Nama Generik: Kalsium Karbonat (Calcium Carbonate) Merek: Calos, CalSource/CalSource Forte/CalSource Plus Vitamin C/CalSource Junior, Calnat, Calsan, Osteocal dan kalsium karbonat obat apa.

Fungsi & Kegunaan

Untuk apa kalsium karbonat?

Kalsium karbonat adalah obat maag untuk mengobati gejala yang disebabkan oleh terlalu banyak asam lambung di perut, seperti mulas, sakit perut, atau gangguan pencernaan. Kalsium karbonat adalah obat jenis antasida yang bekerja dengan menurunkan jumlah asam dalam perut.

Periksalah bahan-bahan pada label bahkan jika Anda telah menggunakan produk sebelumnya. Produsen mungkin telah mengubah bahan. Selain itu, produk dengan nama yang mirip mungkin mengandung bahan-bahan yang berbeda dimaksudkan untuk tujuan yang berbeda. Penggunaan produk yang salah dapat membahayakan Anda.

PENGGUNAAN LAIN: Bagian ini berisi penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang disetujui profesional , tetapi mungkin diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum dalam bagian ini jika hanya sudah diresepkan oleh ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati kadar kalsium darah yang rendah pada orang yang tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan mereka.

Dosis kalsium karbonat dan efek samping kalsium karbonat akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana aturan pakai kalsium karbonat?

Konsumsilah obat ini seperti yang diarahkan. Untuk bentuk obat kunyah, kunyah obat dengan baik sebelum ditelan. Untuk bentuk cair, kocok botol dengan baik sebelum digunakan. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jangan menggunakan dosis lebih dari batas maksimum yang disarankan pada paket produk. Jika Anda tidak yakin tentang suatu informasi, konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau malah memburuk. Jangan menggunakan dosis maksimum obat selama lebih dari 2 minggu kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Jika Anda merasa Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, carilah bantuan medis segera.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan kalsium karbonat?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis kalsium karbonat untuk orang dewasa?

  • Dosis kalsium karbonat untuk Osteoporosis: 2500-7500 mg/hari secara oral dalam 2 sampai 4 dosis yang terbagi.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Hipokalsemia: 900-2500 mg/hari secara oral dalam 2 sampai 4 dosis yang terbagi. Dosis ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan untuk mencapai tingkat kalsium normal.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Dispepsia: 300-8000 mg/hari secara oral dalam 2 sampai 4 dosis yang terbagi. Dosis ini dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan dan ditoleransi untuk mengurangi gejala sakit perut. Dosis maksimum: 5.500 ke 7.980 mg (tergantung pada produk yang digunakan). Tidak melebihi dosis harian maksimum untuk jangka waktu lebih dari 2 minggu kecuali diarahkan oleh dokter.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Tukak Usus: 1250-3750 mg/hari dalam 2-4 dosis yang terbagi. Dosis ini dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan dan toleransi untuk mengurangi ketidaknyamanan perut. Faktor pembatas utama untuk penggunaan Kalsium Karbonat kronis adalah hipersekresi lambung dan asam yang bergerak.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Tukak Lambung: 1250-3750 mg/hari dalam 2-4 dosis yang terbagi. Dosis ini dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan dan toleransi untuk mengurangi ketidaknyamanan perut. Faktor pembatas utama untuk penggunaan Kalsium Karbonat kronis adalah hipersekresi lambung dan pergerakan asam.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Esofagitis Erosif: 1250-3750 mg/hari secara oral dalam 2 sampai 4 dosis yang terbagi. Potensi bergeraknya asam bisa merugikan. Namun, antasida sering digunakan dalam pengobatan esofagitis erosif dan mungkin bermanfaat dalam mengurangi keasaman isi lambung. Dosis maksimum: 5.500 ke 7.980 mg (tergantung pada produk yang digunakan). Tidak melebihi dosis harian maksimum untuk jangka waktu lebih dari 2 minggu kecuali diarahkan oleh dokter.
  • Dosis kalsium karbonat untuk Gastroesophageal Reflux Disease (GERD): 1250-3750 mg/hari secara oral dalam 2 sampai 4 dosis yang terbagi.┬áDosis maksimum: 5.500 ke 7.980 mg (tergantung pada produk yang digunakan). Tidak melebihi dosis harian maksimum untuk jangka waktu lebih dari 2 minggu kecuali diarahkan oleh dokter.

Bagaimana dosis kalsium karbonat untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum ditetapkan pada pasien anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis apakah kalsium karbonat tersedia?

  • Tablet
  • Tablet kunyah
  • Kapsul
  • Cairan

Efek Samping

Apa saja efek samping kalsium karbonat yang mungkin terjadi?

Beberapa orang yang menerima suntikan Kalsium Karbonat memiliki reaksi terhadap infus (bila obat disuntikkan ke dalam vena). Beri tahu pengasuh Anda segera jika Anda merasa mual, pusing, berkeringat, atau sesak napas selama atau setelah penyuntikan Kalsium Karbonat.

Efek samping kalsium karbonat yang umum mungkin termasuk:

  • Mual atau muntah
  • Sembelit
  • Nafsu makan menurun
  • Mulut kering dan haus meningkat dan
  • Kencing lebih dari biasanya

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping kalsium karbonat yang serius berikut ini:

  • Buang air kecil sedikit atau tidak sama sekali
  • Pembengkakan, kenaikan berat badan yang cepat
  • Tingkat kalsium dalam darah tinggi – mual, muntah, sakit perut, kehilangan nafsu makan, sembelit, rasa haus meningkat atau buang air kecil, nyeri otot atau kelemahan, nyeri sendi, kebingungan, dan merasa lelah atau gelisah

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan kalsium karbonat?

Kalsium dapat membuat tubuh Anda lebih sulit untuk menyerap obat-obatan tertentu. Beritahu dokter Anda tentang semua obat-obatan yang Anda gunakan, dan mulai gunakan atau berhenti gunakan selama perawatan Anda dengan Kalsium Karbonat.

Jangan gunakan obat ini tanpa saran dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui. Kebutuhan dosis mungkin berbeda selama kehamilan atau saat Anda menyusui.

Jangan memberikan obat ini untuk anak tanpa nasihat medis.

Apakah kalsium karbonat aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan kalsium karbonat?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini meliputi:

  • Digoxin
  • Pengikat fosfat tertentu (seperti kalsium asetat)
  • Suplemen fosfat (seperti potassiumphosphate)
  • Natrium polistiren sulfonat

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan kalsium karbonat?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan kalsium karbonat?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain seperti:

  • Riwayat penyakit batu ginjal
  • Gangguan kelenjar paratiroid
  • Jika Anda menggunakan antibiotik

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk:

    • Mual/muntah
    • Kehilangan nafsu makan
    • Perubahan mental/mood
    • Sakit kepala
    • Kelemahan
    • Pusing

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Februari 12, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 12, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan