Levetiracetam obat apa?

Oleh

Nama Generik: Levetiracetam Merek: Keppra dan Lethira.

Penggunaan

Untuk apa levetiracetam?

Levetiracetam adalah obat anti-epileptik yang digunakan bersamaan dengan obat lain untuk membantu mengontrol beberapa jenis kejang dalam pengobatan epilepsi. Obat ini terbukti dapat mengurangi kasus kejang pada anak dan dewasa. Belum dapat diketahui cara kerja dari levetiracetam dalam mencegah kejang.

Bagaimana cara penggunaan levetiracetam?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Minum obat cair atau tablet biasa melalui mulut, seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda. Umumnya obat diminum dua kali sehari, sebelum atau setelah makan. Obat akan terasa pahit jika Anda mengunyah atau menghaluskannya.

Jika Anda menggunakan obat cair, takarlah secara hati-hati menggunakan sendok takar. Jangan gunakan sendok makan biasa untuk menghindari ketidakakuratan pemberian dosis.

Jika Anda mengonsumsi tablet extended-release, ikuti saran yang dianjurkan oleh dokter Anda, umumnya sekali sehari. Jangan mengunyah atau menghaluskan obat dalam bentuk ini karena akan melepaskan semua zat obat sekaligus. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko efek samping. Jangan membelah tablet obat kecuali tablet tersebut memiliki garis pemisah di bagian tengahnya, atau lakukan hanya atas instruksi dokter atau apoteker Anda. Telan utuh obat tanpa dikunyah atau dihaluskan.

Dosis obat ini diberikan berdasarkan kondisi kesehatan, ginjal, dan respon tubuh Anda terhadap pengobatan. Dosis anak ditentukan berdasarkan berat tubuh.

Untuk mengurangi risiko efek samping (seperti pusing dan mengantuk), dokter mungkin menganjurkan untuk mulai menggunakan obat ini dengan dosis rendah dan secara bertahap akan menambah dosis Anda. Ikuti petunjuk dokter dengan sek. sama. Jangan menambah dosis atau menggunakan obat ini lebih sering dari yang ditentukan.

Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Obat ini bekerja paling baik saat jumlah obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang konstan. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum berkonsultasi dengan dokter. Kejang Anda mungkin dapat memburuk jika konsumsi obat ini tiba-tiba terhenti. Dosis harus dikurangi secara bertahap.

Bagaimana cara penyimpanan levetiracetam?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.   

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis levetiracetam untuk orang dewasa?

Dosis umum dewasa untuk kejang

16 tahun ke atas:

Dosis awal: dosis harian 1000 mg, dengan tablet immediate-release atau dengan injeksi IV, yang dibagi dalam 500 mg dua kali sehari. Penambahan dosis dapat diberikan (1000 mg/hari tambahan setiap 2 minggu) hingga maksimum dosis harian yang disarankan yaitu 3000 mg. Tidak ada bukti bahwa dosis lebih besar dari 3000 mg/hari dapat memberikan manfaat tambahan.

Extended release:

Dosis awal: 1000 mg diminum sekali sehari

Dosis ini dapat ditingkatkan setiap 2 minggu 1000 mg/hari hingga maksimal 3000 mg sekali sehari.

Bagaimana dosis levetiracetam untuk anak-anak?

Dosis umum anak untuk kejang

Kejang mioklonik:

Oral

Anak 12 tahun ke atas

Immediate-release:

dosis awal: 500 mg dua kali sehari; dapat ditingkatkan setiap 2 minggu hingga 500 mg/dosis dengan dosis yang dianjurkan yaitu 1500 mg dua kali sehari. Khasiat dosis yang lebih dari 3000 mg/hari belum ditetapkan.

Kejang onset parsial:

Oral

Bayi usia 1 bulan sampai < 6 bulan

Immediate-release:

7 mg/kg/dosis yang diberikan dua kali sehari (14 mg/kg/hari); dapat ditingkatkan setiap 2 minggu hingga 14 mg/kg untuk dosis harian yang direkomendasikan dari 42 mg/kg.

Anak-anak 6 bulan sampai < 4 tahun

Immediate release

10 mg/kg diberikan dua kali sehari (20 mg/kg/hari); dapat ditingkatkan dalam 2 minggu hingga 20 mg/kg untuk dosis harian yang direkomendasikan dari 50 mg/kg (25 mg/kg dua kali sehari). Dosis harian 50 mg/kg dapat dikurangi pada pasien yang tidak dapat mentolerir dosis ini.

Anak-anak 4 sampai <16 tahun

Immediate release:

10 mg/kg/dosis diberikan dua kali sehari; dapat ditingkatkan setiap 2 minggu hingga 10 mg/kg/dosis dengan dosis yang dianjurkan 30 mg/kg/dosis dua kali sehari (60 mg/kg/hari). Dosis harian 60 mg/kg dapat dikurangi pada pasien yang tidak dapat mentolerir dosis ini.

Anak 16 tahun ke atas: Lihat dosis dewasa.

Dosis maksimum: 3000 mg/hari

Kejang tonik-klonik:

Anak-anak 6 sampai < 16 tahun

Immediate release:

Dosis awal: 10 mg/kg dosis yang diberikan dua kali sehari; dapat ditingkatkan setiap 2 minggu dengan 10 mg/kg/dosis dengan dosis yang dianjurkan 30 mg/kg dua kali sehari. Khasiat dengan dosis lebih dari 60 mg/kg/hari belum ditetapkan.

Anak 16 tahun ke atas: Lihat dosis dewasa.

Dosis maksimum: 3000 mg/hari

Dalam dosis apakah levetiracetam tersedia?

Tablet, oral: 250 mg, 500 mg, 750 mg, 1000 mg

Larutan, oral: 100 mg/mL

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena levetiracetam?

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda dari reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahu dokter Anda jika ada gejala baru atau keadaan yang memburuk, seperti: perubahan suasana hati atau perilaku, depresi, cemas, atau jika merasa gelisah, berperilaku kasar, mudah tersinggung, hiperaktif (mental atau fisik), atau memiliki pemikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius, seperti:

  • berhalusinasi, memiliki pikiran atau perilaku yang tidak biasa
  • memar, kesemutan, mati rasa, nyeri, lemah otot yang parah
  • merasa sangat lemah atau lelah
  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, luka di mulut dan tenggorokan
  • masalah saat berjalan kaki atau bergerak
  • tanda atau gejala ruam kulit, tidak peduli seberapa ringan; atau
  • reaksi kulit parah – demam, sakit tenggorokan, pembengkakan di wajah Anda atau lidah, rasa terbakar di mata, sakit kulit, diikuti dengan ruam kulit berwarna merah atau ungu yang menyebar (terutama di wajah atau tubuh bagian atas) dan menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Efek samping yang lebih umum, termasuk:

  • pusing ringan atau mengantuk
  • perasaan lelah ringan
  • hilangnya nafsu makan; atau
  • hidung tersumbat

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan levetiracetam?

Sebelum menggunakan obat ini, perhatikan hal berikut:

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap levetiracetam, atau obat lain
  • beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan resep maupun obat tanpa resep yang Anda gunakan, terutama obat untuk tekanan darah tinggi, kortikosteroid (misalnya prednisone), digoxin (Lanoxin), indometasin (Indocin), lithium (Eskalith, Lithobid), probenesid (Benemid), dan vitamin
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah sakit ginjal
  • beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, sedang dalam proses hamil, atau saat menyusui. Jangan menyusui saat meminum obat ini. Jika Anda hamil sewaktu meminum obat, hubungi dokter Anda.
  • pahami bahwa obat ini mungkin akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan alat mesin sampai Anda paham bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • pahami bahwa kesehatan mental Anda mungkin dapat berubah secara tak terduga dan Anda mungkin berpikiran untuk bunuh diri (berpikir tentang melukai atau membunuh diri sendiri; atau berencana dan mencoba untuk melakukannya) saat menggunakan obat ini untuk pengobatan epilepsi, penyakit mental, atau kondisi lain . Beberapa orang dewasa dan anak-anak usia 5 tahun keatas (sekitar 1 dari 500 orang) yang mengambil antikonvulsan seperti levetiracetam untuk mengobati berbagai kondisi selama studi klinis cenderung ingin bunuh diri selama pengobatan mereka. Beberapa orang menunjukan perilaku bunuh diri saat satu minggu setelah mereka memulai pengobatan. Ada risiko bahwa Anda mungkin mengalami perubahan kesehatan mental jika Anda menggunakan obat antikonvulsan seperti levetiracetam, tetapi ada juga mungkin risiko bahwa Anda akan mengalami perubahan dalam kesehatan mental Anda jika kondisi Anda tidak diobati. Anda dan dokter Anda akan memutuskan apakah risiko menggunakan obat antikonvulsan lebih besar dibandingkan risiko tidak menggunakan. Anda, keluarga Anda, atau perawat Anda harus menghubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami salah satu dari gejala berikut: serangan panik; gelisah; lekas marah, cemas, atau depresi; bertindak yang membahayakan; sulit tidur; agresif, marah, atau perilaku kasar; kegirangan berlebihan; berbicara atau berpikir tentang keinginan untuk menyakiti diri sendiri atau mengakhiri hidup Anda; menarik diri dari teman dan keluarga; senang memikirkan kematian dan sekarat; memberikan harta berharga sendiri; atau perubahan yang tidak biasa lainnya dalam perilaku atau suasana hati. Pastikan bahwa keluarga Anda atau perawat tahu gejala serius ini sehingga mereka dapat menghubungi dokter jika Anda tidak dapat mendapatkan pengobatan sendiri

Apakah levetiracetam aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini adalah kategori risiko kehamilan C menurut Food and Drug Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:
• A = tidak ada risiko
• B = tidak ada risiko dalam beberapa studi
• C = mungkin ada beberapa risiko
• D = bukti positif dari risiko
• X = kontraindikasi
• N = tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan levetiracetam?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Ketorolac
  • Methotrexate
  • Orlistat
  • Carbamazepine
  • Ginkgo

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan levetiracetam?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan levetiracetam?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • pernah depresi
  • pernah mengidap penyakit mental—Gunakan dengan hati-hati karena dapat memperburuk kondisi.
  • masalah ginjal— Gunakan dengan hati-hati. Ginjal dapat memburuk karena lambatnya pembuangan zat sisa dari dalam tubuh.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala-gejala overdosis, meliputi:

  • rasa kantuk
  • gelisah
  • bersikap agresif
  • kesadaran menurun atau hilang
  • sulit bernapas

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca