Insulin Degludec: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dan Hal Lain yang Perlu Diketahui

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Insulin Degludec Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Untuk apa insulin degludec?

Insulin degludec adalah insulin long-acting buatan (DNA rekombinan) yang membantu kerja sel tubuh dalam menangkap insulin. Pemakaian obat ini ditujukan bagi pasien yang telah didiagnosis diabetes mellitus selama satu tahun atau lebih untuk meningkatkan kontrol glikemik dalam diri mereka. Obat ini memiliki efek farmakologi yang sama dengan insulin alami yang diproduksi oleh tubuh manusia. Penggunaannya tidak direkomendasikan bagi pengobatan diabetes ketoasidosis dan pasien anak-anak yang membutuhkan kurang dari lima unit insulin ini.

Insulin degludec menurunkan kadar gula darah dengan menstimulasi penyerapan konsentrasi gula yang berada di daerah perifer dan jaringan adiposa. Dengan begitu, glukosa dapat masuk ke dalam sel tubuh dan dapat digunakan sebagai energi. Injeksi insulin ini juga akan menghambat proses produksi gula yang dilakukan oleh hati serta meningkatkan sintesis protein.

Aturan pakai insulin degludec

Obat ini digunakan dengan cara melakukan injeksi pada jaringan subkutan, disuntikan ke jaringan lemak yang tepat berada di bawah lapisan kulit luar. Sebelum melakukan pemberian injeksi, selalu bersihkan area yang akan disuntik dengan alkohol. Jangan melakukan suntik insulin degludec di tempat yang sama secara terus-menerus. Ubahlah area suntik untuk mencegah terjadinya masalah di lapisan bawah kulit (lipodistrofi).

Pemberian suntikan insulin ini tidak hanya dapat dilakukan di area perut. Injeksi juga dapat dilakukan di area paha atau lengan atas. Jangan menyuntikkannya langsung ke dalam pembuluh darah vena karena dapat menyebabkan hipoglikemia.

Penggunaan insulin degludec dapat dikombinasikan (namun jangan mencampur atau melarutkannya bersamaan) dengan penggunaan injeksi insulin yang bersifat short-acting maupun. Obat ini juga dapat digunakan sebagai terapi tunggal. Insulin ini juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan obat diabetes oral untuk memberikan hasil yang lebih optimal. Jangan menyuntikkan insulin dalam keadaan dingin karena ini bisa sangat menyakitkan.

Yang paling penting, ingatlah untuk selalu membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label dengan saksama. Konsultasikan pula dengan dokter yang merawat Anda untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak perlu.

Cara penyimpanan insulin degludec

Cara terbaik menyimpan seluruh produk insulin yang belum dibuka adalah pada lemari es yang bersuhu 2-8 derajat Celcius. Insulin yang belum dibuka dapat disimpan pada suhu ruang, namun jangan menggunakannya ketika sudah melebihi 56 hari. Untuk insulin yang sudah dibuka atau yang masih tersisa dalam jarum/pena suntik, perlakukanlah dengan cara yang sama dengan insulin yang belum dibuka.

Simpan pada suhu 2-8 derajat Celcius atau di bawah 30 derajat Celcius, maksimal selama 56 hari. Jauhkan insulin dari jangkauan anak-anak, panas, dan sinar matahari langsung. Hindari pula tempat yang memiliki kelembapan tinggi sebagai tempat penyimpanan.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Dewasa dengan diabetes tipe 1

Bagi mereka dengan diabetes tipe 1 dan belum pernah melakukan suntik insulin, injeksi diberikan satu kali dalam sehari dengan jumlah sepertiga sampai setengah dari total dosis penggunaan insulin harian. Total dosis harian insulin yang direkomendasikan secara umum adalah 0,2-0,4 unit per kilogram berat badan.

Dewasa dengan diabetes tipe 2

Dosis awal yang direkomendasikan sebagai permulaan adalah 10 unit dalam satu kali injeksi sehari bagi mereka yang belum pernah mendapatkan suntik insulin.

Diabetesi yang sedang dalam terapi insulin

Mulailah dengan dosis yang sama dengan total unit dosis harian penggunaan long-acting atau intermediate-acting insulin.

Anak-anak berusia satu tahun atau lebih dengan diabetes

Bagi anak-anak yang belum pernah mendapatkan injeksi insulin sebelumnya, gunakan dosis yang sama dengan dosis dewasa yang belum pernah mendapatkan suntik insulin. Apabila sudah pernah mendapatkan insulin, mulai dengan 80 persen dari total dosis harian penggunaan long-acting atau intermediate-acting insulin.

Efek Samping

Segeralah mencari pertolongan medis darurat jika Anda mengalami tanda-tanda alergi insulin seperti ruam di sekujur tubuh, kesulitan bernapas, detak jantung cepat, merasa seperti akan pingsan atau bengkak pada lidah atau tenggorokan. Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami reaksi pada titik injeksi yang ditandai dengan rasa sakit, kemerahan, atau iritasi dan membengkak.

Penggunaan insulin degludec dapat mengakibatkan hipoglikemia. Hipoglikemia terjadi apabila Anda kekurangan konsumsi karbohidrat dan melakukan aktivitas fisik yang tidak biasa. Untuk itu, membawa tablet glukosa adalah kebiasaan yang baik bagi para diabetesi untuk mengatasi terjadinya hipoglikemia. Sebagai pengganti tablet glukosa jika sulit didapatkan, Anda dapat menggunakan permen, madu, atau gula dapur untuk menaikkan kadar gula darah dengan cepat.

Hiperglikemia juga salah satu efek samping yang mungkin terjadi. Efek samping ini ditandai dengan gejala haus berlebih, buang air kecil yang menjadi lebih sering, kelelahan, dan sulit bernapas. Segera hubungi dokter Anda jika mengalami masalah ini.

Masalah lain yang juga mungkin muncul akibat menggunakan insulin jangka panjang, termasuk insulin degludec, adalah terjadinya lipodistrofi. Lipodistrofi dapat terjadi karena injeksi yang diberikan pada titik yang sama secara terus-menerus. Lipodistrofi menyebabkan benjolan atau lekukan lemak yang akan memperlambat insulin bekerja. Hal ini dapat dicegah dengan mengganti titik injeksi.

Interaksi Obat

Produk yang mungkin memiliki interaksi obat pada insulin degludec adalah rosiglitazone. Informasikan pada dokter yang merawat mengenai riwayat pengobatan Anda, karena beberapa obat juga dapat meningkatkan risiko hipoglikemia jika dikonsumsi bersamaan.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Jika Anda mengalami masalah kegawatdaruratan setelah melakukan injeksi insulin ini, segera dapatkan bantuan darurat medis (119) atau ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Salah satu tanda overdosis yang diakibatkan obat ini adalah pingsan, keringat dingin, dan gemetar akibat hipoglikemia. Lakukan pertolongan pertama dengan memberikan makanan atau minuman yang mengandung gula.

Pada beberapa kasus hipoglikemia, pertolongan pertama termasuk pemberian glukagon melalui lapisan subkutan (0,5-1 mg) atau pemberian glukosa intravena jika pasien tidak kunjung sadar setelah 10-15 menit.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan waktu suntik?

Sangat penting untuk menaati jadwal pemberian insulin Anda dengan tepat. Jika Anda melewatkan salah satu dosisnya, konsultasikan dengan dokter Anda mengenai apa yang harus Anda lakukan. Pastikan bahwa pemberian insulin berjarak delapan jam dengan dosis selanjutnya.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Yang juga perlu Anda baca