Isobar obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Isobar Merek: Isobar dan Isobar.

Penggunaan

Untuk apa Isobar?

Isobar adalah merek obat minum yang merupakan kombinasi dari dua “pil air” (diuretik): triamterene dan methyclothiazide sebagai bahan aktif utama di dalamnya. Kombinasi ini digunakan oleh orang yang terkena atau berisiko memiliki kadar kalium rendah pada hidroklorotiazid. Obat ini membuat Anda memproduksi lebih banyak urine yang akan membantu tubuh Anda menyingkirkan ekstra garam dan air.

Isobar adalah obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Menurunkan tekanan darah tinggi dapat membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Obat ini juga mengurangi ekstra cairan dalam tubuh (edema) yang disebabkan oleh kondisi seperti gagal jantung, penyakit hati, atau penyakit ginjal. Ini dapat mengurangi gejala seperti sesak napas atau pembengkakan di pergelangan atau telapak kaki.

Obat ini termasuk ke dalam obat resep. Artinya, Anda hanya bisa menggunakannya jika disertai dengan resep dari dokter. 

Bagaimana cara penggunaan isobar?

Untuk mendapatkan manfaat penggunaan obat secara maksimal, ada baiknya jika Anda mempelajari tata cara penggunaan obat seperti berikut ini. 

  • Obat ini digunakan untuk diminum sesuai arahan dokter, biasanya satu kali sehari di pagi hari, dengan atau tanpa makanan. Sebaiknya hindari mengonsumsi obat ini dalam kurun waktu empat jam sebelum waktu tidur Anda untuk mencegah terbangun untuk buang air kecil.
  • Jika Anda juga menggunakan obat-obatan tertentu untuk menurunkan kolesterol (resin pengikat asam empedu seperti cholestyramine atau colestipol), minum obat ini setidaknya empat jam sebelum atau setidaknya empat sampai enam jam setelah menggunakan obat lain tersebut.
  • Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. 
  • Jangan berhenti menggunakan obat ini sebelum waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Penting untuk tetap meminum obat ini meskipun Anda merasa sehat. Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak merasa sakit.

Bagaimana cara penyimpanan Isobar?

Jika Anda hendak menggunakan obat ini, maka Anda juga harus memahami tata cara penyimpanan obat yang baik dan benar. Ikuti tata cara berikut ini: 

  • Obat ini paling baik jika disimpan di tempat dengan suhu ruang. Jangan menyimpannya di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas. 
  • Jauhkan obat ini dari tempat yang lembap. Misalnya, di dalam kamar mandi. 
  • Jauhkan pula obat ini dari paparan sinar matahari atau cahaya langsung karena berpotensi merusak obat. 
  • Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 
  • Jangan menyimpan obat ini di dalam freezer hingga membeku. 
  • Obat ini juga tersedia dalam merek lain. Merek yang berbeda mungkin memiliki cara penyimpanan obat yang juga berbeda. 
  • Perhatikan juga tata cara penyimpanan obat yang biasanya tertera pada kemasan obat. 

Jika obat rusak, masa berlaku obat sudah habis, atau jika Anda sudah tidak menggunakan obat ini lagi, segera buang obat ini. Namun, Anda tetap harus membuangnya dengan tata cara yang benar dan aman, khususnya untuk kesehatan lingkungan. 

Misalnya, jangan mencampurkan sampah obat dengan sampah rumah tangga lainnya. Jangan pula membuang obat ini di saluran pembuangan air seperti toilet. Jika Anda memang tidak tahu cara membuang obat yang benar dan aman, lebih baik Anda bertanya kepada ahlinya. Contohnya, kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai cara membuang obat.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Isobar untuk orang dewasa?

Dosis didasarkan pada kondisi medis dan respon Anda terhadap pengobatan. Dosis adalah setengah sampai satu tablet sehari. Selalu ikuti resep dokter Anda dengan seksama.

Bagaimana dosis Isobar untuk anak-anak?

Belum ditetapkan dosis obat ini pada pasien anak-anak. Penggunaan mungkin berbahaya untuk anak Anda. Selalu penting untuk sepenuhnya memahami keamanan produk sebelum menggunakannya. Konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Isobar tersedia? 

Isobar tersedia dalam bentuk dan kekuatan dosis berikut:

  • Tablet
  • Setiap tablet mengandung Methyclothiazide 5 mg; Triamterene 150 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena isobar?

Seperti halnya semua obat, tablet ISOBAR® dapat menyebabkan efek samping, meskipun tidak semua orang mengalaminya. Efek samping ini biasanya berupa kondisi kesehatan tertentu, baik yang ringan, sedang, hingga yang cukup serius. 

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang mungkin terjadi sebagai efek samping dari penggunaan obat. Di antaranya adalah: 

  • Gangguan pencernaan
  • Kemungkinan ensefalopati hati (gangguan neurologis yang ditemukan dalam penyakit liver kronis) jika didapati gagal liver, risiko asidosis dengan kadar kalium dalam darah yang berlebihan jika didapati sirosis
  • Reaksi alergi, terutama kulit
  • Kemungkinan memburuknya penyebaran lupus erythematosus
  • Kasus photosensitivity (perubahan penampakan kulit) telah ditemukan setelah pemaparan terhadap sinar matahari atau sinar UVA buatan.
  • Kemungkinan dehidrasi dan hipotensi ortostatik (penurunan tekanan darah ketika berdiri, mungkin disertai dengan rasa pusing), membenarkan penghentian pengobatan atau penurunan dosis.
  • Batu ginjal
  • Kemungkinan urine berwarna kebiruan
  • Efek samping yang sangat langka: nefritis akut (peradangan ginjal)
  • Efek samping yang sangat langka: pankreatitis

Efek samping pada tes laboratorium:

  • Kemungkinan hipokalemia, atau yang lebih langka, hiperkalemia, terutama jika didapati gagal ginjal dan diabetes
  • Kemungkinan meningkatnya asam urat darah dan kadar gula
  • Perubahan pada sel darah tertentu dan jumlah trombosit rendah yang abnormal (struktur yang penting dalam pembekuan darah)

Jika satupun dari efek samping tersebut menjadi serius, atau jika Anda menyadari adanya efek samping yang tidak tercantum dalam daftar yang telah disebutkan di atas, beri tahu dokter atau apoteker.

Peringatan & Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan isobar?

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadap triamterene atau hidroklorotiazid, atau jika Anda memiliki alergi lainnya. Produk ini mungkin mengandung bahan non-aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Konsultasikan pada apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai riwayat medis Anda, terutama: diabetes, asam urat, kadar potasium dalam darah tinggi, penyakit ginjal (termasuk batu ginjal), penyakit hati, lupus.
  • Jika dokter menginformasikan bahwa Anda intoleran terhadap gula tertentu, hubungi dia sebelum menggunakan obat ini.
  • Jangan gunakan tablet ISOBAR® dalam situasi seperti gagal ginjal, hiperkalemia (jumlah potasium dalam darah yang berlebihan), ensefalopati hati (gangguan neurologis yang ditemukan dalam penyakit liver kronis), alergi sulfonamide, alergi triamterene, dalam kombinasi dengan diuretik lainnya dan/atau garam kalium, kecuali jika terdapat hipokalemia (jumlah kalium dalam darah yang tidak mencukupi).

Apakah isobar aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Penggunaan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui tidaklah dianjurkan, kecuali jika diresepkan oleh dokter. Jika Anda mengetahui bahwa Anda sedang hamil selama pengobatan, periksa ke dokter dengan segera: hanya dokter yang dapat menyesuaikan pengobatan berdasarkan kondisi Anda. Konsultasikan pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Isobar?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam artikel ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa produk yang dapat berinteraksi dengan obat ini termasuk: dofetilide, lithium, obat lain yang dapat meningkatkan kadar potasium (seperti spironolactone, amiloride, cyclosporine).

Periksa label pada semua obat Anda (seperti produk batuk-dan-pilek, pil diet, atau NSAID seperti ibuprofen, naproxen) karena obat-obat ini mungkin mengandung bahan yang dapat meningkatkan tekanan darah atau memperburuk pembengkakan (edema) Anda. Tanyakan pada apoteker Anda untuk lebih jelasnya.

Obat ini dapat mengganggu atau mengubah hasil dari tes laboratorium tertentu (termasuk fungsi paratiroid). Maka dari itu, hasil tes yang Anda ambil mungkin berbeda dari yang seharusnya akibat Anda sedang dalam pengaruh penggunaan obat. 

Oleh sebab itu, pastikan bahwa karyawan laboratorium dan semua dokter tahu bahwa Anda menggunakan obat ini.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Isobar?

Isobar dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Itulah mengapa penting untuk Anda mencari tahu apa saja makanan dan alkohol yang mungkin berinteraksi dengan obat ini. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Isobar?

Isobar dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi yang terjadi berpotensi mengubah cara kerja obat, meningkatkan risiko efek samping, atau justru memperburuk kondisi kesehatan Anda. 

Maka dari itu, penting untuk selalu memberi tahu dokter atau apoteker Anda mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami. Hal ini akan memudahkan dokter menentukan apakah penggunaan obat ini aman atau tidak untuk kondisi Anda. 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin setelah Anda ingat. Namun apabila saat Anda ingat ternyata waktu sudah menunjukkan untuk Anda menggunakan dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis karena dosis ganda tidak menjamin Anda akan sembuh lebih cepat dan justru meningkatkan risiko efek samping. Bahkan, jika Anda menggunakan dosis ganda, risiko overdosis pun meningkat. 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Oktober 17, 2019

Yang juga perlu Anda baca