minyak apapun. Produk-produk tersebut dapat menghambat penyerapan obat ke dalam kulit dan peredaran darah Anda, yang mengakibatkan efek samping serius. Jika Anda saat ini sedang menggunakan produk-produk tersebut, pastikan bersihkan dahulu sebelum anda memulai pengobatan.

Kocok botol dahulu sebelum menggunakan obat ini. Oleskan sedikit obat ke seluruh tubuh dari leher hingga kaki sesuai petunjuk dokter Anda. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskan obat ke bagian bawah kuku Anda (tungau kudis biasanya menyukai daerah ini). Jangan lupa untuk membuang sikat gigi yang telah Anda gunakan untuk mengoleskan obat dengan cara dibungkus plastik.  Buang di tempat sampah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Setelah pemberian obat, jangan tutupi kulit dengan kain yang tidak menyerap keringat (misalnya popok sekali pakai, pakaian ketat, selimut). Hindari kontak kulit ke kulit dengan siapa pun setelah Anda menggunakan obat ini.

Biarkan obat selama 8-12 jam. Tinggal semalaman saat Anda tidur biasanya cukup. Jangan biarkan obat di kulit lebih dari 12 jam. Membiarkan obat di kulit terlalu lama tidak akan membunuh tungau/telur kudis, tetapi malah menimbulkan risiko yang serius atau bahkan fatal seperti kejang meningkat. Bersihkan obat ini dengan cara mandi menggunakan air hangat (tidak panas).

Jika bayi atau anak kecil menggunakan obat ini, pantau anak Anda dengan hati-hati setelah menggunakan obat ini untuk memastikan mereka tidak memasukkan tangan/kaki mereka ke dalam mulut.

Jika Anda mengoleskan obat ini pada orang lain, gunakan sarung tangan sekali pakai yang terbuat dari nitril, lateks dengan neoprene, atau vinyl untuk mengurangi risiko menyentuh obat atau terkena efek samping. Jangan gunakan sarung tangan lateks alami karena akan tembus. Cuci tangan Anda hingga bersih setelah menggunakan obat ini.

Gejala penyakit kudis adalah rasa gatal yang umumnya memburuk pada saat Anda tidur. Anda juga dapat melihat garis halus bergelombang pada kulit dengan serangga kecil di ujung (liang). Liang biasanya ditemukan pada jaring jari/kaki, pergelangan tangan, siku, ketiak, garis sabuk, bagian bawah bokong, puting perempuan, atau alat kelamin laki-laki. Bahkan jika lindane membunuh semua kudis, tungau mati masih bisa membuat Anda gatal untuk waktu yang lama setelah pengobatan. Tanyakan kepada dokter Anda tentang obat lain yang dapat digunakan untuk menenangkan gatal. Informasikan dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk 2-3 minggu setelah pengobatan.

Bagaimana cara penyimpanan lindane?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.   

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis lindane untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk penyakit kudis

Oleskan sedikit obat pada kulit leher hingga jari kaki dan biarkan selama 8 – 12 jam. Setelah itu mandi hingga bersih,

Supaya lebih aman, obat ini harus dicoba terlebih dahulu (contoh, crotamiton, permethrin, malathion).

Dosis umum dewasa untuk kutuan

Gunakan sekitar 15 – 30 mL sampo obat selama 4 – 5 menit satu kali. Bisa ditambah hingga 60 mL bagi pasien yang memiliki rambut lebat. Gunakan sampo ini pada saat rambut Anda kering, lalu bilas rambut hingga bersih. Sisirlah rambut Anda dengan sisir bergigi rapat karena dapat menghilangkan telur kutu.

Supaya lebih aman, obat ini harus dicoba terlebih dahulu (contoh, pyrethrum dengan piperonil butoksida, permethrin).

Bagaimana dosis lindane untuk anak-anak?

Dosis umum anak untuk penyakit kudis

Usia:

<1 bulan: Kontraindikasi

>1 bulan, berat <50 kg: Berikan dengan sangat hati-hati karena dapat menimbulkan efek samping

>1 bulan, berat >50 kg: Oleskan sedikit obat lotion atau cair dan pijat di bagian kulit kepala hingga jari kaki. Biarkan selama 6 – 8 jam lalu bersihkan.

Supaya lebih aman, obat ini harus dicoba terlebih dahulu (contoh, crotamiton, permethrin, malathion).

Dosis umum anak untuk kutuan

Usia

<1 bulan: Kontraindikasi

>1 bulan, berat<50 kg: Berikan dengan sangat hati-hati karena dapat menimbulkan efek samping.

>1 bulan, berat >50 kg: Gunakan 15 hingga 30 mL sampo selama 4 hingga 5 menit. Bisa ditambah hingga 60 mL bagi pasien yang memiliki rambut lebat. Gunakan sampo ini pada saat rambut Anda kering, lalu bilas rambut hingga bersih. Sisirlah rambut Anda dengan sisir bergigi rapat karena dapat menghilangkan telur kutu.

Supaya lebih aman, obat ini harus dicoba terlebih dahulu (yaitu, pyrethrum dengan piperonil butoksida, permethrin).

Dalam dosis apakah lindane tersedia?

Lotion, obat oles: 10 mg/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena lindane?

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis jika Anda mengalami hal berikut:

  • reaksi alergi (sesak napas; penutupan tenggorokan, pembengkakan pada bibir, wajah, atau lidah, dan gatal-gatal);
  • kejang
  • tubuh gemetar

Efek samping yang tidak terlalu serius termasuk:

  • pusing atau mengantuk
  • kulit terasa gatal, terbakar, kering, dan muncul ruam

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan lindane?

Sebelum menggunakan obat ini, perhatikan hal berikut:

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap lindane, atau obat lain.
  • beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan resep maupun obat tanpa resep yang Anda gunakan, terutama ciprofloxacin (Cipro), gatifloxacin (Tequin), gemifloxacin (faktif), imipenem / cilastatin (Primaxin), levofloxacin (Levaquin), moksifloksasin (Avelox), asam nalidiksat (NegGram), norfloksasin (Noroxin), ofloksasin (Floxin), dan penisilin ; klorokuin sulfat; isoniazid (INH, Laniazid, Nydrazid); obat untuk penyakit mental; obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh seperti siklosporin (Gengraf, Neoral, Sandimmune), mycophenolate mofetil (Cellcept), dan tacrolimus (Prograf); meperidine (Demerol); Methocarbamol (Robaxin); neostigmin (Neostigmin); pyridostigmine (Mestinon, Regonol); pirimetamin (Daraprim); pewarna radiografi; obat penenang; obat tidur; tacrine (Cognex); dan teofilin (TheoDur, Theobid). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengawasi Anda dengan hati-hati untuk melihat apakah ada efek samping.
  • selain kondisi yang disebutkan dalam bagian PERINGATAN PENTING, beri tahu dokter Anda jika Anda sedang sakit atau pernah sakit HIV atau AIDS; kejang; cedera kepala; tumor di otak atau tulang belakang; atau penyakit hati. Juga beri tahu dokter Anda jika Anda minum, pernah minum, atau baru saja berhenti minum alkohol dalam jumlah besar dan jika Anda baru saja berhenti minum obat penenang (obat tidur).
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, sedang dalam proses hamil, atau saat menyusui. Jangan menyusui saat meminum obat ini. Jika Anda hamil sewaktu meminum obat, hubungi dokter Anda.
  • beri tahu dokter Anda jika Anda beru saja menggunakan obat ini

Apakah lindane aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan C menurut Food and Drug Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:
• A = tidak ada risiko
• B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
• C = mungkin ada beberapa risiko
• D = bukti positif dari risiko
• X = kontraindikasi
• N = tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan lindane?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Acrivastine
  • Bupropion

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan lindane?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan lindane?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • konsumsi alkohol berlebih
  • tumor otak
  • cedera kepala
  • infeksi hiv
  • sakit liver/hati
  • pernah sakit kejang
  • tiba-tiba menghentikan penggunaan alkohol atau obat penenang—pasien dengan kondisi ini harus minum obat ini dengan hati-hati karena pasien ini memiliki risiko lebih besar mengalami kejang
  • hipersensitif terhadap lindane
  • gangguan kejang—obat ini tidak boleh digunakan pada pasien dengan gangguan kejang
  • masalah kulit—obat ini tidak boleh digunakan pada pasien dengan penyakit kudis, dermatitis atopik, atau psoriasis. masalah-masalah kulit ini dapat menyebabkan lindane lebih mudah diserap dalam tubuh dan menimbulkan efek samping yang serius.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber