Hyoscyamine Obat Apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nama Generik: Hyoscyamine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Hyoscyamine digunakan?

Hyoscyamine adalah obat untuk mengobati berbagai masalah perut/masalah usus seperti kram dan sindrom iritasi usus besar. Obat ini juga digunakan untuk mengobati kondisi lain seperti masalah untuk mengontrol kandung kemih dan masalah buang air besar masalah tersebut, rasa nyeri kram perut yang disebabkan oleh batu ginjal dan batu empedu, dan penyakit Parkinson. Selain itu, Hyoscyamine juga digunakan untuk mengurangi efek samping dari obat tertentu (obat yang digunakan untuk mengobati myasthenia gravis) dan insektisida.

Hyoscyamine bekerja dengan cara mengurangi produksi asam di lambung, memperlambat gerakan alami dari usus, dan relaksasi otot-otot di banyak organ (misalnya, perut, usus, kandung kemih, ginjal, kandung empedu). Hyoscyamine juga dapat mengurangi jumlah cairan tubuh tertentu (misalnya, air liur, keringat). Obat ini termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai anticholinergics/antispasmodics.

Bagaimana aturan pakai obat Hyoscyamine?

Minum obat ini seperti yang telah ditentukan, biasanya 30-60 menit sebelum makan, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap terapi. Jangan meningkatkan dosis atau mengambil lebih sering daripada yang telah ditentukan tanpa konsultasi dengan dokter Anda. Orang dewasa dan anak 12 tahun keatas seharusnya tidak minum lebih dari 1,5 miligram dalam 24 jam. Anak-anak berusia 2 sampai 12 tahun tidak boleh lebih dari 0,75 miligram dalam 24 jam. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Antasida menurunkan penyerapan Hyoscyamine. Jika Anda menggunakan antasida, maka minum obat tersebut setelah makan dan minum Hyoscyamine sebelum makan; atau minum Antasida setidaknya 1 jam setelah minum Hyoscyamine.

Minum banyak cairan saat minum obat ini kecuali dokter Anda mengarahkan Anda untuk melakukan yang sebaliknya.

Informasikan dokter Anda jika kondisi Anda tetap atau memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Hyoscyamine?

Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Hyoscyamine?

Sebelum minum Hyoscyamine, beri tahu dokter dan apoteker:

  • Jika Anda alergi terhadap Hyoscyamine, obat lain, atau salah satu bahan yang terkandung dalam tablet, kapsul, atau Hyoscyamine. Tanyakan kepada dokter atau apoteker mengenai daftar bahan yang terkandung dalam obat tersebut.
  • Mengenai obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau pernah Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan salah satu jenis obat berikut ini: amantadine (Symadine, Symmetrel), amitriptyline (Elavil), chlorpromazine (Thorazine), clomipramine (Anafranil), desipramine (Norpramin), doxepin (Sinequan), fluphenazine (Prolixin), haloperidol (Haldol), imipramine (Tofranil), obat-obatan yang mengandung belladonna (Donnatal), mesoridazine (Serentil), nortriptyline (Pamelor), perphenazine (Trilafon), phenelzine (Nardil), prochlorperazine (Compazine), promazine (Sparine), promethazine (Phenergan), protriptyline (Vivactil), thioridazine (Mellaril), tranylcypromine (Parnate), trifluoperazine (Stelazine), triflupromazine (Vesprin), trimeprazine (Temaril), dan trimipramine (Surmontil). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mungkin lebih memonitor Anda dengan hati-hati agar efek samping yang akan Anda dapatkan tidak terlalu besar.
  • Anda harus memahami bahwa Antasida dapat mengganggu kerja Hyoscyamine, menjadi kurang efektif.  Minum Hyoscyamine 1 jam sebelum atau 2 jam setelah Antasida.
  • Jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit glaukoma; jantung, paru-paru, hati, atau penyakit ginjal; saluran kemih atau obstruksi usus; pembesaran prostat; ulserative colitis Suatu kondisi yang menyebabkan pembengkakan dan luka pada lapisan usus besar [usus besar] dan rektum); atau myasthenia gravis.
  • Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat mengkonsumsi Hyoscyamine, hubungi dokter Anda.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat dari mengkonsumsi Hyoscyamine jika Anda sudah berusia 65 tahun keaatas. Orang dewasa yang lebih tua tidak harus mengkonsumsi Hyoscyamine karena tidak aman dan mungkin tidak seefektif obat lain yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi yang sama.
  • Jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda sedang mengkonsumsi Hyoscyamine.
  • Anda harus tahu bahwa obat ini mungkin akan membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil atau mengoperasikan mesin hingga Anda tahu bagaimana efek dari Hyoscyamine terhadap tubuh Anda.
  • Tanyakan pada dokter Anda mengenai penggunaan yang aman dari alkohol selama pengobatan Anda dengan Hyoscyamine. Alkohol dapat membuat efek samping dari obat ini lebih buruk,

Apakah obat Hyoscyamine aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C. (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Hyoscyamine  dapat masuk ke dalam ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusu pada ibu yang mengkonsumsi obat ini. Jangan gunakan obat ini tanpa memberitahu dokter Anda jika Anda menyusui sedang menyusui bayi.

Efek Samping

Apa efek samping Hyoscyamine yang mungkin terjadi?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan Hyoscyamine dan hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping serius seperti berikut ini:

  • Diare
  • Kebingungan, halusinasi
  • Pikiran atau perilaku yang tidak biasa
  • Detak jantung yang cepat, berdebar, atau detak jantung tidak merata
  • Ruam atau flushing (terasa hangat, kemerahan, atau terasa geli)
  • Sakit mata

Efek samping yang kurang serius, mungkin termasuk:

  • Pusing, mengantuk, merasa gugup
  • Penglihatan kabur, sakit kepala
  • Masalah tidur (insomnia)
  • Mual, muntah, kembung, mulas, atau sembelit
  • Perubahan dalam rasa
  • Masalah dengan buang air kecil
  • Keringat berkurang
  • Mulut kering
  • Impotensi, kehilangan minat pada seks, atau kesulitan mengalami orgasme

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Hyoscyamine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Amantadine (Symmetrel);
  • Haloperidol (Haldol);
  • MAO inhibitor seperti furazolidone (Furoxone), isocarboxazid (Marplan), phenelzine (Nardil), rasagiline (Azilect), selegiline (Eldepryl, Emsam), atau tranylcypromine (Parnate);
  • Phenothiazines seperti chlorpromazine (Thorazine), fluphenazine (Permitil, Prolixin), perphenazine (Trilafon), prochlorperazine (Compazine, Compro), promethazine (Pentazine, Phenergan, Anergan, Antinaus), thioridazine (Mellaril), or trifluoperazine (Stelazine); atau
  • Antidepresi seperti amitriptyline (Elavil, Vanatrip), doxepin (Sinequan), desipramine (Norpramin), imipramine (Janimine, Tofranil), nortriptyline (Pamelor), dan lainnya.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Hyoscyamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Hyoscyamine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyakit jantung, gagal jantung kongestif
  • Gangguan irama jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Thyroid yang terlalu aktif
  • Hernia hiatus dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Hyoscyamine untuk dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Irritable Bowel Syndrome:

Tablet immediate-relase: 0,125-0,25 mg oral atau sublingual setiap 4 jam atau sesuai kebutuhan. Jangan minum lebih dari 12 tablet dalam 24 jam.

Tablet extended-release: 0,375-0,75 mg oral setiap 12 jam. Jangan melebihi 4 tablet dalam 24 jam.

Timecaps : 0,375-0,75 mg oral setiap 12 jam. Jangan melebihi 4 kapsul dalam 24 jam

Tablet Biphasic: 0,375-0,75 mg oral setiap 12 jam. Dosis dapat disesuaikan dengan 0,375 mg setiap 8 jam, bila dibutuhkan. Jangan melebihi 4 tablet dalam 24 jam.

Elixir: 5 sampai 10 mL (0,125-0,25 mg) setiap 4 jam atau sesuai kebutuhan. Jangan minum lebih dari 12 sendok teh dalam 24 jam.

Drops: 1 sampai 2 mL (0,125-0,25 mg) setiap 4 jam sesuai kebutuhan. Jangan menggunakan lebih dari 12 mL dalam 24 jam.

Dosis Dewasa biasa untuk Anestesi: 5 mcg/kg diberikan 30-60 menit sebelum waktu induksi anestesi atau diberikan pada saat preanesthetic atau obat penenang narkotik diberikan.

Dosis Dewasa biasa untuk Endoskopi atau Radiologi Premedikasi:

parenteral : 0,25-0,5 mg ( 0,5-1 mL ) IV 5 sampai 10 menit sebelum prosedur diagnostic

Semprot Oral: Endoscopic retrograde cholangiopancreatography: 2 semprotan (0,25 mg) 20 menit sebelum prosedur.

Berapa dosis obat Hyoscyamine untuk anak-anak?

Dosis anak-anak biasa untuk inkontinensia urin: 2 tahun sampai kurang dari 12 tahun:

Tablet immediate-release: ,0625-0,125 mg sublingually, oral, dikunyah, setiap 4 jam atau sesuai kebutuhan. Jangan minum lebih dari 6 tablet dalam 24 jam.

Elixir: 1,25-5 mL ( anak dengan berat badan 10 kg hingga 50 kg) setiap 4 jam atau sesuai kebutuhan. Tingkatkan dosis secara bertahap 1,25 mL untuk anak  dengan berat badan 20 kg, dan lagi untuk anak dengan berat badan 40 kg. Jangan mengambil lebih dari 6 sendok teh dalam 24 jam.

Drops: 0,25-1 mL (,0312-,125 mg) setiap 4 jam sesuai kebutuhan. Jangan memberikan lebih dari 6 mL dalam 24 jam.

Tablet Biphasic: 0,375 mg per oral setiap 12 jam. Tidak melebihi 2 tablet dalam 24 jam.

Kurang dari 2 tahun:

Drops: 4 tetes untuk anak 3.4 kg (Jangan memberikan lebih dari 24 tetes dalam 24 jam)

5 tetes untuk anak 5 kg (Jangan memberikan lebih dari 30 tetes dalam 24 jam),

6 tetes untuk anak 7 kg (Jangan memberikan lebih dari 36 tetes dalam 24 jam),

8 tetes untuk anak 10 kg (Jangan memberikan lebih dari 48 tetes dalam 24 jam)

Dosis anak-anak biasa untuk Irritable Bowel Syndrome : Studi (n = 28)

Usia 9 tahun keatas: 0.375 mg secara oral pada waktu tidur, hingga 0,75 mg, hingga 6 bulan.

Dosis anak-anak biasa untuk Anestesi : 5 mcg/kg diberikan 30-60 menit sebelum waktu induksi anestesi atau diberikan pada saat preanesthetic atau obat penenang narkotik diberikan.

Dalam dosis dan sediaan apa Hyoscyamine tersedia?

Hyoscyamine tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut

Elixir, Oral, sebagai sulfat: 0,125 mg/5 mL (473 mL)

Solusi, Injeksi, seperti sulfat: 0,5 mg/mL (1 mL)

Solusi, Oral, sebagai sulfat: 0.125mg

Tablet, Oral, sebagai sulfat: 0.125 mg

Tablet Dispersible, Oral, sebagai sulfat: 0.125 mg

Tablet Diperpanjang Rilis, Oral

Tablet Diperpanjang Release 12 Jam, Oral, sebagai sulfat: 0,375 mg

Tablet sublingual, sublingual, sebagai sulfat: 0.125 mg

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: Juli 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Sumber
Yang juga perlu Anda baca