Lidocaine + Prilocaine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Lidocaine + Prilocaine Merek: Dolones, Emla, Topsy dan Estesia.

Penggunaan

Untuk apa lidocaine + prilocaine?

Obat ini mengandung 2 jenis amida anestesi lokal, lidocaine dan prilocaine. Digunakan pada kulit normal, kulit yang tidak rusak, atau pada daerah genital luar untuk mencegah rasa sakit sebelum prosedur tertentu seperti memasukkan jarum, cangkokan kulit, atau operasi laser kulit. Bekerja dengan cara  membuat kulit mati rasa secara sementara. Jangan gunakan produk ini di telinga.

Jika produk ini tidak dapat sepenuhnya mematirasakan daerah yang sedang diobati, dapat digunakan untuk mematirasakan daerah sebelum injeksi lidokain diberikan untuk memberikan bantuan nyeri yang cukup pada prosedur tertentu (misalnya, pengangkatan kutil kelamin).

Bagaimana cara penggunaan lidocaine + prilocaine?

Gunakan obat ini hanya pada kulit normal dan daerah genital. Tidak berlaku untuk kulit yang rusak / atau luka terbuka kecuali diarahkan oleh dokter. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan produk ini.

Terapkan produk ini pada bagian tubuh pada waktu sesuai yang diarahkan. Lamanya waktu obat untuk tetap pada kulit tergantung pada jenis prosedur yang Anda jalani. Obat ini biasanya digunakan setidaknya 1 jam sebelum jarum suntik dan 2 jam sebelum prosedur kulit ringan. Juga dapat digunakan oleh ahli kesehatan sebelum prosedur genital tertentu. Saat proses pengobatan,  dianjurkan Anda tetap berbaring sehingga obat akan tetap berada di bagian tubuh yang diobati.


Saat menggunakan, keluarkan krim sesuai  jumlah yang ditentukan langsung ke kulit. Anda juga dapat menaruh krim ke panduan pengukuran untuk memastikan Anda mendapatkan dosis yang tepat dan kemudian oleskan pada bagian tubuh yang akan diobati. Jangan digosok. Tutup dengan  perban seperti yang diarahkan oleh dokter. Biarkan krim menetap pada bagian tubuh yang diobati, biasanya di lapisan tebal, seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Hapus krim dan bersihkan daerah tersebut secara menyeluruh, biasanya tak lama sebelum prosedur atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis dan lamanya waktu aplikasi didasarkan pada usia, kondisi medis dan prosedur yang Anda jalani.  Pada anak-anak, dosis juga didasarkan pada berat badan. Jangan menggunakan pada dosis yang lebih besar dari yang ditentukan. Jangan gunakan pada area kulit secara luas,  menggunakan di tempat panas, atau meninggalkannya lebih lama dari yang diarahkan karena efek samping serius mungkin terjadi.


Jika Anda menggunakan produk ini pada anak, pastikan obat tetap di tempat dan anak Anda tidak menempatkan obat atau perban di mulutnya. Anda mungkin ingin menggunakan penutup kedua untuk mencegah anak menyentuh krim.


Cuci tangan segera setelah menggunakan obat kecuali jika Anda mengoleskan di area tangan. Jauhkan obat ini dari mata, hidung, telinga, atau mulut. Jika obat ini terkena mata, segera dan sepenuhnya bilas mata dengan air atau saline. Mati rasa di mata dapat menyebabkan cedera karena Anda tidak bisa merasakan partikel dalam mata atau bahaya lainnya.
Oleh karena itu lindungilah mata Anda sampai mati rasa hilang.


Bagian tubuh yang diobati mungkin mati rasa selama beberapa jam setelah prosedur. Lindungi bagian tubuh tesebut dari cedera. Berhati-hati untuk tidak menyentuh, menggosok, atau menggaruk daerah atau memaparkannya pada udara panas / dingin sampai mati rasa hilang.

Bagaimana cara penyimpanan lidocaine + prilocaine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Ikuti saran dokter atau petunjuk dosis yang tersedia di kemasan obat.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena lidocaine + prilocaine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan lidocaine dan prilocaine topikal dan hubungi dokter jika Anda mengalami salah satu efek samping yang serius:
kulit terasa terbakar, menyengat, atau sensitivitas di bagian kulit yang diobati
pembengkakan atau kemerahan
pusing mendadak atau kantuk setelah pengobatan diterapkan
kulit memar atau ungu
sensasi pada suhu yang tidak biasa

Efek samping yang tidak begitu serius yaitu:
rasa terbakar ringan di bagian kulit yang diobati
kulit kemerahan
perubahan warna kulit di bagian yang di obati.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan lidocaine + prilocaine?

Sebelum mengonsumsil obat ini, beritahu dokter Anda:
alergi terhadap salah satu bahan dalam lidocaine / krim prilocaine atau obat-obatan lain yang sejenis
memiliki kelainan darah methemoglobinemia

Apakah lidocaine + prilocaine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan B menurut Food and Drug Administration (FDA).

Kategori risiko kehamilan FDA referensi berikut:
• A = Tidak ada resiko,
• B = Tidak ada risiko dalam beberapa studi,
• C = Mungkin ada beberapa risiko,
• D = bukti positif dari risiko,
• X = Kontraindikasi,
• N = tidak diketahui.
Lidocaine, dan mungkin prilocaine, dapat masuk ke dalam air susu manusia. Oleh karena itu, harus hati-hati ketika Lidocaine dan krim prilocaine diberikan untuk ibu menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan lidocaine + prilocaine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Antiarrhythmics (seperti amiodarone, dofetilide, mexiletine, tocainide), beta-blockers (seperti propranolol), cimetidine, atau obat  lain yang mengandung lidocaine atau prilocaine karena risiko efek samping atau efek toksik, termasuk masalah jantung atau saraf dapat terjadi
  • Acetaminophen, acetanilid, aniline dyes (seperti, p-phenylenediamine), benzocaine, chloroquine, dapsone, naphthalene, nitrates (seperti nitroglycerin, isosorbide), nitrites (seperti sodium nitrite), nitrofurantoin, nitroprusside, pamaquine, para-aminosalicylic acid, phenacetin, phenobarbital, phenytoin, primaquine, quinine, atau sulfonamides (seperti sulfamethoxazole) karena risiko efek samping termasuk masalah darah dapat terjadi.
  • Succinylcholine karena risiko efek sampingnya dapat terjadi oleh krim lidocaine/prilocaine.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan lidocaine + prilocaine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan lidocaine + prilocaine?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:
kekurangan glukosa-6-fosfat dehidrogenase (G6PD)
penyakit jantung
masalah pada detak jantung
infeksi di atau dekat tempat aplikasi
luka besar, kulit rusak, atau cedera parah di daerah aplikasi – dapat menyebabkan efek samping menjadi lebih buruk
methemoglobinemia (kelainan darah) – jangan digunakan pada pasien dengan kondisi ini
penyakit hati parah – gunakan dengan hati-hati. Efek samping dapat meningkat karena pengeluaran obat yang lebih lambat dari tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca