Nama Generik: Insulin Lispro Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa insulin lispro?

Insulin Lispro umumnya digunakan dalam program diet dan olahraga yang tepat untuk mengontrol gula darah tinggi pada penderita diabetes. Mengontrol gula darah tinggi membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Insulin lispro adalah produk buatan yang mirip dengan insulin asli yang diproduksi dalam tubuh. Insulin ini dapat menggantikan insulin tubuh. Insulin Lispro bekerja lebih cepat dan beraksi dalam waktu yang relatif lebih singkat daripada insulin biasa. Obat ini bekerja dengan membantu gula darah (glukosa) masuk ke dalam sel sehingga tubuh dapat menggunakannya untuk energi. Obat ini biasanya digunakan dengan produk insulin aksi medium maupun aksi lambat. Insulin Lispro juga dapat digunakan bersama obat diabetes oral lainnya, seperti Sulfonilurea Glyburide atau Glipizide.

Bagaimana cara penggunaan insulin lispro?

Ikut semua instruksi persiapan dan penggunaan dari dokter serta yang tertera pada kemasan produk. Sebelum digunakan, periksa produk apakah terdapat partikel atau terjadi perubahan warna. Jika terdapat gumpalan, jangan digunakan. Insulin Lispro yang bagus itu bening dan tidak berwarna. Sebelum menyuntikkan dosis, bersihkan area suntikan dengan alkohol. Ubahlah area suntikan setiap kali menyuntikkan insulin untuk mengurangi cedera serta kerusakan jaringan bawah kulit (lipodistrofi). Insulin Lispro dapat disuntikkan pada perut, paha, bokong, atau lengan atas. bagian belakang Jangan menyuntikkan pada kulit yang kemerahan, bengkak, atau gatal. Jangan menyuntikkan insulin dingin karena akan terasa menyakitkan. Wadah insulin yang digunakan dapat disimpan pada suhu ruangan (lihat juga bagian Penyimpanan).

Suntikkan obat ini di bawah kulit sesuai arahan dokter, biasanya 15 menit sebelum makan atau segera setelah makan. Jangan menyuntikkan ke dalam pembuluh darah atau otot karena gula darah akan menurun (hipoglikemia) dapat terjadi. Menunda makan akan menyebabkan gula darah menurun karena insulin ini bekerja dengna cepat. Jangan menyuntik insulin jika Anda memiliki gula darah rendah. Jangan menggosok area yang disuntik. Pemberian Insulin Lispro ke dalam pembuluh darah hanya boleh dilakukan oleh seorang perawat kesehatan profesional. Menyuntik sendiri akan menyebabkan gula darah sangat rendah.

Jika Anda diberitahu untuk menyuntikkan insulin ini dengan pompa infus, bacalah instruksi manual pompa infus. Jika Anda tidak mengerti, tanyakan kepada ahli kesehatan. Jauhkan pompa atau tabung dari sinar matahari langsung atau sumber panas lainnya. Jangan menambahkan air ke dalam insulin jika Anda menggunakan pompa insulin. Produk ini hanya dapat dicampur dengan produk insulin tertentu lainnya seperti Insulin NPH. Usahakan untuk selalu memasukan Insulin Lispro ke dalam jarum suntik terlebih dahulu, dan diikuti dengan Insulin Longer-Acting. Jangan pernah menyuntikkan campuran insulin yang berbeda ke dalam pembuluh darah. Konsultasikan dengan ahli kesehatan tentang produk mana saja yang dapat dicampur, metode tepat untuk mencampur insulin, serta cara tepat ]menyuntikkan campuran insulin. Jangan mencampur insulin jika Anda menggunakan pompa insulin.

Jika Anda diarahkan untuk menambahkan cairan campuran untuk Insulin Lispro sebelum digunakan (mengencerkan), tanyakan pada ahli kesehatan Anda mengenai cara tepat mencampur insulin. Jangan mengubah merek atau jenis insulin tanpa petunjuk dari dokter Anda.

Ketahui cara penyimpanan dan pembuangan persediaan medis yang aman. Dosis dibuat berdasarkan kondisi medis dan respon tubuh terhadap pengobatan. Ukurlah tiap dosis dengan sangat hati-hati karena perubahan sekecil apa pun akan berdampak besar terhadap kadar gula darah Anda. Periksalah kadar gula darah atau urin Anda sesuai arahan dokter. Catat hasilnya dan berikan kepada dokter Anda. Hal ini sangatlah penting untuk menentukan dosis insulin yang tepat bagi Anda.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Untuk membantu Anda ingat, gunakan obat pada waktu yang sama setiap harinya.

Bagaimana cara penyimpanan Insulin Lispro?

Simpan obat ini dalam wadah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpanlah botol Insulin Lispro dalam kulkas tetapi jangan dibekukan. Jika perlu, Anda dapat menyimpan botol yang digunakan di luar kulkas pada suhu ruangan, hindari terkena sinar matahari langsung atau panas hingga 28 hari. Jika dokter memberitahu Anda untuk mencampur Insulin Lispro, obat ini dapat disimpan hingga 28 hari di dalam kulkas atau selama 14 hari pada suhu ruangan. Simpanlah kelebihan pena serta kartrid Insulin Lispro yang tidak digunakan dalam kulkas, namun jangan dibekukan. Simpanlah pena dan katrid yang Anda gunakan di luar kulkas pada suhu ruangan hingga 28 hari. Simpan pena yang belum diisi yang mengandung Humalog Mix75/25 atau Humalog Mix50/50 yang digunakan di luar kulkas pada suhu ruangan hingga 10 hari. Insulin Lispro yang digunakan dalam pompa insulin eksternal harus dibuang jika terkena suhu lebih dari 98,6° F. Suhu insulin mungkin lebih tinggi daripada suhu udara luar jika pompa, penutup, tabung, atau wadahnya terkena sinar matahari langsung/panas. Buanglah semua obat yang sudah tidak digunakan. Bicarakan dengan apoteker tentang cara pembuangan obat.

Merek lain dari obat ini dapat memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

 

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis insulin lispro untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Diabetes Tipe 1

Dosis awal: 0,5-0,8 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Fase bulan madu: 0,2-0,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Terapi dosis terpisah: 0,5-1,2 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Resistensi insulin: 0,7-2,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Dosis Dewasa untuk Diabetes Tipe 2

Dosis awal, monoterapi: 0,5-1,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Dosis pemeliharaan, monoterapi: Jumlah kebutuhan insulin setiap hari dapat bertambah menjadi 2,5 unit/kg atau lebih tinggi pada pasien dengan obesitas dan resistensi insulin.

Bagaimana dosis insulin lispro untuk anak?

Dosis Anak untuk Diabetes Tipe 1

Dosis awal: 0,5-0,8 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Fase bulan madu: 0,2-0,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Terapi dosis terpisah: 0,5-1,2 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Remaja selama masa pertumbuhan. 0,8-1,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit

Dosis Anak untuk Diabetes Tipe 2

Dosis awal, monoterapi: 0,5-1,5 unit/kg/hari disuntikkan ke bawah kulit.

Dosis pemeliharaan, monoterapi: Jumlah kebutuhan insulin setiap hari dapat bertambah menjadi 2,5 unit/kg atau lebih tinggi pada pasien dengan obesitas dan resistensi insulin.

Dalam dosis apakah insulin lispro tersedia?

Injeksi: 100 unit/ml

 

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena insulin lispro?

Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda alergi terhadap insulin: gatal ruam kulit di seluruh tubuh, napas berbunyi, sulit bernapas, denyut jantung meningkat, berkeringat, atau merasa seperti akan pingsan.

Hipoglikemia atau gula darah rendah adalah efek samping umum akibat penggunaan isofan insulin. Gejala gula darah rendah meliputi sakit kepala, mual, lapar, bingung, mengantuk, lemah, pusing, penglihatan kabur, detak jantung meningkat, berkeringat, tremor, kesulitan berkonsentrasi, kebingungan, atau kejang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah. Ambillah sepotong permen nondiet atau tablet glukosa jika Anda mengalami gula darah rendah.

Insulin lispro dan insulin lispro protamin juga dapat menyebabkan hipokalemia (kadar kalium yang rendah dalam darah). Hubungi dokter bila Anda mengalami gejala seperti kebingungan, denyut jantung tidak menentu, rasa haus ekstrim, peningkatan buang air kecil, rasa tidak nyaman pada kaki, kelemahan otot atau perasaan lemas.

Katakan pada dokter jika Anda mengalami gatal, bengkak, kemerahan, atau penebalan kulit pada area penyuntikkan insulin lispro dan insulin lispro protamin. Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan insulin lispro?

Sebelum menggunakan Insulin Lispro, sebaiknya Anda:

  • hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap insulin (Humulin, Novolin, lainnya), salah satu bahan dalam Insulin Lispro, atau obat lain. Tanyakan pada apoteker atau periksa bagian Informasi Pasien pada kemasan produk untuk mengetahui daftar bahan obat.
  • hubungi dokter dan apoteker mengenai seluruh obat resep/nonresep, vitamin, suplemen gizi, serta produk herbal yang Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu dari zat berikut: Angiotensin Converting Enzyme (ACE) inhibitor seperti Benazepril (Lotensin), Captopril (Capoten), Enalapril (Vasotec), fosinopril (Monopril), Lisinopril (Prinivil, Zestril), Moexipril (Univasc), Perindopril, (Aceon), Quinapril (Accupril), Ramipril (Altace), serta Trandolapril (Mavik); reseptor angiotensin seperti Azilsartan (Edarbi), Candesartan (Atacand, dalam Atacand HCT), Eprosartan (Teveten, dalam Teveten HCT), Irbesartan (Avapro, dalam Avalide), Losartan (Cozaar, dalam Hyzaar), Olmesartan (Benicar, dalam Azor, Benicar HCT), Telmisartan (Micardis, dalam Micardis HCT), dan Valsartan (Diovan, dalam Diovan HCT, Exforge); Beta Blockers seperti Atenolol (Tenormin), Labetalol (Normodyne), Metoprolol (Lopressor, Toprol XL), Nadolol (Corgard), dan Propranolol (Inderal); obat penurun kolesterol seperti Fenofibrate (Antara, Lofibra, Tricor, Triglide), Gemfibrozil (Lopid), dan Niasin (Niacor, Niaspan, dalam Advicor); obat tertentu untuk Human Immunodeficiency Virus (HIV) atau Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) termasuk Atazanavir (Reyataz), Darunavir (Prezista), Fosamprenavir (Lexiva), Indinavir (Crixivan), Lopinavir (Kaletra), Nelfinavir (Viracept), Ritonavir (ritonavir), Saquinavir (Invirase), dan Tipranavir (Aptivus); Clonidine (Catapres, dalam Clorpres); Danazol; Digoxin (Digitek, Lanoxin); Disopiramid (Norpace); Diuretik ( ‘pil air’); Fluoxetine (Prozac, Serafem, dalam Symbyax); terapi penggantian Hormon; Isoniazid (INH, Nydrazid); lithium (Eskalith, Lithobid); obat untuk asma dan pilek; obat untuk penyakit mental dan mual; Inhibitor Monoamine Oxidase termasuk Isocarboxazid (Marplan), Phenelzine (Nardil), Selegiline (Eldepryl) dan Tranylcypromine (Parnate); Octreotide (Sandostatin); kontrasepsi oral (pil KB); obat diabetes yang diminum seperti Pioglitazone (Actos, dalam Actoplus Met dan lain-lain) dan Rosiglitazone (Avandia, dalam Avandamet dan lain-lain); Steroid yang diminum seperti Deksametason (Decadron, Dexone), Methylprednisolone (Medrol), dan Prednison (Deltasone); Pentamidin (Nebupent, Pentam); Pentoxifylline (Trental); Pramlintide (Symlin); Reserpin; penghilang rasa sakit salisilat seperti Aspirin, Choline Magnesium Trisalicylate (Trisalate), Choline Salicylate (Arthropan), Diflunisal (Dolobid), Magnesium Salisilat (Doan’s, lainnya), dan Salsalat (Argesic, Disalcid, Salgesic); Somatropin (Nutropin, Serostim, lainnya); antibiotik sulfa; serta obat tiroid. Dokter mungkin perlu mengubah dosis obat atau memantau Anda dengan hati-hati untuk mencegah timbulnya efek samping.
  • beri tahu dokter jika Anda mengalami atau pernah mengalami kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes, gagal jantung, atau kondisi medis lainnya seperti penyakit jantung, hati, atau ginjal.
  • hubungi dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan Insulin Lispro, hubungi dokter Anda.
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Insulin Lsipro.
  • alkohol dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah. Tanyakan kepada dokter tentang penggunaan minuman beralkohol saat Anda menggunakan Insulin Lispro.
  • tanyakan pada dokter apa saja yang harus dilakukan jika Anda sakit, stres, atau mengubah pola diet, olahraga, atau rutinitas Anda. Perubahan ini dapat mempengaruhi jadwal pemberian dosis serta jumlah insulin yang Anda perlukan.
  • tanyakan pada dokter seberapa sering Anda harus memeriksa gula darah. Perlu Anda sadari bahwa hipoglikemia dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan tugas-tugas seperti mengemudi dan tanyakan dokter apakah Anda perlu memeriksa gula darah sebelum mengemudi atau mengoperasikan mesin.
  • gula darah tinggi dapat naik drastis jika pompa insulin atau infus berhenti bekerja atau jika pompa reservoir insulin tidak aktif (terdegradasi). Kemungkinan pompa mengalami kerusakan atau masalah tabung seperti penyumbatan, bocor, kabelnya terputut, atau terpelintir. Jika tidak segera diperbaiki, hubungi dokter Anda. Anda mungkin perlu menggunakan insulin sementara melalui suntikan subkutan (menggunakan jarum suntik atau pena insulin). Pastikan Anda memiliki cadangan insulin serta perlengkapan yang diperlukan, dan tanyakan pada dokter atau apoteker untuk memberitahu Anda cara menggunakannya.

Apakah insulin lispro aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko penggunaan pengobatan pada wanita selama kehamilan atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam kategori risiko kehamilan D.

A=tidak berisiko,

B=tidak berisiko pada beberapa studi,

C=mungkin ada risiko,

D=terbukti positif berisiko,

X=kontraindikasi,

N=tidak diketahui

Belum ada studi yang memadai mengenai penggunaan obat ini pada wanita untuk menentukan risiko terhadap janin ketika menggunakan obat selama menyusui. Pertimbangkan terlebih dahulu mengenai manfaat serta risiko sebelum menggunakan obat ini selama menyusui.

 

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan insulin lispro?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan insulin lispro?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan insulin lispro?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • diare
  • kelenjar adrenal yang kurang aktif
  • kelenjar hipofisis yang kurang aktif
  • muntah. Kondisi ini dapat menurunkan kadar gula darah serta kadar insulin atau insulin lispro yang Anda butuhkan
  • gangguan emosi
  • demam
  • penyakit
  • infeksi
  • stres. Kondisi ini meningkatkan gula darah serta kadar insulin yang Anda butuhkan
  • hipoglikemia (gula darah rendah). Tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini. Jika Anda memiliki gula darah rendah dan menggunakan insulin, gula darah Anda akan berada pada tingkat paling rendah
  • hipokalemia (kalium rendah dalam darah). Kemungkinan akan membuat kondisi ini lebih buruk serta meningkatkan peluang terjadinya efek samping yang serius
  • penyakit ginjal
  • gangguan liver. Efek Insulin Lispro dapat membahayakan hati karena pembuangan sisa-sisa obat dari dalam tubuh yang begitu lambat

 

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Overdosis dapat terjadi jika Anda menggunakan terlalu banyak Insulin Lispro atau jika Anda menggunakan kadar yang tepat namun makan lebih sedikit atau berolahraga lebih dari biasanya. Overdosis Insulin Lispro dapat menyebabkan hipoglikemia. Jika Anda mengalami gejala hipoglikemia, ikuti petunjuk dokter mengenai apa yang harus Anda lakukan jika mengalami hipoglikemia. Gejala lain overdosis, meliputi:

  • koma
  • kejang

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Insluin Lispro harus disuntikkan sesaat sebelum atau setelah makan. Apabila Anda melewatkan dosis, segera suntikkan ketika Anda mengingatnya. Jika sudah lewat beberapa saat setelah Anda makan, ikuti petunjuk dokter atau hubungi dokter apakah Anda perlu menggunakan dosis. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan